Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemot

Wajib banget dihindari nih

HP yang baru dibeli umumnya masih responsif dan menunjukkan performa terbaiknya. Namun seiring berjalannya waktu, HP yang awalnya gesit perlahan mulai lemot dan tak lagi responsif.

Performa yang menurun semacam itu disebabkan oleh banyak alasan, dan sebagian besar di antaranya dikarenakan kebiasaan buruk penggunanya. Mulai dari menginstal terlalu banyak aplikasi hingga jarang memperbarui sistem operasi ke versi terbaru, berikut 7 kebiasaan buruk yang malah membuat HP kamu jadi makin lemot.

1. Menginstal terlalu banyak aplikasi

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi banyak aplikasi terinstal di Android (androidauthority.com)

Menginstal terlalu banyak aplikasi menjadi salah satu faktor terbesar mengapa HP menjadi lemot. Aplikasi memerlukan RAM dan penyimpanan untuk bisa berjalan sehingga semakin banyak aplikasi yang terinstal, maka akan ada lebih banyak proses latar belakang yang berjalan, dan karenanya kinerja keseluruhan HP akan menjadi berat.

Selain lemot, menginstal banyak aplikasi juga bisa membuat baterai HP cepat habis. Tips mudah untuk mengatasi permasalahan ini tentu adalah dengan membatasi jumlah aplikasi yang terinstal atau menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

2. Menggunakan aplikasi versi “berat”

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi aplikasi berat seperti Facebook di Android (androidauthority.com)

Tidak semua aplikasi sama, dengan beberapa di antaranya menuntut performa mumpuni untuk bisa berjalan dengan lancar. Alhasil jika dipaksakan, aplikasi-aplikasi tersebut dapat membuat HP jadi lemot. Umumnya, aplikasi semacam itu adalah game online atau versi “berat” dari aplikasi populer seperti Facebook, Snapchat dan Messenger.

Mengapa disebut versi berat? Sebab aplikasi-aplikasi tersebut memiliki versi ringan yang tidak menuntut kinerja tinggi, tapi di sisi lain juga masih dibekali dengan fitur-fitur utama dari versi beratnya. Jika HP kamu punya spesifikasi minim atau RAM rendah disarankan untuk menggunakan aplikasi versi ringan atau Lite itu saja.

3. Jarang memperbarui sistem operasi ke versi terbaru

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi update sistem operasi Android (techadvisor.com)

Memperbarui sistem operasi ke versi terbaru sangatlah penting untuk memastikan bahwa HP kamu dapat bekerja dengan maksimal. Selain itu, pembaruan sistem operasi juga biasanya datang dengan patch untuk memperbaiki bug atau masalah yang membuat HP menjadi lemot, di samping update sistem keamanan untuk membuat HP jadi lebih “kebal” terhadap serangan virus atau malware.

Untuk melihat apakah sistem operasi kamu telah versi yang terbaru, langsung saja pergi ke Settings > Software update, lalu cek apakah sudah versi terbaru. Jika belum, segera perbarui dan disarankan untuk menggunakan koneksi Wi-Fi agar lebih stabil dan hemat kuota.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Di-charge, Gampang Kok!

4. Mengabaikan penyimpanan yang sisa sedikit

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi penyimpanan hampir penuh di Android (blogtechtips.com)

Sebagian besar HP saat ini telah dibekali dengan penyimpanan setidaknya 64GB hingga 512GB. Itu angka yang terhitung besar dan dapat menyimpan banyak file mulai dari ribuan foto, ratusan video hingga mungkin puluhan aplikasi.

Namun meski cukup, tidak disarankan untuk membuat penyimpanan HP penuh atau sisa sedikit. Sebab, penyimpanan yang hampir penuh dapat berpengaruh terhadap keseluruhan kinerja, yang berujung pada performa HP yang lemot.

Cara mengatasinya bisa dengan memindahkan sebagian besar file ke penyimpanan tambahan seperti microSD. Jika penyimpanan penuh bukan karena file melainkan karena file-file sampah seperti cache, kamu bisa membersihkan langsung lewat aplikasi seperti CCleaner atau Files by Google.

5. Layar utama penuh dengan widget

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi widget pada Android (mobilesyrup.com)

Meski nampak seperti tidak ada kaitannya, namun layar utama yang penuh dengan widget pada faktanya dapat mempengaruhi performa HP. Meski dampak yang diberikan tidak sesignifikan menginstal banyak aplikasi dan penyimpanan yang sisa sedikit, namun tetap faktor ini dapat membuat HP kamu jadi lemot.

Layar utama atau home screen yang padat akan widget mengkonsumsi banyak RAM yang kemudian berpengaruh pada aktivitas seperti multitasking atau menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Membuat layar utama simpel tanpa ada banyak widget jadi cara terbaik agar performa HP jadi lebih maksimal.

6. Tidak me-restart HP secara berkala

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi restart pada Android (androidauthority.com)

Sama seperti poin sebelumnya, tidak me-restart HP secara berkala bukan jadi faktor terbesar mengapa HP bisa lemot, namun hal ini tetap layak untuk diperhatikan. Sama seperti manusia, HP juga butuh “refreshing” di mana untuk melakukannya kamu tidak perlu mengajaknya jalan-jalan melainkan hanya dengan melakukan restart.

Lemot sendiri pada umumnya disebabkan karena HP itu sendiri merasa “capek” dan butuh istirahat. Selain hanya sekedar melakukan restart secara berkala setidaknya satu minggu sekali, untuk lebih maksimal lagi, kamu juga bisa melakukan reset pabrik agar HP terasa lebih lancar seperti ketika pertama kali dibeli.

7. Memakai aplikasi task killer

7 Kebiasaan Buruk Penyebab HP Android Kamu Jadi Lemotilustrasi aplikasi task killer (tweaklibrary.com)

Task killer merupakan jenis aplikasi yang populer karena diklaim dapat meningkatkan performa dengan cara mematikan sejumlah proses latar belakang yang sedang berjalan sehingga sisa RAM yang tidak terpakai menjadi lebih besar. Jika kamu tergiur dengan iming-iming itu, disarankan untuk berhenti tergiur karena pada faktanya, Android secara otomatis akan mematikan proses latar belakang sedang berjalan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Alih-alih membuat HP jadi makin lancar, menggunakan aplikasi task killer justru dapat membuat kinerja HP menurun dan akhirnya menjadi lemot.

Demikian tadi ulasan mengenai beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat HP menjadi lemot. Jika menghindari kebiasaan-kebiasaan tidak berpengaruh dan HP-mu tetap lemot maka mungkin sudah saatnya bagi kamu untuk membeli HP yang baru.

Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Solusinya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya