Comscore Tracker

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019

Tidak banyak game baru namun banyak pengumuman yang wow!

Sebagai salah satu event gaming tahunan terbesar di dunia, Gamescom menawarkan banyak sekali hal menarik terutama pengumuman berbagai game baru dan beberapa hal penting lainnya dari industri video game. Gamescom sendiri berlangsung selama lima hari dari tanggal 20-24 Agustus dan diselenggarakan di Koelnmesse, Cologne, Jerman. Mulai dari pengumuman penting tentang game eksklusif Google Stadia hingga cuplikan gameplay dari game paling diantisipasi karya Hideo Kojima, berikut ulasan mengenai game baru dan pengumuman penting lain dari Gamescom 2019.

1. Gears bertemu dengan Spartan

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019dualshockers.com

Microsoft memanfaatkan Gamescom 2019 untuk mengumumkan salah satu cross-over besar dari dua franchise populer mereka yaitu Gears Of War dan Halo. Melalui acara khusus bernama Inside Xbox, Rod Fergusson mengungkap bahwa gamer yang memesan Gears 5 Ultimate Edition, akan mendapatkan skin karakter Halo: Reach untuk digunakan di mode multiplayer Gears 5 itu sendiri. Melihat pasukan Spartan dari Reach melontarkan ratusan peluru kepada segerombolan Locust akan menjadi pemandangan indah, baik bagi fans Gears Of War maupun Halo.

2. PUBG mendapatkan cross-play

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019instant-gaming.com

Setelah Minecraft dan Fortnite yang terlebih dahulu mendapatkan kemampuan untuk dimainkan bersama secara cross-play, kini giliran PUBG. Dalam waktu dekat, gamer PS4 dan Xbox akan bisa bermain PUBG bersama meski platform atau konsol yang mereka miliki berbeda.

Pengumuman ini sangatlah mengejutkan mengingat PUBG merupakan salah satu game eksklusif Xbox One terbesar ketika dirilis dua tahun yang lalu. Dengan popularitas battle-royale yang mulai menurun, ini diharapkan bisa mengangkat kembali tren battle-royale seperti dahulu kala.

3. Ori hadir untuk Nintendo Switch

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019thegamer.com

Rumor yang terus berhembus selama satu tahun terakhir akhirnya menjadi kenyataan. Ori And The Blind Forest resmi masuk ke dalam jajaran game yang bisa dimainkan di Nintendo Switch.

Dalam beberapa hal, Ori memang sangat cocok untuk Switch, terlebih game family friendly dan platformer seperti Ori, lebih pas jika dimainkan di konsol on-the-go seperti Switch. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa di industri video game mulai ‘melunak’ dengan persahabatan dua produsen konsol, Microsoft dan Nintendo, yang bisa saling berbagi game satu sama lain.

Baca Juga: 7 Game Penuh Tipu Daya yang Menjual "Kebohongan", Pernah Jadi Korban?

4. Game baru perpaduan Monster Hunter, Apex Legends dan Destiny

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019epicgames.com

Spec Ops: The Line yang menerima sambutan tidak begitu baik pada tahun 2012, tidak menghentikan langkah Yager Development terus menciptakan video game. Kini setelah bertahun-tahun, mereka siap untuk merilis game multiplayer baru, dengan formula yang berbeda dari game multiplayer kebanyakan.

Bernama The Cycle, Yager berusaha menawarkan game kompetitif baru yang memadukan elemen Monster Hunter, Apex Legends dan Destiny. Menarik untuk melihat game dengan identitas baru dari Yager ini, berkompetisi dengan game multiplayer lain.

5. Stadia umumkan dua game eksklusif

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019wccftech.com

Alih-alih mengesankan konsumen dengan pengumuman fitur atau setidaknya hal baru di Stadia, Google malah membuat presentasi Stadia Connect yang sejujurnya apik, namun kurang akan game eksklusif yang layak. Google mengumumkan bahwa Orcs Must Die 3 dan Gylt akan menjadi game eksklusif yang hanya bisa dimainkan di Stadia.

Sejujurnya, ini langkah yang kurang begitu baik mengingat kedua game tersebut bukanlah game besar yang bisa menarik hati konsumen untuk berlangganan Stadia. Plus, tidak ada jaminan bahwa karir Stadia akan berjalan dengan mulus ketika sudah dirilis nantinya.

6. Xbox Game Pass kembali memberikan kejutan

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019microsoft.com

Microsoft mungkin tidak memiliki banyak game eksklusif luar biasa, namun setidaknya mereka memiliki layanan berlangganan ‘layaknya-Netflix-namun-untuk-game’ yang mengesankan. Di Inside Xbox, Microsoft mengumumkan bahwa bulan ini, Xbox Game Pass akan kedatangan beberapa game baru seperti Devil May Cry V, Kingdom Come: Deliverance, Ape Out, Age Of Empires dan Blair Witch. Di samping itu, sebelumnya Microsoft juga mengungkap bahwa layanan Xbox Game Pass, juga akan tersedia untuk platform di luar Xbox yaitu PC.

7. Death Stranding dan cameo pendiri The Game Awards

Kejutan Death Stranding dan Pengumuman Penting Lain dari Gamescom 2019androidcentral.com

Acara Opening Night Live yang diadakan di awal Gamescom 2019, menampilkan beberapa cuplikan karakter serta gameplay dari salah satu game paling diantisipasi yaitu Death Stranding. Menariknya, pada salah satu cuplikan gameplay, terlihat sang karakter utama yaitu Sam, melintasi kawasan perbukitan untuk mengirimkan paket kepada karakter yang diperankan oleh Geoff Keighley. Bagi yang belum tahu, Geoff Keighley merupakan pendiri The Game Awards (salah satu ajang penghargaan game terbesar), yang saat itu juga menjadi host untuk Opening Night Live.

Itulah tadi sedikit ulasan atau rangkuman dari game baru dan pengumuman penting apa saja yang diumumkan di Gamescom 2019. Dari beberapa game yang diumumkan di atas, mana yang paling kamu tunggu-tunggu?

Baca Juga: Wow, Ini 7 Seleb Dunia yang Tidak Kamu Ketahui Ternyata Gamer Sejati!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You