TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

iPhone Mahal tapi Kok Pelit RAM? Ini Jawabannya!

Ternyata begini alasannya guys!

cnet.com

Banyak orang yang selalu berbeda pendapat ketika membandingkan perangkat Android dengan iPhone. Harga iPhone jauh lebih mahal daripada perangkat Android meski dengan spesifikasi yang sama.

Namun, iPhone bekerja lebih ringan dan lebih cepat dari perangkat Android dengan jumlah RAM yang sama. Itu berarti iPhone dengan RAM 2GB bekerja lebih cepat daripada perangkat Android dengan RAM 2GB dengan fitur yang sama.

Jika kamu membandingkan kinerja iPhone 7 (RAM 2GB) dengan Google Pixel (RAM 4GB) atau Samsung S7 (RAM 4GB), kamu tidak akan melihat perbedaan dalam kinerjanya. iPhone 6 adalah ponsel terbaik di zamannya walaupun hanya menggunakan 1GB RAM.

Nah, pertanyaannya kenapa iPhone membutuhkan RAM lebih sedikit daripada perangkat Android? Mengapa perangkat Android membutuhkan lebih banyak RAM?

1. Apa sih RAM itu?

Pixabay.com/FirmBee

Sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu mengartikan dengan tepat apa itu RAM dan apa yang dilakukannya. RAM (Random Access Memory) adalah jenis teknologi yang mengakses file yang tersimpan di komputer atau smartphone kamu. Tidak seperti memori hard drive, RAM tidak secara permanen menyimpan konten.

Namun, RAM bertanggung jawab untuk membaca konten saat sistem membutuhkannya. Semakin banyak RAM yang dimiliki suatu perangkat, semakin banyak pula kemampuan yang ia miliki - tetapi tidak harus lebih cepat.

Karena smartphone adalah perangkat dengan ukuran terbatas, ada sedikit perbedaan antara bagaimana RAM digunakan di smartphone dengan bagaimana penggunaannya pada komputer. Pada akhirnya, tujuan keseluruhan pada dasarnya sama: mengirimkan instruksi dan data ke prosesor sehingga dapat diproses, mengurangi waktu buka dan memungkinkan kita untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat dan tanpa gangguan.

Sehingga akhirnya, RAM tidak bingung dengan kapasitas penyimpanan telepon. Penyimpanan internal dan eksternal akan selalu lebih tinggi daripada RAM, seperti 16, 32, 64, dan 128 GB. Saat ini, smartphone seperti One Plus 5T hadir dengan RAM hingga 6 GB.

2. Mengapa perangkat Android butuh banyak RAM?

cnet.com

Sejak awal, Android dirancang untuk mendukung berbagai jenis prosesor, berbagai produsen dan banyak konfigurasi perangkat keras yang berbeda. Untuk menyiasati ini, aplikasi Android selalu berjalan di platform Java.

Java terkenal karena mesin virtualnya yang bagus: kamu dapat menulis aplikasi satu kali di Java dan kemudian mesin virtual "menerjemahkan" kode tersebut saat runtime untuk bekerja pada sistem apa pun yang ada di dalamnya. Alih-alih menulis ulang dan mengkompilasi ulang kode itu, mesin virtual Java menanganinya untuk kamu.

Tetapi hal ini ada konsekuensinya. Mesin virtual Java sangat kompleks dan membutuhkan banyak RAM, tidak hanya untuk mengelola proses sebenarnya dari mesin virtual itu sendiri, tetapi juga untuk menahan kode Java asli untuk aplikasi apa pun yang sedang dijalankan ditambah kode yang diterjemahkan yang benar-benar dijalankan oleh sistem.

Di satu sisi, mesin virtual di Android telah meningkat selama bertahun-tahun dan tidak memerlukan RAM sebanyak dulu lagi. Di sisi lain, aplikasi Android menjadi lebih dan lebih maju dan dengan demikian membutuhkan lebih banyak RAM untuk beroperasi. RAM juga dibutuhkan untuk proses latar belakang, yang umum dilakukan di aplikasi Android.

Verified Writer

Hendi Handoko

An ordinary guy with extraordinary dreams.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya