Comscore Tracker

Cara Cek IMEI HP Samsung, Pastikan HP Kamu Resmi!

Juga bisa diterapkan di HP lain selain Samsung

Ketika ingin mendaftarkan smartphone atau menjualnya secara online, kamu mungkin akan ditanyai soal nomor IMEI. Jika kamu tidak tahu jangan khawatir karena IMEI atau International Mobile Station Equipment Identity merupakan nomor unik yang ada atau terdaftar di setiap HP yang legal.

IMEI bisa sangat berguna jika kamu kehilangan smartphone karena lewat itu, pihak berwajib dapat memblokir IMEI sehingga HP yang dilaporkan tidak bisa mendapat sinyal atau digunakan menelepon. Berikut cara cek IMEI HP Android terutama Samsung.

1. Lewat kode USSD

Cara Cek IMEI HP Samsung, Pastikan HP Kamu Resmi!phonearena.com

Yang pertama jadi cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor IMEI. Bagian terbaik dari metode ini adalah sifatnya yang universal alias bisa diterapkan atau digunakan di semua HP Android.

Caranya sangat mudah yaitu kamu hanya perlu melakukan panggilan atau dial ke *#06#. Jika sudah, tunggu beberapa detik sampai keluar informasi seputar IMEI. Mengingat informasi tersebut tidak bisa di salin lalu di tempel di catatan, untuk menyimpannya bisa dilakukan dengan cara screenshot layar.

Baca Juga: Harga Relatif Tinggi, Ini 7 Alasan Pengguna HP Samsung Sangat Loyal

2. Melalui pengaturan

Cara Cek IMEI HP Samsung, Pastikan HP Kamu Resmi!androidcentral.com

Cara selanjutnya untuk mengecek nomor IMEI adalah via pengaturan. Sama seperti cara sebelumnya, cara juga bisa digunakan di semua HP meski beberapa brand mungkin punya daftar konten di pengaturan yang berbeda.

Namun untuk HP Samsung, kamu hanya perlu ke Pengaturan atau Settings, scroll ke bawah lalu pilih About phone atau Tentang ponsel. Di dalamnya akan langsung ada informasi mengenai IMEI, di samping nomor seri dan nomor model HP kamu. Berbeda dengan cara sebelumnya, lewat pengaturan kamu bisa menyalin nomor IMEI ke clipboard.

3. Tertera di box pembelian

Cara Cek IMEI HP Samsung, Pastikan HP Kamu Resmi!imei.info

Setiap HP baru yang dibeli pasti memiliki box dan biasanya di bagian belakang atau bawah box terdapat informasi seputar jumlah RAM, kapasitas penyimpanan internal hingga fitur-fitur unggulan yang diusung HP terkait. Nah selain info soal spesifikasi dan fitur, juga ada informasi tentang nomor IMEI.

Adanya nomor IMEI di box pembelian juga bisa kamu manfaatkan ketika ingin membeli HP bekas. Caranya tentu dengan mencocokkan apakah nomor IMEI di box sama seperti nomor IMEI yang ada di pengaturan atau di informasi via dial seperti di metode pertama.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa cara cek IMEI Samsung kamu. Mengingat IMEI itu sangat penting, lakukan juga pengecekan ke imei.kemenperin.go.id untuk memastikan bahwa nomor IMEI HP kamu terdaftar secara resmi dan tidak akan bermasalah ke depannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Brand HP Tertua, 11 Keunggulan Samsung dibanding Lainnya

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya