TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Aplikasi Paling Berguna Untuk Mahasiswa Ekonomi, Sudah Punya?

Mahasiswa ekonomi mana suaranya?

phandroid.com

Masuk fakultas ekonomi menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, lulusan ekonomi menjadi salah satu yang paling banyak mendapat peluang kerja. Tapi tugas menumpuk selalu menghantui para mahasiswa ekonomi dalam menjalani kehidupan perkuliahannya.

Berikut 6 aplikasi ekonomi yang bakal menunjang perkuliahan dan wajib diunduh. Apa saja?

1. uValue

itunes.apple.com

Dirancang oleh profesor keuangan dari New York Universty, uValue merupakan aplikasi yang dapat mengolah ekonomi kompleks seperti nilai modal, dan bahkan prediksi nilai tukar mata uang. uValue juga memungkinkan beberapa pendekatan untuk valuasinya seperti Weighted Average Cost of Capital (WACC), Adjusted Present Value (APV), Dividend Growth Model (DGM), dan Real Option Valuation (ROV).

2. Mint

phandroid.com

Mint sejatinya merupakan aplikasi pengatur keuangan. Untuk kamu para calon ekonom, aplikasi ini memiliki beberapa kegunaan. Selain melatih pengelolaan keuangan, Mint juga dapat membantumu mempelajari anggaran, investasi, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Aplikasi Keuangan Keren yang Ampuh Bikin Gaji Tetap Awet!

3. FRED Economic data

fred.stlouisfed.org

Kalau kamu sedang skripsi dan bingung cari data atau ingin belajar jadi periset ekonomi, ayo coba aplikasi ini. Bersumber dari Federal Reserve Bank of St. Louis, FRED dapat menyajikan secara teliti tingkat indeks harga, pertumbuhan PDB, dan lain sebagainya dalam bentuk grafik praktis. Fitur "Top Stories"-nya juga bisa dibaca untuk sekedar menambah wawasan.

4. Econ Ed

techlearning.com

Masih dari sumber yang sama, Econ Ed menyediakan kurikulum ekonomi khusus bagi mahasiswa baru untuk mengeksplorasi dunia ekonomi secara mudah. Aplikasi satu ini juga akan memberikan contoh konkret dari variabel-variabel ekonomi yang mungkin baru dikenal atau hanya ingin sekedar menghafalnya.

5. Stock Market

howtoisolve.com

Kalau kamu lebih suka belajar menjadi investor atau keuangan internasional, maka kamu bisa pilih aplikasi ini. Stock Market akan meng-update harga saham terbaru di pasaran. Kamu juga dapat memeriksa perubahan harga dari waktu ke waktu atau akses ke riwayat saham tertentu. Platformnya juga dirancang untuk melacak portofolio investasi pengguna.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Unduh Nih, 8 Aplikasi Sains Terbaik!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya