Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Bikin Website Sendiri Itu Menarik, Wajib Coba!

Bisa dimanfaatkan sebagai wahana pamer portofolio, lho!

Di zaman sekarang ini, website menjadi salah satu platform yang sering digunakan banyak orang sebagai media informasi maupun hiburan. Seiring berjalannya waktu, pembuatan website pun bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa modal yang besar.

Sebenarnya, apa, sih, keuntungan memiliki website pribadi? Jika kita bicara kelebihan, akan ada banyak kelebihan jika kita bisa menekuninya terus menerus. Namun, yang akan kita bahas di sini adalah lima alasan bikin website sendiri itu menarik dan mengapa kamu wajib mencobanya.

Biar gak makin penasaran, yuk, simak ulasannya sampai habis!

1. Sarana media informasi bagi banyak orang

5 Alasan Mengapa Bikin Website Sendiri Itu Menarik, Wajib Coba!ilustrasi pencarian Google (pexels.com/Pixabay)

Membagikan informasi pada banyak orang merupakan hal yang bisa kita lakukan di zaman modern ini. Selain melalui media sosial, penggunaan website bisa lebih efektif dan menjangkau lebih banyak orang, apalagi kamu paham apa itu Search Engine Optimization (SEO).

Secara tidak langsung, dengan membuat website sendiri, kamu bisa membagikan informasi yang menurutmu bisa dibagikan. Tentunya sesuai dengan tema, tampilan, dan gaya bahasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ya!

Namun, perhatikan dengan baik informasi apa yang akan kamu bagikan. Pastikan bahwa informasi itu sesuai dengan fakta dan data dan tidak menyebar berita hoaks yang bisa merugikan pihak manapun.

2. Memberikan opini pribadi secara profesional

5 Alasan Mengapa Bikin Website Sendiri Itu Menarik, Wajib Coba!ilustrasi website pribadi (pexels.com/Pixabay)

Setiap orang memang bisa memberikan opini di laman media sosial pribadinya, baik itu melalui Twitter, Facebook, maupun Instagram. Namun, setiap orang bisa melakukan hal semacam itu dengan mudah.

Beda halnya jika kamu mencoba membuat website sendiri. Ada banyak pengalaman menarik yang bisa kamu dapat dalam memberikan opini sehingga terkesan lebih profesional sekaligus menggunakan nama domain pribadi.

Baca Juga: 6 Perbedaan Blog dan Website yang Penting Diketahui

3. Bisa jadi ladang cuan

5 Alasan Mengapa Bikin Website Sendiri Itu Menarik, Wajib Coba!ilustrasi penghasilan dari website (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mungkin, tujuan dasar kamu membuat website sendiri pada dasarnya untuk menghilangkan rasa penasaran atau sekadar memberikan pengalaman baru. Namun, tahukan kamu bahwa dari website tersebut kamu juga menjadikannya sebagai ladang cuan jika memenuhi berbagai macam persyaratan?

Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan website kamu ke Google AdSense. Simpelnya, kamu bisa menjadi partner Google untuk menampilkan iklan di website dengan bayaran Pay per Click (PPC). Artinya setiap orang yang klik iklan di website kamu bakal memberikan bayaran ke kamu sesuai dengan Cost per Click (CPC).

4. Membuat website portofolio sendiri

5 Alasan Mengapa Bikin Website Sendiri Itu Menarik, Wajib Coba!ilustrasi website portofolio (pexels.com/Bich Tran)

Bagi para pelamar kerja, portofolio memiliki peranan yang cukup besar sebagai bahan pertimbangan rekruter untuk merekrut kamu. Di sini, peran portofolio sebagai bukti bahwa kamu memiliki skill yang memumpuni bakal jadi pertimbangan berharga.

Nah, website itu sendiri bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk membuat portofolio yang menarik dan juga interaktif. Kamu punya kebebasan untuk mengubah segala hal yang ada pada website sesuai dengan apa yang kamu inginkan demi menunjang penampilan portofolio yang lebih baik dan patut diperhitungkan.

5. Menambah skill dan juga pengalaman baru

5 Alasan Mengapa Bikin Website Sendiri Itu Menarik, Wajib Coba!ilustrasi website pribadi (pexels.com/Burst)

Pembuatan website gak bisa kita gambarkan sebagai sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun, aktivitas ini juga gak bisa disimpulkan terlalu sulit untuk dilakukan juga, kok. Jika kamu terus mencoba untuk membuat website sendiri, kamu bisa menambah skill sekaligus pengalaman baru dalam dunia digital.

Hal ini bisa sangat berguna untuk ke depannya dalam rangka bersaing di era digital yang semakin maju dan berkembang. Jika kamu terus meningkatkan pengalaman dalam pembuatan website, akan ada banyak keuntungan yang kamu bisa raih, baik dari segi finansial maupun kesadaran akan pentingnya website di masa sekarang.

Membuat website sendiri memang sangat seru dan menawarkan beragam manfaat postif. Namun, tetap perhatikan segala unsur yang ada di dalamnya, ya! Jangan sampai website yang kamu buat disalahgunakan untuk hal-hal negatif. Bikin website kamu sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan produk, meningkatkan skill, maupun menambah kepercayaan diri kamu dalam memberikan informasi dan opini.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Website Gratis, Cocok untuk Bisnismu

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya