Comscore Tracker

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minim

Lebih hemat kuota juga lho!

Fitur yang lengkap membuat beberapa browser besar seperti Chrome, Edge, UC Browser dan Firefox, mengonsumsikan cukup banyak penyimpanan, performa dan kuota. Tentu, hal ini tidak menjadi masalah bagi HP dengan spesifikasi yang lumayan, namun bagi HP ‘kentang’ dengan RAM minim terutama, browser-browser tersebut jadi sangat tidak bersahabat.

Namun tenang, Play Store tidak hanya dihuni oleh browser-browser berat saja. Masih ada banyak browser ringan yang hanya memakan sedikit performa, penyimpanan dan kuota – alias ramah untuk HP dengan spesifikasi terbatas. Berikut daftarnya.

1. Via Browser

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minimtechbeasts.com

Dengan lebih dari 1 juta unduhan, Via Browser menjadi browser paling sederhana, ringan dan ramah penyimpanan di daftar ini. Di Play Store, Via Browser hanya memiliki ukuran 509KB yang mana menjadikannya browser Android terkecil di sejauh ini.

Selain super ringan, Via Browser juga sangat ‘senyap’ karena tidak akan menampilkan notifikasi apapun ke HP pengguna. Desain yang sederhana namun juga menjadi salah satu nilai jual utama dari browser ini. Di samping itu, ini juga memiliki ad-blocker bawaan, QR code scanner, mode incognito, mode malam dan banyak lagi.

2. XBrowser

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minimpremiuminfo.org

Selanjutnya adalah Xbrowser yang sama seperti Via Browser, telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali. Salah satu fitur utama browser ini adalah desain user-interface yang sederhana dan responsif. Ini juga dibekali dengan dengan pemblokir iklan bawaan, mode gelap, tombol navigasi untuk akses situs cepat yang bisa dikustomisasi dan penerjemah.

Kerennya lagi, ini juga memiliki fitur hebat lain yaitu kemampuan untuk mengubah user-agent atau UA ke iPhone, iPad, Desktop atau Android. Untuk ukuran, ketika terinstal, XBrowser hanya memakan penyimpanan sebesar 2,9MB saja.

3. Monument Browser

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minimandroidplanet.it

Monument Browser mungkin tidak sepopuler Via Browser dan XBrowser, namun secara fungsi, ini menawarkan user-experience yang sangat baik. Terlepas dari ukurannya yang kecil (hanya sekitar 3MB saja), Monument secara mengejutkan hadir dengan segudang fitur.

Beberapa di antaranya seperti pemblokir iklan, mode gelap, mode baca, mode privasi, blok history dan satu fitur unik bernama “Floating Window”. Pada dasarnya, Floating Window memungkinkan pengguna untuk membuka banyak  jendela halaman sebagai pop-up, agar bisa melakukan lebih dari satu tugas secara bersamaan.

Baca Juga: 7 Browser Terbaik untuk Setiap Jenis Netizen, Kamu Cocok yang Mana?

4. Firefox Lite

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minimclubic.com

Salah satu browser paling populer di dunia adalah Firefox dan untuk menjangkau lebih banyak pengguna, browser buatan Mozilla ini menghadirkan Firefox Lite. Firefox sendiri dikenal karena teknologi Quantum-nya yang menggabungkan fungsi browsing terbaik dengan user-interface yang lebih intuitif.

Sesuai namanya, Firefox Lite dirancang dengan fitur penghemat data. Browser dengan ukuran 10MB saja ini juga memungkinkan pengguna untuk memblokir gambar dari situs tertentu, menggunakan mode Turbo untuk memblokir iklan dan screenshot untuk membaca offline.

5. UC Browser Mini

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minimarticleweb55.com

Diunduh lebih dari 100 juta kali, UC Browser Mini menjadi browser versi Lite paling laris untuk Android di Play Store. Ini merupakan versi ‘minimalis’ dari UC Browser yang tidak hanya berukuran kecil (hanya di kisaran 30MB saja), namun juga cepat dan dibekali dengan fitur yang lengkap seperti Data Saving, Ad-Block dan banyak lagi.

Secara fungsi, ini tidak jauh berbeda dengan UC Browser biasa. Satu-satunya perbedaan hanya terletak pada fakta bahwa UC Browser Mini didesain secara khusus untuk bisa mengompres data sehingga hemat kuota dan lebih cepat.

6. Opera Mini

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minim3nions.com

Selanjutnya adalah Opera Mini – versi ringkas dari Opera yang bersama Mozilla dan Chrome, jadi salah satu browser paling populer di semua platform termasuk Android. Opera Mini pada dasarnya dirancang untuk platform Java ME sebagai versi low-end dari Opera biasa.

Fitur utama dari Opera Mini situs atau halaman yang diakses akan melewati server proxy Opera Software terlebih dahulu untuk dikompres, sehingga kecepatan akses bisa 2 hingga 3 kali lebih cepat dari biasanya. Di luar itu, browser berukuran 27MB ini sama seperti browser pada umumnya.

7. Google GO

7 Browser Paling Ringan yang Cocok untuk HP Android dengan RAM Minimandroidauthority.com

Yang terakhir sekaligus yang paling sederhana di daftar ini adalah Google GO. Ini bukan versi ringan dari Chrome, melainkan browser tersendiri yang menjadi bagian dari beragam aplikasi GO dari Google, yang ditujukan untuk perangkat low-end.

Google GO telah diunduh sebanyak 100 juta kali dan pada dasarnya merupakan cara yang lebih ringan dan cepat untuk browsing via Google dengan hasil pencarian yang dioptimalkan untuk menghemat kuota hingga 40 persen. Lebih lanjut, user-experience yang ditawarkan juga serupa dengan aplikasi Google biasa. Ini hanya berukuran 17MB saja.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi browser paling ringan yang cocok untuk HP dengan RAM minim. Selain ramah performa dan kuota, semua browser di atas juga ramah kantong karena bisa diunduh secara gratis.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaik

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya