Comscore Tracker

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphone

Tiap aplikasi menawarkan cara kerja yang unik & berbeda-beda

Dimulai dari Android 9 Pie, Google berusaha menaruh perhatian lebih terhadap kesehatan penggunanya. Dimulai dengan Digital Wellbeing sebagai aplikasi bawaan, beberapa waktu yang lalu, Google kembali merilis sejumlah aplikasi dengan fungsi serupa.

Dilansir dari Android Police, aplikasi-aplikasi ini dirilis oleh “Experiments with Google” dan hadir dengan cara kerja yang berbeda, namun dengan tujuan yang sama yaitu mengurangi ‘kadar kecanduan’ smartphone para penggunanya. Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut daftar aplikasinya.

1. Unlock Clock

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphonegadgets.ndtv.com

Yang pertama adalah Unlock Clock. Aplikasi ini bekerja sebagai “live wallpaper” dengan menampilkan jumlah dari seberapa banyak pengguna meng-unlock atau membuka HP mereka.

Dalam deskripsinya, Unlock Clock dibuat agar pengguna bisa mempertimbangkan berapa banyak mereka membuka HP dalam satu hari. Lewat cara ini, dipercaya pengguna jadi bisa lebih sadar akan kuantitas buruk dari menggunakan HP setiap harinya.

2. Post Box

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphonehindustantimes.com

Selanjutnya adalah aplikasi bernama Post Box. Sederhananya, aplikasi ini bertujuan untuk membatasi notifikasi muncul di layar HP pengguna.

Alih-alih ‘melemparkan’ segudang notifikasi sepanjang hari, Post Box akan menyimpan notifikasi tersebut dan memunculkannya kembali di waktu yang ditentukan. Jika pengguna takut melewatkan notifikasi penting, ada opsi untuk memilih mana notifikasi yang tidak ingin dibatasi.

3. Morph

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphoneventurebeat.com

Morph pada dasarnya merupakan launcher yang dapat memunculkan berbagai aplikasi berbeda berdasarkan rutinitas dan lokasi. Jadi, Morph dibuat agar bisa beradaptasi dengan apa yang pengguna lakukan.

Contohnya, jika pengguna sedang berada di kantor, Morph akan menampilkan aplikasi seperti email, kalender dan dokumen. Sebenarnya, sudah ada aplikasi launcher lain yang menawarkan konsep serupa, namun Morph jauh lebih sederhana.

Baca Juga: 7 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android, Bisa Akses di Mana Saja

4. We Flip

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphonemashtips.com

We Flip dirancang untuk ‘memotong’ tingkat penggunaan HP ketika pengguna sedang berkumpul atau berada dalam suatu obrolan grup. Jadi, We Flip akan memasukkan semua HP pengguna ke dalam sebuah “sesi” yang nantinya, dapat memunculkan statistik seperti seberapa sering anggota obrolan melakukan kecurangan dengan mengintip atau membuka HP mereka. Dengan We Flip, pengguna diharapkan jadi bisa lebih bertanggung jawab dengan waktu berkumpul bersama teman atau keluarga mereka.

5. Desert Island

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphoneexperiments.withgoogle.com

Desert Island merupakan aplikasi Digital Wellbeing dari Google berikutnya yang dibuat untuk membantu pengguna agar tetap fokus terhadap aplikasi-aplikasi penting tertentu. Desert Island akan mengambil alih HP pengguna dan hanya akan menyertakan aplikasi yang dirasa dibutuhkan pengguna seperti kamera, catatan, perpesanan dan lain-lain. Daftar aplikasi bisa dikustomisasi oleh pengguna dan Desert Island akan menantang pengguna untuk bisa tetap menggunakan aplikasi yang terdaftar dalam 24 jam ke depan.

6. Paper Phone

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphonefastcompany.com

Jika dibandingkan dengan aplikasi lain di daftar ini, Paper Phone jauh lebih ekstrem, namun dalam artian baik. Sesuai namanya, Paper Phone menuntut pengguna untuk hanya menggunakan “HP kertas” ketika menjalani hari-hari mereka.

Misalnya, pengguna ingin pergi ke sebuah restoran dan butuh petunjuk arah, maka Paper Phone akan mencetak sebuah peta lengkap dengan petunjuk arah, dalam bentuk kertas. Dengan ini, pengguna jadi tidak perlu membawa HP mereka.

7. Digital Wellbeing

7 Aplikasi Google yang Dapat Bantu Kamu Atasi Kecanduan Smartphonetechradar.com

Jika menginstal setiap aplikasi di atas terasa terlalu ribet, maka kamu bisa mencoba solusi simpelnya melalui Digital Wellbeing. Ini mungkin tidak memiliki semua fungsi dari 6 aplikasi sebelumnya, namun untuk fungsi dasar, Digital Wellbeing memiliki semuanya.

Digital Wellbeing dapat menampilkan seberapa sering pengguna membuka HP dan berapa waktu yang dihabiskan untuk setiap aplikasi setiap harinya. Selain menampilkan data, Digital Wellbeing juga bisa membantu pengguna dengan kemampuan limitasi waktu penggunaan di tiap aplikasi.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai daftar aplikasi Google yang bisa bantu kamu atasi kecanduan smartphone. Tertarik untuk mencoba aplikasi-aplikasi di atas?

Baca Juga: 7 Aplikasi Instagram Planner, Cocok untuk Pelaku Bisnis dan Selebgram

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You