Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahui

Twitter sendiri didirikan pada tahun 2006

Bersama dengan Facebook dan Instagram, Twitter menjadi salah satu media sosial paling populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai 300 juta setiap bulannya. Sementara banyak pengguna tahu perihal fakta-fakta umum seperti batasan 280 karakter ketika membuat tweet dan tidak adanya opsi edit tweet, terdapat sejumlah fakta menarik yang tidak banyak penggunanya ketahui. Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 fakta menarik Twitter yang jarang diketahui banyak orang.

1. Sekitar 350 ribu tweet diposting setiap menitnya

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuiknowyourmeme.com

Setiap menitnya, rata-rata ada sekitar 350 ribu tweet baru yang diposting oleh pengguna di Twitter. Jika diakumulasikan dalam satu hari, itu berarti ada lebih dari 500 juta tweet yang dikirim per harinya di Twitter.

Meski terlihat sangat banyak, jika dibandingkan raksasa media sosial lain yaitu Facebook, Twitter terbilang masih kalah jauh. Media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu rata-rata “menciptakan” 3 juta postingan per menitnya. Itu berarti 10 kali lebih banyak dari Twitter.

2. “FriendStalker” hampir jadi nama resmi Twitter

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuitechcrunch.com

Sebelum “Twitter”, Twitter sempat memiliki nama awal – meski hanya sekadar gagasan – yaitu “FriendStalker”. Nama itu digagas oleh salah satu co-founder Twitter yaitu Evan Williams.

Meski tidak sesederhana dan semenarik Twitter, nama FriendStalker terbilang masuk akal mengingat Twitter sendiri memungkinkan pengguna untuk “stalking” teman atau pengguna lainnya melalui linimasa yang dimiliki masing-masing. Namun pada akhirnya, co-founder lainnya – Noah Glass memiliki Twitter setelah mencari referensi dari kamus untuk kata yang mirip “Twitch”.

3. Hashtag pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuichristianlauersen.net

Chris Messina merupakan orang yang bertanggung jawab dalam memperkenalkan “hashtag” kepada dunia. Hashtag dirancang untuk membantu pengguna terhubung ke tema atau topik tertentu.

Pada awalnya, hashtag sempat diragukan bakal populer di kalangan pengguna Twitter karena dianggap “terlalu teknis”. Namun tidak seperti yang dikhawatirkan sebelumnya, hashtag kini justru tidak hanya digunakan di Twitter saja, namun juga diperluas ke media sosial lain seperti Facebook, Snapchat, Instagram dan banyak lagi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Avatar, Coba yuk

4. Maskot burung biru milik Twitter bernama Larry

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuitechcrunch.com

Logo atau maskot yang saat ini digunakan Twitter adalah burung berwarna biru. Maka sama seperti kebanyakan maskot, burung biru itu juga memiliki nama yaitu Larry.

Akan tetapi, terlepas dari fakta bahwa Twitter telah ada sejak tahun 2006, nama Larry belum sepenuhnya dikonfirmasi hingga awal tahun 2012 silam. Konfirmasi perihal nama maskot dari Twitter dikonfirmasikan melalui tweet dari salah satu orang kunci di Twitter – Ryan Sarver.

5. Barack Obama jadi pengguna dengan pengikut terbanyak

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuinpr.org

Justin Bieber, Katy Perry dan Rihanna merupakan tiga dari lima pengguna Twitter dengan jumlah pengikut terbanyak. Masing-masing berada di posisi 2,3 dan 4 dengan posisi 1 diduduki oleh mantan presiden Amerika Serikat yang juga pernah mengenyam Pendidikan di Indonesia – Barack Obama.

Obama bergabung ke Twitter pada Maret 2007 dan ketika artikel ini ditulis, pria kelahiran tahun 1961 itu memiliki 129 juta pengikut. Sebagai perbandingan, Justin Bieber yang berada di posisi 2, kalah sekitar 15 juta pengikut dengan total memiliki 114 pengikut saja.

6. Tweet pertama diposting pada 21 Maret 2006

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuiknowtechie.com

Jack Dorsey, salah satu co-founder Twitter, merupakan orang pertama yang membuat tweet di media sosial buatannya. Kala itu, tren menghapus huruf vokal guna mempersingkat kata menjadi sesuatu yang ramai digunakan di Dorsey jadi salah satu yang mengikuti tren.

Dorsey memposting tweet pertama pada 22 Maret 2006 dan menuliskan “just setting up my twttr”. Twitter sendiri baru benar-benar aktif ke publik 15 Juli 2006 alias 115 hari setelah Dorsey membuat tweet pertama. Pada Maret kemarin, Dorsey menjual tweet pertama itu sebagai NFT seharga US$2,9 juta atau sekitar Rp41 miliar.

7. Ellen DeGeneres bertanggung jawab untuk tweet dengan retweet terbanyak

7 Fakta Menarik Twitter yang Jarang Orang Ketahuihollywoodreporter.com

Pada acara Academy Award atau Oscars di tahun 2014, salah satu host televisi terkenal – Ellen DeGeneres mengambil foto selfie yang tidak ia ketahui nantinya bakal menjadi tweet dengan retweet terbanyak. Hingga artikel ini ditulis, telah ada lebih dari 2,9 juta pengguna yang me-retweet foto selfie itu.

Bukan foto selfie biasa, foto selfie itu berisi beberapa aktor dan aktris papan atas seperti Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Meryl Streep dan Brad Pitt. Foto selfie itu sangatlah populer dengan beberapa orang banyak mencoba menirukannya dan mempostingnya di media sosial masing-masing.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa fakta menarik Twitter yang jarang diketahui banyak orang. Untuk kamu sendiri, apakah kamu termasuk pengguna aktif Twitter?

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Tes Kecepatan Internet di Android

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya