Comscore Tracker

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur 

Diumumkan Apple di WWDC 2020 akhir bulan Juni

Pada WWDC tahunan yang berlangsung beberapa minggu yang lalu (22-26 Juni 2020), Apple meluncurkan versi terbaru MacOS yaitu Big Sur (juga dikenal sebagai MacOS 11). Selain akan menjadi versi MacOS pertama yang berjalan di Mac berbasis Arm, Big Sur juga akan tetap bisa berjalan di Mac berbasis Intel.

Dan sama seperti sebelum-sebelumnya, Big Sur juga hadir dengan segudang fitur baru nan menarik untuk user-experience yang tentunya lebih baik. Nah, sembari menunggu perilisan resminya yang dijadwalkan pada musim gugur tahun ini, berikut IDN Times telah rangkum ulasan mengenai 7 fitur baru paling menarik yang diusung MacOS Big Sur.

1. Desain UI

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur fossbytes.com

Yang pertama sekaligus yang paling kentara adalah desain UI atau user-interface yang kini nampak sedikit berbeda. Apple melakukan perubahan besar pada UI MacOS Big Sur dengan palet warna dan desain ikon yang mirip dengan apa yang ada di iOS dan iPadOS.

Gaya desain yang diusung pada Big Sur jauh lebih sederhana dengan efek transparan mendominasi di semua bagian. Dan sama seperti dua sistem operasi ‘saudaranya’, Big Sur kini memiliki control center baru di pojok kanan toolbar di mana pengguna bisa menemukan pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, Do Not Disturb dan banyak lagi.

2. Safari

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur theverge.com

Bisa dibilang peningkatan terbesar pada MacOS Big Sur hadir dalam Safari. Apple menyebut jika ini merupakan update terbesar Safari semenjak diluncurkan pada tahun 2003.

Dengan perombakan besar-besaran, kini Safari dapat memuat situs yang paling sering dikunjungi dengan lebih cepat dan memiliki kemampuan manajemen tab yang sangat baik. Selain itu, terdapat pula fitur privasi baru berupa tombol laporan untuk melihat bagaimana sebuah situs melacak data pengguna dan memantau apakah password pengguna digunakan untuk pelanggaran keamanan.

3. Messages

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur iphonehacks.com

Tidak hanya Safari, aplikasi perpesanan bawaan yaitu Messages juga mendapatkan sejumlah pembaruan di MacOS Big Sur. Menariknya, salah satu fitur baru itu adalah menyematkan percakapan yang juga Apple bawa pada versi OS mobile terbaru mereka – iOS 14.

Untuk yang lain, Messages baru pada Big Sur juga menghadirkan fungsi pencarian baru yang dirancang ulang bersama dengan beberapa fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur grup perpesanan (seperti hanya akan mendapatkan notifikasi ketika nama di-mention), mendesain Memoji dan menggunakan pesan dengan efek.

Baca Juga: iPad Pro Bisa Dijadikan Display macOS Lho, Kamu Cuma Butuh 5 Hal Ini

4. Maps

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur macworld.com

Selanjutnya adalah Maps, aplikasi yang juga tidak kalah penting dari Safari maupun Messages. Sama seperti yang Apple lakukan pada Messages, pembaruan Maps pada MacOS Big Sur mengikuti apa yang juga mereka lakukan pada Maps di iOS 14.

Lebih lengkapnya, Maps kini memiliki lebih banyak pilihan untuk membantu pengguna mengeksplorasi tempat baru, melihat kondisi indoor (yang sangat detail) dari bandara dan pusat perbelanjaan besar serta mendapatkan sudut pandang 360 derajat dari tempat tujuan lewat fitur yang dinamakan Look Around.

5. Widgets

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur 9to5mac.com

Apple nampaknya tengah berusaha membuat semua sistem operasi mereka mulai dari iOS, iPadOS hingga MacOS, memiliki identitas yang sama. Buktinya, seperti iOS 14 dan iPadOS 14, MacOS Big Sur juga membawa widget ke home screen pengguna.

Sebelumnya, Apple sempat menghadirkan widget pada MacOS (kala itu bernama Dashboard), sebelum akhirnya dihapus pada MacOS Catalina yang rilis tahun lalu. Bagi yang belum tahu, widget merupakan ‘perwakilan’ dari sebuah aplikasi seperti cuaca yang menampilkan informasi dari aplikasi terkait secara langsung atau real-time.

6. Aplikasi iPhone dan iPad

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur macrumors.com

Bagi mereka yang membeli Mac terbaru dengan chip berbasis Arm (yang baru akan dirilis akhir tahun ini), maka mereka akan mendapatkan salah satu fitur yang sejak lama dinantikan di MacOS. Yup, fitur yang dimaksud adalah ‘emulator resmi’ alias kemampuan untuk menjalankan aplikasi iPhone dan iPad secara native.

Belum diketahui apakah fitur ini dapat digunakan di MacOS sebelum Big Sur, namun yang pasti ini akan menjadi salah satu fitur unggulan Big Sur. Lebih lanjut, Apple mengatakan bahwa aplikasi yang sudah dibeli di iOS dan iPadOS, tidak perlu dibeli lagi jika ingin dipasang di MacOS.

7. Peningkatan lain

7 Fitur Terbaru Paling Menarik yang Diusung MacOS Big Sur tomsguide.com

Selain peningkatan besar, Apple juga melakukan sejumlah peningkatan kecil namun bermanfaat pada MacOS Big Sur. Beberapa di antaranya seperti AirPods yang kini akan secara otomatis beralih di antara perangkat Apple yang menggunakan akun iCloud yang sama dan pengisian daya baterai yang dioptimalkan untuk menghemat kesehatan baterai. Di samping itu, ada pula aplikasi Photos yang kini bisa dinavigasikan dengan lebih mudah dan aplikasi Weather yang akan menampilkan prakiraan curah hujan menit demi menit dalam satu jam ke depan.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa fitur baru paling menarik yang diusung MacOS Big Sur. Apple rencananya akan merilis Big Sur di kisaran bulan September dan Oktober untuk MacBook (2015 ke atas), MacBook Air (2013 ke atas), MacBook Pro (akhir 2013 ke atas), Mac Mini (2014 ke atas), iMac (2014 ke atas), iMac Pro (2017 ke atas) dan Mac Pro (2013 ke atas). 

Baca Juga: Dear Writer, Ini 7 Software Terbaik untukmu di iOS dan MacOS

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya