Comscore Tracker

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!

UI/UX design merupakan keahlian yang lagi banyak dicari, lho

Keahlian desain user interface dan user experience atau sering disebut dengan UI/UX design saat ini adalah salah satu keahlian yang banyak dibutuhkan. Keahlian ini dibutuhkan dalam banyak hal salah satunya adalah dalam pembuatan dan pengembangan suatu aplikasi.

Dalam menekuni bidang UI/UX design ini, bisa dilakukan dengan banyak cara antara lain kursus daring, workshop dan otodidak. Sebagai referensi dalam belajar ada banyak situs online biasanya digunakan oleh para designer UI/UX untuk mengembangkan keahliannya.

1. Colorhunt.co 

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!tampilan situs Colorhunt.co (colorhunt.co)

Colorhunt.co adalah situs untuk membantu desainer untuk menentukan kombinasi warna dalam suatu desain. Tidak hanya untuk desainer UI/UX tetapi situs ini banyak digunakan oleh para desain grafis lainnya.

Di situs Colorhunt.co ini, desainer cukup memilih suatu warna nanti akan otomatis keluar perpaduan warna yang cocok untuk warna tersebut. Selain memilih warna sendiri, di situs ini juga disediakan beberapa perpaduan warna yang populer dikalangan desainer.

2. Colors.eva.design 

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!tampilan Colors.eva.design (colors.eva.design)

Dalam UI/UX Design dikenal istilah design system yang digunakan untuk membuat suatu kerangka organisasi desain agar bisa digunakan secara konsisten oleh tim yang tergabung dalam suatu proyek. Design system erat kaitannya dalam menentukan warna utama atau primary dan warna pendamping atau sekunder atau sering juga disebut semantic colors.

Agar desain yang dibuat memiliki kesesuaian warna, situs Colors.eva.design akan membantu desainer untuk menentukan warna tersebut. Desainer cukup memasukkan warna utama yang biasanya diambil dari logo atau branding aplikasinya.

Nanti, situs ini akan memilihkan beberapa warna yang cocok sebagai warna pendamping. Selain itu terdapat tingkat terang atau gelapnya suatu warna yang bisa dipilih.

3. Uigradients.com 

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!tampilan Uigradients.com(uigradients.com)

Pemilihan kombinasi warna yang tepat sangat diperlukan dalam suatu desain tidak hanya dalam desain UI/UX tetapi juga dalam desain grafis lainnya. Situs Uigradients.com digunakan oleh desainer untuk menentukan kombinasi warna dalam suatu gradasi.

Di situs ini sudah terdapat template kombinasi warna gradasi. Desainer bisa memilih warna dasar, nanti akan terdapat pilihan warna gradasi yang sesuai dengan warna dasar yang dipilih. Situs ini membantu desainer agar gradasi yang dibuat menjadi elok, tidak norak, dan tentunya enak dipandang.

Baca Juga: 4 Processor Terbaik Intel yang Cocok Dipakai Gaming & Design

4. Material.io 

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!tampilan Material.io(material.io)

Masih erat kaitannya dengan design system, sistus Material.io ini berisikan design system yang dibuat oleh Google untuk membantu suatu tim dalam perancangan UI/UX suatu aplikas. Di situs ini akan dijelaskan bagaimana tata letak masing-masing komponen yang digunakan seperti tombol, teks, warna, ikon dan sebagainya.

Selain tata letak juga akan dijelaskan komponen-komponen yang sesuai dengan design system dari Google seperti bentuk ikon, bentuk tombol, bentuk menu dan lain-lainnya. Situs ini sangat membantu desainer baik untuk yang pemula maupun sudah mahir.

5. Medium.com 

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!salah satu artikel di Medium.com(medium.com/Kean Shihab)

Medium.com sebenarnya merupakan suatu situs mirip blog yang di dalamnya terdapat beragam artikel untuk para profesional. Di Medium terdapat beberapa artikel mengenai UX Law yang merupakan salah satu hal penting dalam UI/UX Design. UX Law ini digunakan sebagai acuan perancangan UI atau user interface dalam sudut pandang user atau pengguna.

6. Dribbble.com

6 Situs untuk Referensi Belajar UI/UX Design, Bakal Berguna!beberapa contoh desain di situs Dribbble.com (dribbble.com)

Setiap desainer UI/UX wajib menggunakan situs Dribbble.com sebagai referensi desain yang akan dibuat. Situs ini merupakan tempat berkumpulnya komunitas desainer yang di dalamnya terdapat ribuan desain yang sangat menarik baik untuk UI/UX maupun desain lainnya.

Sebagai desainer pemula, biasanya menggunakan metode ATM (amati, tiru dan modifikasi) dalam membuat suatu desain, di mana ia bisa meniru desain-desain yang ada di situs ini. Selain itu di situs ini bisa digunakan untuk memamerkan hasil karya kita sehingga bisa digunakan sebagai portofolio pribadi.

Tren UI/UX Design terus berubah mengikuti jaman. Sebagai seorang desainer, wajib mengikuti tren yang sedang hit saat ini. Situs-situs online adalah salah satu tempat untuk mencari informasi mengenai perkembangan UI/UX Design. Selain itu, seorang desainer wajib untuk berbagi informasi dalam komunitas-komunitas yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap UI/UX Design.

Baca Juga: 5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihan

ari budiadnyana Photo Verified Writer ari budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya