Comscore Tracker

Google Resmi Umumkan Nama Android Q, Tak Lagi Gunakan Nama Makanan!

Selain itu, Google juga umumkan logo baru untuk Android

Kamis kemarin, Google memberikan pengumuman mengejutkan terkait versi sistem operasi mobile terbaru mereka, Android Q. Pengumuman ini bukan mengenai tanggal rilis resminya, melainkan penamaan dari Android Q itu sendiri.

Setelah memulai penggunaan nama-nama makanan pencuci mulut sejak Android 1.5 (Cupcake), kini terhitung sejak Android Q, Google secara resmi akan membuang gaya penamaan itu. Kalau begitu, nama apa yang dibawa oleh Android Q?

1. Nama resmi Android Q

Google Resmi Umumkan Nama Android Q, Tak Lagi Gunakan Nama Makanan!medium.com

Dengan membuang gaya penamaan makanan pencuci mulut atau dessert yang telah mereka gunakan selama bertahun-tahun, Google menyederhanakan nama setiap versi Android dengan nomor versinya saja. Jadi, Android Q hanya akan bernama Android 10. Sebelumnya, Google dikenal selalu menggunakan nama makanan penutup seperti di di Android 9.0, mereka menggunakan Pie. Sebelum itu juga ada Oreo untuk Android 8.0 dan Nougat untuk Android 7.0

2. Alasan mengapa tidak lagi menggunakan penamaan makanan

Google Resmi Umumkan Nama Android Q, Tak Lagi Gunakan Nama Makanan!gadgets.ndtv.com

Melalui wakil presiden manajemen produk untuk Android – Sameer Samat, Google menjelaskan bahwa alasan di balik penyederhanaan nama ini adalah agar Android bisa memiliki nama yang lebih jelas dan lebih terhubung atau ‘relatable’ dengan para pengguna di seluruh dunia. Selain itu, perubahan ini juga diharapkan dapat membuat Android jadi lebih sederhana dan intuitif bagi para komunitas global dari Android itu sendiri.

Baca Juga: 7 Fitur Android Q Terbaru Ini Buatnya Jadi OS yang Lebih Menyenangkan!

3. Android juga dapatkan logo baru

Google Resmi Umumkan Nama Android Q, Tak Lagi Gunakan Nama Makanan!pcworld.com

Bersamaan dengan pengumuman penyederhanaan Android Q, Google juga memberikan pembaruan terhadap logo dari Android. Google mengatakan bahwa pembaruan ini akan memberikan Android penampilan yang lebih modern dan mudah diakses oleh semua orang.

Seperti yang bisa dilihat di atas, logo baru tersebut menempatkan tulisan “Android” dengan sejajar di samping kepala robot Android, setelah sebelumnya ditempatkan di bawah dengan menumpuk. Ini bisa saja merupakan awal bagi lebih banyak pembaruan Android di masa mendatang.

4. Sedikit tentang Android 10

Google Resmi Umumkan Nama Android Q, Tak Lagi Gunakan Nama Makanan!theverge.com

Google pertama kali merilis versi preview untuk Android 10 pada Maret lalu, diikuti dengan pengumuman lebih banyak fitur-fiturnya pada Mei di I/O 2019. Salah satu nilai jual utama yang diberikan Google untuk Android Q adalah pendekatan baru untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi. Di samping itu, Android 10 juga akan dilengkapi dengan dukungan untuk smartphone lipat, peluncuran aplikasi yang lebih cepat dan navigasi berbasis gestur yang baru.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai nama resmi dari Android Q. Bagaimana dengan kamu? setuju dengan penamaan yang lebih sederhana ini atau lebih suka dengan penamaan berdasarkan makanan?

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Di-charge, Gampang Kok!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya