TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Virus Seolah Jauhi iPhone? Ternyata Ini yang Dilakukan Apple

Punya trik tersendiri nih

thebubble.com

iPhone terkenal dengan sistem operasi nya yang kebal dengan ancaman virus. Kok Bisa? Sebagai orang yang mengikuti trend ponsel pintar, kamu tahu kalau smartphone berbasis Android sangat mudah terkena virus jahat, tapi tidak dengan iPhone.

Entah kenapa baik virus maupun malware seolah menjauhi iPhone dan lebih memilih Android untuk diserang. Tentu ada sesuatu yang terjadi pada iPhone kenapa bisa demikian. Dan ternyata, inilah yang dilakukan Apple.

1. Apple menerapkan sistem Sandboxing

digiday.com

Apple menerapkan sistem keamanan yang dikenal dengan Sandboxing. Sistem keamanan ini akan mencegah aplikasi yang pengguna pasang untuk mengakses data dari aplikasi lain.

Selain itu, jika pengguna nekat memasang aplikasi “nakal” dengan cara hacker, aplikasi tersebut tidak akan memiliki akses lengkap ke sistem iOS karena dihalangi oleh Sandboxing. Hal yang sama juga berlaku terhadap virus. Virus yang nekat masuk, bakalan ditendang oleh Sandboxing.

2. Apple juga melakukan pembaruan iOS tepat waktu

apple.com

Apple selalu menjaga sistem operasi mereka tetap up to date. Cara ini efektif untuk melindungi perangkat dari virus dan malware. Sebenarnya cara Apple ini merupakan keunggulan mereka ketimbang Android.

Saat Apple merilis sistem operasi iOS terbaru, maka semua perangkat yang kompatibel akan mendapatkan pembaruan itu. Dan inilah jawaban untuk tahu kenapa sebagian besar pengguna iPhone selalu menjalankan sistem operasi versi terbaru.

Sementara Android butuh waktu berbulan-bulan bagi sebagian pengguna untuk mendapatkan pembaruan terbaru.

Verified Writer

Go

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya