Comscore Tracker

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!

Tidak semenarik dan sekeren yang dibayangkan

Banyak orang telah terbiasa dalam memandang Silicon Valley sebagai perwakilan tertinggi dari tatanan baru di dunia korporat. Kawasan elit teknologi yang berbasis di Santa Clara Valley di San Francisco Bay Area ini dikenal untuk kontribusinya dalam menumbuhkan inovasi, keterampilan dan pengetahuan.

Prestasi dari perusahaan besar seperti Google, Facebook dan Apple, bahkan mengubah cara manusia terhubung atau berinteraksi sebagai spesies. Namun, apakah Silicon Valley selalu menjadi tempat impian untuk bekerja? Atau sebenarnya memiliki sisi tak terduga yang tidak diketahui banyak orang?

1. Tidak menginginkan para orang tua

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!ocalaemploymentlawyer.com

Ketika mengutip bahwa “orang muda lebih pintar” CEO Facebook – Mark Zuckerberg secara langsung membicarakan tentang ketidakinginan usia tertentu di Silicon Valley. Banyak startup atau perusahaan besar di Silicon Valley lebih memilih lulusan baru dengan gaji lebih rendah, ketimbang seseorang yang ‘tua’ dan berpengalaman dengan tuntutan gaji yang luar biasa mahal.

Hasilnya? perusahaan-perusahaan yang didominasi oleh para kaum muda berakhir gagal setelah beberapa tahun, karena terlalu memandang rendah pengalaman.

2. Pelecehan seksual terhadap kaum wanita

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!ceotodaymagazine.com

Wanita bisa dibilang merupakan kaum tersulit untuk bekerja di Silicon Valley. Selain dibayar rendah, banyak di antara mereka yang berakhir mendapatkan pelecehan seksual.

Bahkan, sejumlah laporan menyebut bahwa itu berasal dari perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka. Sebuah penelitian dari Elephant In The Valley yang melibatkan lebih dari 200 wanita menemukan kenaikan 60 persen dalam laporan pelecehan seksual, dengan 87 persen di antaranya menyebut bahwa mereka rutin mendapatkan komentar yang tidak pantas dari rekan-rekan pria mereka.

3. Biaya hidup yang tinggi

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!medium.com

Sebagai konsekuensi dari jumlah pencari nafkah yang tinggi di kawasan yang terhitung kecil, harga setiap produk atau layanan yang ada di Silicon Valley melambung naik. Para pekerja secara konsisten seakan didorong untuk hidup di luar batas kemampuan mereka.

Karena efek buruk dari segala sesuatu yang mahal ini, banyak pekerja yang akhirnya memutuskan untuk bekerja melebihi kapasitas mereka. Ini serta merta dilakukan agar perusahaan tempat mereka bekerja tidak mengalami kegagalan dan mereka bisa dibayar untuk hidup yang layak.

Baca Juga: 10 Prediksi Teknologi Film Back to the Future II yang Jadi Kenyataan

4. Budaya egosentris

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!cnet.com

Tokoh-tokoh besar seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs dan Bill Gates selalu percaya bahwa hanya diri mereka sendiri lah yang layak untuk menilai tingkat inovasi atau keburukan dari suatu produk yang mereka sendiri ciptakan. Singkatnya, mereka tidak menerima kritik yang diberikan oleh orang lain, entah itu klien atau investor, dan memilih untuk tetap berpegang teguh dengan pemikiran mereka. Dalam artian yang lebih praktis, ini adalah landasan egoisme yang sama sekali tidak bijak, namun anehnya menghasilkan keberhasilan.  

5. Konsekuensi dari lahirnya depresi

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!rd.com

Ini menjadi salah satu konsekuensi paling menyedihkan akibat dari tekanan yang luar biasa tinggi di industri teknologi. Taruhannya sangatlah tinggi dan lebih dari 90 persen startup gagal dalam beberapa tahun.

Para pekerja di Silicon Valley sendiri bekerja lebih dari 100 jam per minggu dan mengorbankan waktu untuk teman dan keluarga demi menghindari kegagalan dari perusahaan tempat mereka bekerja. Tekanan konstan ini pada akhirnya berdampak pada kesehatan mental mereka dan melahirkan yang namanya depresi.

6. Hilangnya waktu dengan keluarga

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!opais.net

Tekanan tinggi, tingkat kegagalan tidak seperti industri lainnya dan biaya hidup yang tinggi menjadi beberapa faktor tentang bagaimana sulitnya menjaga keseimbangan antara kehidupan personal dengan kewajiban profesional. Silicon Valley telah menjadi tempat di mana kebebasan untuk hidup secara normal seakan diminimalkan. Para pekerja di Silicon Valley seakan dibuat untuk selalu ada di kantor, melakukan pekerjaan yang tiada henti dan berakhir hanya memiliki sedikit atau tidak sama sekali waktu untuk keluarga.

7. Nilai keberagaman yang tidak masuk akal

7 Fakta Tak Terduga dari Silicon Valley Ini Dijamin Bikin Tercengang!wired.com

Yang terakhir ini bisa dikatakan merupakan salah satu rahasia gelap dari Silicon Valley. Berlokasi di kawasan dengan populasi yang sangat beragam, Silicon Valley harusnya juga dihuni oleh para elit-elit dari beragam ras dan budaya.

Namun yang terjadi adalah, Silicon Valley ‘dikuasai’ oleh orang kulit putih saja. Tentu ini terlihat aneh dan tidak masuk akal, mengingat perkembangan tempat ini datang dari berbagai industri yang sangat mengagung-agungkan perubahan dunia melalui proses. Ini seakan menyalahi apa yang dipercaya, dengan apa yang benar-benar terjadi.

Itulah tadi beberapa fakta tak terduga dari salah satu kawasan elit terkemuka di dunia, Silicon Valley. Bagaimana dengan kalian? masih menetapkan Silicon Valley sebagai tempat bekerja impian setelah mengetahui fakta-fakta di atas?

Baca Juga: Cocok Buat Kamu yang LDR-an, 7 Teknologi Ini Bisa Bantu Melepas Rindu!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You