Comscore Tracker

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photos

Dukungan unlimited Google Photos akan dihentikan tahun depan

Sungguh disayangkan, penyimpanan unlimited yang ditawarkan Google Photos akan berakhir pada Juni 2021 mendatang. Dengan itu, semua foto yang pengguna upload akan dihitung sebagai bagian dari penyimpanan gratis Google Drive yang notabene hanya 15GB.

Itu artinya, pengguna hanya punya waktu beberapa bulan saja untuk menikmati layanan penyimpanan foto dari Google itu secara cuma-cuma. Untungnya di luar sana, masih ada beberapa alternatif seperti Google Photos yang menawarkan tempat untuk menyimpan foto secara gratis. Berikut 7 di antaranya yang bisa dicoba.

1. Amazon Photos

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photostechradar.com

Bagi yang mereka yang ingin mencari pengganti yang juga unlimited, Amazon Photos jadi opsi sempurna. Lebih baiknya lagi, ini sudah termasuk ke dalam paket Amazon Prime.

Selain foto, pengguna juga bisa menyimpan video dan file lain di penyimpanan berbasis cloud ini, namun dibatasi 5GB saja untuk versi gratis. Sama seperti Google Photos, Amazon Photos juga memungkinkan pengguna untuk menyimpanan foto di kualitas original dan secara otomatis disinkronisasikan, untuk kemudian bisa dibagikan kepada anggota lain yang juga terdaftar di paket langganan yang sama.

2. Dropbox

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photosstuff.co.za

Dropbox merupakan salah satu layanan penyimpanan populer, yang juga bisa digunakan layaknya Google Photos. Pengguna bisa mensinkronisasikan semua foto di HP secara otomatis melalui layanan ini.

Dropbox juga jadi satu dari sedikit layanan penyimpanan yang punya integrasi terlengkap dengan layanan pihak ketiga. Namun, versi gratis dari layanan terbatas. Pengguna hanya mendapat 2GB dan biaya untuk memperluas kapasitas tergolong lebih mahal dari yang lainnya. Meskipun begitu, ini menawarkan keamanan yang baik dan fitur-fitur lengkap.

3. OneDrive

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photosonedrive.live.com

Selanjutnya adalah alternatif dari raksasa besar lain yaitu Microsoft. OneDrive merupakan layanan penyimpanan yang kerap kali dipilih untuk bisnis (karena integrasi dengan aplikasi Office), namun juga bisa dipakai sebagai pengganti Google Photos. Pengguna bisa mengunduh aplikasinya di HP dan OneDrive secara otomatis akan mensinkronisasikan foto yang ada ke cloud.

OneDrive bahkan punya galeri dengan fitur tag untuk memudahkan ketika ingin mencari gambar. Sama seperti Dropbox, ini terbatas dengan versi gratisnya hanya memberi pengguna 5GB saja.

Baca Juga: Tanpa Sadar, 7 Aktivitasmu di Internet Ini Menambah Uang Google

4. Mega

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photosprnewswire.com

Mega merupakan layanan penyimpanan dengan cara kerja serupa seperti Dropbox, Google Drive dan OneDrive. Bedanya, Mega menawarkan penyimpanan gratis lebih besar yaitu 50GB. Itu 35GB lebih besar dari yang Google Drive tawarkan. Jika 50GB masih kurang, selalu ada opsi untuk menambah kapasitas hingga 2TB.

Mega sendiri memiliki UI yang bersih dan mudah untuk dinavigasikan. Aplikasinya juga tersedia di platform mobile seperti Android dan meski masih ada beberapa masalah hingga kini, Mega masih jadi alternatif solid dan terjangkau untuk menyimpan foto secara gratis.

5. Flickr

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photostheverge.com

Flickr merupakan layanan penyimpanan foto yang target utamanya adalah para profesional atau fotografer amatir yang ingin mencari tempat untuk menyimpan dan berbagi foto berkualitas tinggi. Tapi di luar itu, Flickr juga bisa digunakan oleh pengguna biasa.

Flickr menawarkan fitur auto-syncing untuk semua foto pengguna, atau upload individual bagi mereka yang hanya ingin menyimpan beberapa foto saja. Versi gratisnya dulu menawarkan penyimpanan hingga 1TB, namun kini jadi lebih terbatas dengan pengguna hanya bisa menyimpan 1,000 foto saja.

6. iCloud

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photospasha4ur.org.ua

Bagi mereka pengguna iPhone yang ingin mencari alternatif Google Photos, tidak ada yang lain sebaik iCloud. Pada dasarnya ini adalah Google Drive untuk perangkat Apple, yang juga punya layanan penyimpanan foto bernama iCloud Photos.

Sama seperti Google Photos, iCloud Photos juga menyimpan foto di cloud secara aman, untuk diakses di hampir semua perangkat. Pengguna gratis akan mendapat penyimpanan 5GB, namun ada opsi untuk menambahkan kapasitas hingga 2TB. Sayangnya, iCloud sejauh ini hanya bisa diakses di perangkat Apple alias belum ada dukungan resmi untuk Android.

7. Plex

7 Layanan Penyimpanan Foto Terbaik Alternatif Google Photostechrounder.com

Plex merupakan media server yang bisa diinstal di PC atau Mac untuk mengatur file media pengguna. Banyak orang menggunakan Plex untuk film, namun aplikasinya di Android juga memiliki opsi untuk mencadangkan foto.

Berbeda dengan kebanyakan layanan di daftar ini, Plex menyimpan foto di penyimpanan milik pengguna yang ada di PC atau Mac. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu bingung dengan sistem langganan atau merogoh kocek per bulannya untuk penyimpanan yang lebih besar. Ini solusi yang agak berbeda namun layak dicoba.

Itulah tadi sedikit ulasan sekaligus rekomendasi layanan penyimpanan foto terbaik alternatif Google Photos. Punya alternatif lain? Langsung saja tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: Google Memilih, 7 Aplikasi Terbaik dari Daftar Play Store 2020

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya