TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Fitur Baru iOS 11, Bikin iPhone Makin Tak Tertandingi!

Fitur 3 dan 9 kece parah sih

macrumors.com

Semalam (5/6) waktu Amerika, Apple akhirnya resmi memperkenalkan iOS 11 ke publik. Di ajang Worldwide Developer Conference 2017, Tim Cook sang CEO Apple sendiri yang memperkenalkan sistem operasi terbaru untuk perangkat Apple itu.

Dalam panggung WWDC 2017, Cook mengungkap iOS 11 akan jadi sistem operasi terobosan yang pasti sudah sangat ditunggu-tunggu para pecinta iPhone dan iPad. Pasalnya, iOS 11 memang mengusung 9 fitur baru yang bikin iPhone maupun iPad nantinya makin kece.

1. iOS 11 hadirkan SIRI yang lebih pintar.

9to5mac.com

Apple nampaknya sadar sih kalau pengguna iPhone atau iPad itu masih gak maksimal penggunaannya. Oleh karena itulah pada iOS 11, SIRI dilaporkan hadir dengan 'penampilan' yang lebih pintar. Dikutip dari situs resmi Apple, SIRI kini dilaporkan bakal lebih responsif dan hadir dengan suara wanita dan pria serta dalam berbagai bahasa seperti Mandarin, Perancis, Jerman, Italia dan juga Spanyol.

iOS 11 juga dilaporkan menghadirkan tab khusus untuk SIRI yang kabarnya sih layout-nya lebih logis. Terdapat pula pilihan untuk saran yang diberikan SIRI untuk masing-masing aplikasi yang telah diunduh di perangkat. Lalu yang terakhir, di iOS 11 ada juga fitur yang bisa mengaktifkan Type to SIRI.

Pilihan ini kabarnya memungkinkan pengguna bisa mengakses SIRI hanya dengan menekan tombol Home saja. Setelah itu, akan muncul keyboard yang bisa kamu jadikan sarana untuk mengetik pertanyaan ke SIRI lebih detail deh.

2. iOS 11 juga hadirkan fitur baru keyboard untuk iPhone dan iPad.

idownloadblog.com

Kehadiran iOS 11 ini juga turut menghadirkan pembaruan dari sisi keyboard. Jadi nih, sekarang kamu yang menggunakan iPhone kabarnya bisa mengetik lebih mudah dengan fitur One-handed keyboard yang bikin susunan abjad pada keyboard bisa ditampilkan dalam mode rapat kanan atau rapat kiri.

Untuk keyboard iPad, iOS 11 pun menghadirkan pembaruan juga yang dinamai QuickType. Dengan fitur ini tampilan keyboard iPad diklaim lebih user-friendly di mana simbol dan angka biasanya diakses lewat tombol Shift kini tinggal ditarik ke bawah saja dan melepaskan kalau mau diakses. Lebih mudah dan cepat deh!

3. iOS 11 juga hadirkan fitur Kamera dan Photos yang lebih profesional.

apple.com

iOS 11 dilaporkan juga menghadirkan fitur Kamera dan Photos yang lebih profesional. Jadi, banyak pembaruan yang bikin fitur kamera iPhone atau iPad yang telah menggunakan iOS 11 akan seolah-olah mirip dengan kamera DSLR fotografer profesional.

Dikutip dari Telegraph.co.uk, iOS 11 diketahui menghadirkan mode Portrait yang telah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization, True Tone flash dan HDR. Fitur Live Photos di iOS 11 juga kabarnya kan hadir dengan efek seru untuk bikin video loops yakni fitur Loop dan Bounce. Di iOS 11 ini, Apple juga menghadirkan teknologi baru bernama High Efficiency Image File Format alias HEIF yang dapat mengompres otomatis ukuran file foto yang diambil pakai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Baca Juga: 10 Perubahan Besar Pada iPhone-mu Setelah Download iOS 10!

4. Dengan iOS 11 sekarang control center kabarnya bisa diubah-ubah.

theverge.com

Jadi, fitur control center di iOS 11 ini memang dirombak total. Kini kamu bisa mengubah-ubah control center sesuai dengan selera dan keinginanmu. Kamu bisa memilih apa saja yang ingin ditampilkan di control center melalui menu Settings. Ada banyak pilihan menu yang bisa dipilih sih, mulai dari Low Power Mode, Notes, Text Size, Wallet, Screen Recording dan masih banyak lagi. Fyi, meski control center di iOS 11 bisa diubah-ubah tapi urusan layout kabarnya gak bisa diubah-ubah alias tampilannya sudah default.

5. iOS 11 perbarui fitur Screenshot dan hadirkan fitur Screen Recording.

theverge.com

Jadi nih, iOS 11 kabarnya menghadirkan pembaruan soal fitur Screenshot. Kabarnya pasca kamu men-screenshoot sesuatu gambar tak akan serta merta masuk ke Gallery tapi bisa kamu re-crop atau markup langsung saat itu juga. Selain itu, iOS 11 juga dilaporkan telah menghadirkan fitur baru bernama Screen Recording.

Dikutip dari The Verge, fitur ini bikin iPhone dan iPad yang sudah memakai iOS 11 bisa merekam kegiatan apa saja yang sedang dikerjakan secara otomatis. Asyik kan?

6. iOS 11 janji hadirkan manajemen penyimpanan yang lebih baik.

9to5mac.com

Jika di iOS lama tab penyimpanan dilabeli Storage and iCloud Usage maka di iOS 11 kini namanya berubah menjadi iPhone Storage. Gak cuma label saja lho yang berubah, tapi fungsinya pun ada yang diubah atau lebih tepatnya diperbarui.

Kini iPhone Storage dapat menampilkan informasi kapasitas penyimpanan yang masih tersedia di perangkat serta rekomendasi untuk meningkatkan kapasitas seperti auto-delete percakapan lama dan menghapus attachment Messages yang besar. Fitur manajemen penyimpanan di iOS 11 juga hadir dengan fitur yang dapat mensinkronisasikan Messages dari semua perangkat.

7. Gak perlu jengah, iOS 11 hadirkan fitur yang bisa hapus aplikasi tak berguna.

macrumors.com

Kebanyakan nih pengguna iPhone atau iPad biasanya jengah sama beberapa aplikasi yang hadir tapi sebenarnya gak terlalu berguna. Gak bisa dihapus, jadinya menuh-menuhin memori penyimpanan deh. Nah, masalah ini kabarnya gak perlu lagi kamu alami guys kalau sudah menggunakan iOS 11.

Soalnya nih, di menu Settings aplikasi iOS 11 terdapat pilihan untuk menghapus aplikasi yang jarang banget digunakan secara otomatis. Dokumen dan data aplikasi yang dihapus itu tetap disimpan kok walau terhapus. Jaga-jaga sih kalai sewaktu-waktu ingin memasang aplikasi lagi atau memerlukan data dari aplikasi yang sudah terlanjur dihapus.

8. iOS 11 juga hadirkan pembaruan di fitur Apple Pay, bayar-bayaran lebih mudah deh!

theverge.com

Apple Pay gak ketinggalan dapat pembaruan di iOS 11. Apple Pay kabarnya kini bisa digunakan dengan mudah untuk mengirim uang lewat fitur Messages saja. Kamu juga bisa pakai perantara SIRI untuk menggunakan kartu kredit atau debit untuk membayar beberapa keperluan.

Asyiknya, tiap kamu menggunakan Apple Pay untuk transaksi maka setiap penerima menerima uangnya maka kamu akan dapat tanda bukti yang secara otomatis bakal masuk ke akun Apple Pay Cash. Fyi, Apple Pay di iOS bakal lebih maksimal penggunaannya untuk membayar berbagai aplikasi di App Store lho. Seru deh!

Baca Juga: 9 Masalah yang Sering Muncul di iOS 10 dan Cara Memperbaikinya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya