Comscore Tracker

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi yang pertama tanpa penamaan makanan penutup

Tidak lama lagi, Android 10 akan segera dirilis. Sama seperti versi Android sebelumnya, Android 10 akan dibekali dengan banyak fitur baru – yang beberapa di antaranya berfokus kepada masalah privasi – dan untuk pertama kalinya, menjadi versi Android yang tidak menggunakan nama makanan penutup atau dessert.

Sembari menunggu perilisan Android 10 yang diperkirakan akan meluncur awal bulan depan, ada baiknya untuk menyimak beberapa fakta menariknya di bawah ini. Check it out!

1. Jadi versi Android pertama tanpa nama makanan penutup

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahui9to5google.com

Untuk menandai perjalanan 10 tahun Android, Google memutuskan untuk mengubah branding dari Android itu sendiri. Alih-alih menggunakan nama makanan penutup seperti versi sebelumnya, Android Q hanya akan disebut sebagai Android 10.

Alasan mengapa pola penamaannya diubah menjadi angka saja, karena Google ingin Android nampak lebih sederhana. Meskipun pada akhirnya, ini membuat Android tidak jauh berbeda dari OS lain seperti Windows dan iOS – yang sama-sama menggunakan pola penamaan angka.

2. Total ada 6 public beta sebelum rilis finalnya

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahuicnet.com

Sebelumnya merilis versi finalnya, Google biasanya meluncurkan developer preview atau public beta – bagi mereka yang tertarik untuk mencoba Android 10 terlebih dahulu. Public Beta pertama dirilis pada 13 Maret 2019, diikuti oleh Beta 2 pada 3 April, Beta 3 pada 7 Mei (saat Google I/O 2019), Beta 4 pada 5 Juni, Beta 5 pada 10 Juli dan yang terakhir, Beta 6 pada 7 Agustus. Menariknya, public beta ini hanya tersedia untuk 20 handphone dari 12 brand, seperti Google Pixel Series, Asus Zenfone 5Z, OnePlus 7 Pro dan Oppo Reno.

3. Tombol back yang ikonik resmi dihilangkan

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahuimobilesyrup.com

Tombol back atau kembali, yang telah menjadi tombol navigasi ikonik untuk Android, resmi dihilangkan di Android 10. Melanjutkan format navigasi berbasis gestur yang dibawa oleh Android 9 Pie, Android 10 kini sepenuhnya menggunakan navigasi berbasis gestur.

Dengan ini, Android 10 akan semakin mendekati iOS yang telah terlebih dahulu mengenalkan navigasi berbasis gestur. Google mengatakan bahwa pengembangan navigasi ini ditujukan agar pengalaman menggunakan Android bisa menjadi lebih imersif dan intuitif.

Baca Juga: Google Resmi Umumkan Nama Android Q, Tak Lagi Gunakan Nama Makanan!

4. Miliki mode gelap yang menyeluruh

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahuicnet.com

Akhirnya, setelah penantian yang begitu lama, Google mengonfirmasi bahwa Android 10 akan memiliki mode gelap yang menyeluruh. Sebelumnya, mode gelap Android tidak begitu meluas dengan hanya beberapa bagian saja yang mendapatkan tema gelap.

Mode gelap atau dark mode di Android 10 akan bisa dengan mudah diaktifkan/dinonaktifkan di Quick Settings. Selain itu, Google juga menyebut bahwa mereka telah menciptakan API khusus agar developer bisa dengan mudah mengimplementasikan mode gelap di aplikasi mereka.

5. Opsi tema yang lebih beragam

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahui9to5google.com

Mampu mengkustomisasi handphone dengan sesuka hati menjadi salah satu keunggulan Android, yang pada Android 10, dibuat lebih menarik lagi. Tidak jauh dari dark mode, ini masih seputar tema, di mana Android 10 akan menyediakan warna tema yang lebih beragam.

Ada total 8 warna tema yang bisa dipilih yaitu Blue (default), Black, Green, Purple, Cinnamon, Ocean, Space dan Orchid. Warna tema ini tidak bekerja untuk keseluruhan UI, namun hanya untuk aksen seperti ikon-ikon di Quick Settings dan semacamnya.

6. Dihadiahi dengan fitur Live Caption yang mengesankan

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahuikurio.id

Jika ada penghargaan untuk fitur paling menarik di Android 10, maka Live Caption adalah juaranya. Secara singkat, Live Caption dideskripsikan sebagai fitur di mana Android 10 akan menyediakan caption atau subtitle secara real-time ketika pengguna memutar konten multimedia maupun melakukan panggilan telepon/video.

Menariknya, fitur ini bekerja secara lokal, yang artinya tidak diperlukan koneksi internet apapun untuk menikmatinya. Google berharap jika fitur ini dapat membantu pengguna, terutama mereka yang memiliki masalah pendengaran.

7. Akan berikan dukungan yang lebih baik untuk ponsel lipat

Segera Dirilis, Ini 7 Fakta Menarik Android 10 yang Perlu Kamu Ketahuiandroidauthority.com

Tahun 2019 menjadi tahun di mana handphone lipat akhirnya masuk ke pasar dan Google ikut senang dengan pencapaian tersebut. Bersamaan dengan itu, Google menyebut bahwa Android 10 nantinya akan dioptimalkan sebaik mungkin agar fitur-fitur eksklusif yang ada di hp lipat, bisa bekerja dengan baik.

Hal ini jelas ditujukan secara spesifik bagi para developer, tapi pada akhirnya, Android 10 akan bekerja secara optimal untuk segala jenis lipatan. Pada titik ini, Android 10 menunjukkan dedikasinya untuk berbuat lebih terhadap masa depan hp.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai fakta menarik dari Android 10. Bagaimana dengan kamu? siap untuk menikmati beragam hal menarik yang ditawarkan oleh Android 10?

Baca Juga: Android Melakukan Rebranding Logo, Seperti Apa Perubahannya & Kenapa?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya