Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYP

Yakin sudah sama? Pasti ada bedanya

Jakarta, IDN Times - Semenjak PSBB pertama, aplikasi TikTok memang menjadi tempat ‘balas dendam’ banyak orang untuk menuangkan kebosanannya. Meski didominasi dengan dance video, TikTok juga menyuguhkan banyak konten video edukasi ataupun konten seru lainnya yang berasal dari para penggunanya. Secara algoritma, yang akan muncul di timeline atau FYP (For Your Page) kalian adalah video terkait yang sering kamu lihat belakangan ini.

Tapi, kalian pernah bertanya gak sih kenapa konten-konten berkualitas bagus secara visual kok bisa selalu masuk FYP ya? Kira-kira apa ya formulanya? Check this out, guys!

1. Sumber pencahayaan dan perpaduan warna

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYPIDN Times/Samsung

Ini jadi poin penting juga nih waktu membuat video. Istilah golden hour memang ada benarnya, apalagi cahaya alami dari matahari memang paling top. Tapi bukan berarti waktu malam hari gak bagus ya, ‘kan sekarang sudah ada ring light. Semakin gelap pencahayaannya, bisa sangat berpengaruh pada hasil kualitas video kamu.

Selain pencahayaan, pastikan kamu juga sudah perhatikan perpaduan warna setiap objek yang tertangkap kamera ya. Mulai dari outfit yang kamu pakai, hingga interior yang ada. Pilihannya, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah atau justru memilih warna senada. Dua pilihan ini yang biasanya bikin mata jadi tertarik untuk melihatnya.

Baca Juga: Ketagihan Main TikTok, Intip 5 Video TikTok Lucu Inul Daratista

2. Filter or effect is a must!

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYPShutterstock/Jardul

Kalau kamu sudah memastikan sumber pencahayaan sudah oke tapi hasilnya masih belum maksimal, gunakanlah filter dan effect. Bukan sifatnya menipu kok, justru kehadiran filter dan effect ini digunakan untuk memperindah hasil video buatanmu. Tinggal pilih deh filter mana yang cocok dengan konten videomu, gak perlu yang berlebihan ya.

Sekadar tips, kamu bisa juga lho melihat filter yang saat ini tengah jadi tren dan sering masuk FYP. Coba-coba dulu saja, baru nanti dikombinasikan dengan konsep konten kamu. Percayalah, warga TikTok pasti akan semakin penasaran dengan filter baru. Jadi, mungkin video kamu bisa jadi salah satu video yang mereka tonton.

3. Kamera HP berkualitas tinggi

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYPIDN Times/Samsung

Terlepas dari semuanya, kamu gak bisa menyamakan kamera HP satu dengan yang lain. Jelas kualitasnya akan berbeda, apalagi kamu membandingkannya dengan kamera Samsung Galaxy S20 FE. Tiga set kamera di bagian belakang ini sangat memumpuni banget buat kalian para konten kreator, yakni dengan 12 MP Ultra Wide Camera, 12 MP Wide-angle Camera dan terakhir 9 MP Telephoto Camera. Tenang, masih ada kamera selfie 32 MP kok. Jadi kalau bicara soal kualitas kamera, Samsung Galaxy S20 FE ini sudah lolos deh!

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYPIDN Times/Samsung

Lebih dari itu, IDN Times juga menemukan ada tiga fitur kamera terbaik yang ada di dalamnya, yakni: 30x Space Zoom, Bright Night dan Single Take. Ketiga fitur ini bisa kamu andalkan dalam membuat konten digital. Misalnya 30x Space Zoom, yang mengombinasikan 30x Super Resolution Zoom, 3x Optical Zoom, dan teknologi AI yang bikin kualitas gambar dan video lebih smooth. Mau sejauh apapun objeknya, Space Zoom tetap bisa menangkapnya.

Untuk fitur Bright Night, bisa jadi solusi kamu di kondisi yang minim pencahayaan, sehingga kamera Samsung Galaxy S20 FE ini akan menyerap cahaya dengan maksimal. Terakhir, untuk fitur Single Take kamera ini bisa mengambil 4 video dan juga 10 foto secara bersamaan, hanya dengan menekan tombol shutter selama 15 detik. Gak akan ada lagi deh tragedi ulang foto, karena kamu bisa memilihnya dari sekian banyak hasil. Cewek wajib punya nih, Samsung Galaxy S20 FE seharga Rp9.999.000,- ini.

4. Posisi atau angle kamera

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYPIDN Times/Samsung

Pernah bikin konten video yang sama, tapi kok seperti ada yang kurang ya? Mungkin gerakan dance-nya sudah sama, tapi angle kamera kalian yang beda. Sebab, setiap orang punya angle terbaiknya masing-masing. Jadi, kamu harus tahu juga nih dari angle mana sih kamu akan terlihat oke di kamera?

Kalau kamu butuh saran, IDN Times lihat sih biasanya angle kamera terbaik setidaknya sejajar dengan tinggi kepala kalian. Di posisi ini, kamu akan terlihat lebih proporsional. Coba deh di rumah.

5. Menggunakan sound yang lagi trending

5 Hal yang Bikin Video TikTok Masuk FYPShutterstock/ASDF_Media

Setiap challenge trending pasti gak akan lepas dari sound itu sendiri. Sama halnya dengan filter, setiap kali ada challenge dan sound baru, secara otomatis warga TikTok juga akan cari tahu tren berdasarkan sound tersebut. Besar kemungkinan kalau konten kamu jadi video referensi mereka lho. Oh ya, jangan lupa dibuka fitur duetnya ya!

Sejauh ini sih, sound lipsync dan dance selalu jadi primadona nih. Butuh latihan dulu nih kayaknya sebelum bikin konten, dan pastikan kamu punya sesuatu yang unik dan menonjol ya. Siap-siap masuk FYP nih! (CSC)

Baca Juga: 10 Jenis Video yang Jangan Kamu Unggah di TikTok, demi Kebaikanmu

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya