Comscore Tracker

3 Penyebab Akun Instagram Hilang dan Cara Menghindarinya

Mulai dari kesalahan pengguna hingga diretas

Instagram merupakan salah satu platform berbagi foto atau media sosial populer dengan jumlah pengguna yang sangat masif. Tercatat, media sosial yang dimiliki oleh Meta ini punya lebih dari 1 miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, tak heran jika Instagram menerapkan peraturan yang cukup ketat dengan sejumlah konsekuensi, salah satunya akun hilang atau dihapus.

Lantas apakah penyebab akun Instagram hilang selalu disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna? Adakah faktor lain yang bisa menyebabkan hal serupa?

1. Umumnya akun hilang karena pelanggaran pengguna ataupun pelaporan pengguna lain

3 Penyebab Akun Instagram Hilang dan Cara Menghindarinyailustrasi pelanggaran pada Instagram (theverge.com)

Untuk menjaga platformnya agar tetap “sehat”, Instagram menerapkan sejumlah aturan yang tidak boleh sembarang dilanggar. Jika ada akun yang tiba-tiba hilang atau terhapus, maka bisa jadi akun tersebut memposting aktivitas ilegal seperti mempromosikan terorisme, menjual barang ilegal atau mengomentari postingan akun lain dengan bentuk ancaman bakal melakukan kekerasan.

Selain tahu secara langsung melalui sistem, Instagram juga bisa mengetahui sebuah akun melakukan pelanggaran atau tidak lewat laporan pengguna atau akun lain. Akun juga bisa menghilang setelah adanya report masal, yang artinya ada banyak pengguna lain yang memberikan laporan pelanggaran dalam waktu yang berdekatan.

Selanjutnya, Instagram akan melakukan tindakan berupa pembekuan akun dan melakukan peninjauan. Tapi sebelum itu, Instagram akun memberi peringatan kepada pemilik akun via notifikasi.

2. Tak jarang juga disebabkan oleh kesalahan Instagram sendiri

3 Penyebab Akun Instagram Hilang dan Cara Menghindarinyailustrasi Instagram (theverge.com)

Apabila tidak ada peraturan yang dilanggar namun akun tetap dihapus atau dibekukan, maka bisa jadi penyebabnya adalah karena kesalahan Instagram sendiri. Seperti yang dijelaskan tadi, Instagram akan memberi notifikasi terlebih dahulu sebelumnya, namun dalam beberapa kasus, pemilik akun bisa mengajukan banding sebelum akun terhapus.

Jika sudah terlanjur dihapus, terdapat satu cara untuk melakukan pengembalian akun yaitu dengan mengunjungi Pusat Bantuan lalu pergi ke bagian “Akun Instagram Saya Telah Diaktifkan Kembali”. Di situ, pemilik akun akan diberi formulir untuk diisi. Jika sudah, Instagram akan merespon dalam hitungan jam hingga beberapa hari. Dalam sebagian besar kasus, jika memang karena kesalahan Instagram, akun pasti akan kembali atau dipulihkan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Menambah Followers Instagram

4. Diretas juga bisa menjadi salah satu faktor

3 Penyebab Akun Instagram Hilang dan Cara Menghindarinyailustrasi hacker (new.siemens.com)

Faktor umum lain yang menjadi penyebab akun Instagram hilang adalah karena diretas. Instagram sendiri menyediakan opsi untuk menghapus akun, jadi peretas bisa dengan mudah menghapus akun yang mereka retas. Terlebih, Instagram juga tidak memberi banyak pertanyaan terkait mengapa pemilik akun menghapus akun mereka.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka tidak ada cara atau jalan keluar untuk mengembalikan akun. Instagram sendiri mengatakan bahwa mereka membutuhkan 30 hari untuk sebuah akun beserta data-datanya sepenuhnya dihapus. Namun dalam rentang waktu itu, akun terkait tidak akan bisa diakses atau ditemukan di Instagram.

5. Tips menghindari akun Instagram hilang atau terhapus tiba-tiba

3 Penyebab Akun Instagram Hilang dan Cara Menghindarinyailustrasi aplikasi Instagram (androidauthority.com)

Bagi mereka yang khawatir jika suatu saat akun mereka akun terhapus atau hilang secara tiba-tiba, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari atau mencegah hal tersebut terjadi. Yang pertama tentu dengan tidak melanggar kebijakan Instagram seperti membuat postingan berisi ujaran kebencian dan berkomentar negatif di akun orang lain.

Selain itu, hindari untuk login Instagram di aplikasi atau situs lain selain aplikasi dan situs resmi Instagram. Salah satu kasus yang banyak terjadi adalah menggunakan aplikasi atau situs penambah followers atau likes secara instan, yang selalu meminta username dan password terlebih dahulu di awal. Selain berpotensi jadi sasaran empuk hacker, menggunakan aplikasi/situs semacam itu juga bisa dilihat Instagram sebagai aktivitas mencurigakan.

Baca Juga: Jadi Pesaing TikTok, 7 Fakta Unik Instagram Reels

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya