Comscore Tracker

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11

Pada setuju gak nih?

Android 10 telah dikirim ke sejumlah HP di luar sana, dan sekarang sudah diinstal di hampir setiap HP terbaru. Sementara itu, penerusnya yaitu Android 11, beberapa hari yang lalu, baru saja menerima developer preview kedua.

Meski Android 10 terbilang cukup baik dalam memberikan fitur-fitur terbaru, namun masih ada banyak hal baru lain yang ingin dilihat di Android 11. Fungsionalitas yang lebih lengkap menjadi yang utama, diikuti oleh optimalisasi yang lebih baik dari versi sebelumnya. Baiklah tanpa perlu basa-basi lebih panjang lagi, berikut 7 fitur baru yang ingin penggemar lihat di Android 11.

1. Mode baterai baru

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11androidauthority.com

Google telah menawarkan Doze (fitur hemat baterai yang muncul pertama kali di Android N) dan mode penghemat baterai lain di Android. Tidak ada keraguan bahwa mode-mode tersebut telah membantu banyak pengguna mendapatkan sedikit daya tahan dari HP mereka.

Namun, daya tahan baterai Pixel 4 yang sedang-sedang saja menunjukkan bahwa itu terkadang tidak cukup dalam beberapa situasi. Karenanya, akan lebih baik apabila Android 11 membawa lebih banyak mode baterai baru, seperti mode Ultra Power Saving dari Samsung.

2. Lebih banyak opsi screenshot

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 119to5google.com

Salah satu fitur besar yang hilang dari Android versi stock adalah fitur mengambil screenshot panjang dari halaman situs atau percakapan. Parahnya lagi, Google terbilang lambat karena fitur ini sekarang telah tersedia di hampir semua UI seperti OneUI (Samsung), ColorOS (Oppo) dan MIUI (Xiaomi).

Selain kemampuan mengambil screenshot panjang, Android 11 juga diinginkan agar seperti Realme UI, memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil screenshot dengan ukuran kustom. Semoga selain screenshot panjang, Google juga membawa fitur screenshot keren ini.

3. Mode game

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11androidpit.com

Samsung mempelopori mode game dan alat pendukung lain, yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan hal seperti mengubah resolusi dan mengambil rekaman layar ketika bermain game. Mode ini kini mulai hadir di lebih banyak UI dan HP-HP yang memang dikhususkan untuk gaming.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Google mengikuti langkah yang sama yaitu membawa mode game ke Android 11. Diharapkan, mode tersebut dapat meningkatkan kenyamanan bermain game pengguna dengan kemampuan seperti tweak performa, menonaktifkan notifikasi dan screenshot.  

Baca Juga: Android Stock, Android One dan Android Go Apa Bedanya? Ketahui di Sini

4. Fitur privasi yang lebih lengkap

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11androidauthority.com

Meski Android 10 telah menghadirkan beberapa fitur privasi yang lebih baik, penggemar tetap menginginkan fitur privasi yang lebih sempurna lagi di Android 11. Google mungkin bisa memasukkan fitur Personal Information Protection (milik Oppo dan Realme), yang pada dasarnya akan meng-input data kosong ke aplikasi yang meminta hal-hal seperti daftar kontak, log panggilan dan akses pesan. Atau mungkin, Google bisa meniru Apple dengan membuat fitur seperti Hide My Email yang dapat menghasilkan alamat email unik untuk kemudian diteruskan ke alamat email asli pengguna.

5. Mode desktop

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11cnet.com

Mode desktop merupakan fitur yang sebelumnya diniatkan untuk hadir di Android 10, namun berakhir disembunyikan dari pengguna di perilisan finalnya. Sama seperti mode game, ini juga menjadi salah satu fitur yang ingin penggemar lihat di Android 11, setelah brand lain seperti Huawei dan Samsung telah membawanya ke UI masing-masing terlebih dahulu.

Bagi yang belum tahu, mode desktop memungkinkan pengguna untuk menggunakan HP mereka di layar yang lebih besar. Tentu, UI yang ditampilkan akan berbeda dengan UI yang ada di HP.

6. Pengisian daya yang dioptimalisasi

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11techradar.com

Asus jadi yang pertama yang memperkenalkan solusi pengisian daya optimal pada Zenfone 5Z di tahun 2018. Pada dasarnya, ini menggunakan kebiasaan pengisian daya di masa lalu untuk menyesuaikan tingkat pengisian di masa sekarang. Praktik ini menguntungkan karena baterai jadi tidak bisa cepat rusak.

Setelah Asus, Apple dan OnePlus mulai menawarkan solusi serupa dan Google diharapkan untuk mengikuti langkah ketiganya di Android 11. Dengan ini, brand lain jadi tidak perlu bekerja keras menemukan solusi optimalisasi dan lebih berfokus kepada daya tahan baterai.

7. Pengganti Android Beam

Mode Game dan 6 Fitur Baru Lain yang Diinginkan User di Android 11techcrucial.com

Salah satu hal terbaik yang dimiliki perangkat dari Apple terutama iPhone adalah AirDrop, yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi file secara lokal ke perangkat lain. Google sebenarnya pernah punya fitur serupa bernama Android Beam, namun sayangnya itu telah lama mati.

Android 10 faktanya sempat menggoda pengguna dengan fitur bernama Fast Share/Nearby Sharing, yang sama seperti Android Beam, memanfaatkan Bluetooth dan koneksi Wi-Fi untuk mengirim file. Sayangnya, fitur tersebut tidak masuk ke versi final Android 10, sehingga sangat diharapkan untuk menemukan jalannya di Android 11.

Itulah tadi sekilas info mengenai fitur-fitur baru yang ingin penggemar lihat di Android 11. Selain 7 fitur di atas, fitur apa lagi yang kamu inginkan hadir di Android 11?

Baca Juga: Dirilis Mei 2020, Ini Bocoran Terbaru Android 11 Developer Preview 2!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya