Comscore Tracker

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Android

Beberapa hari yang lalu, Linux genap berusia 28 tahun!

28 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 Agustus 1991, seorang pelajar 21 tahun bernama Linus Torvalds mengumumkan kepada dunia bahwa ia sedang mengerjakan projek yang ia sebut sebagai sebuah hobi. Sebulan kemudian, ia merilis Linux ke publik – yang tidak ia sangka dapat mengubah dunia, bahkan hingga saat ini.

Linux telah menjadi bagian penting dari teknologi untuk waktu yang sangat lama dan memberikan dampak yang sangat masif bagi perkembangan teknologi dan dunia itu sendiri. Untuk mengetahui bagaimana Linux mengubah dunia, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Internet

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidtechdonut.co.uk

28 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 Agustus 1991, seorang pelajar 21 tahun bernama Linus Torvalds mengumumkan kepada dunia bahwa ia sedang mengerjakan projek yang ia sebut sebagai sebuah hobi. Sebulan kemudian, ia merilis Linux ke publik – yang tidak ia sangka dapat mengubah dunia, bahkan hingga saat ini.

Linux telah menjadi bagian penting dari teknologi untuk waktu yang sangat lama dan memberikan dampak yang sangat masif bagi perkembangan teknologi dan dunia itu sendiri. Untuk mengetahui bagaimana Linux mengubah dunia, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

2. Perangkat pintar

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidnetnews.vn

Tidak hanya internet, sistem operasi dengan lebih dari dua miliar pengguna yaitu Android, juga menggunakan kernel Linux sebagai inti dari sistemnya. Selain itu, sistem operasi buatan Samsung yaitu Tizen, juga dibangun berdasarkan kernel Linux dan bahkan didukung oleh The Linux Foundation.

Hampir semua perangkat pintar seperti smartphone, smartwatch hingga smart TV yang ada saat ini, bernaung pada sistem operasi berbasis Linux. Jadi, jangan hanya berterima kasih kepada Google untuk Android-nya, namun juga Linus Torvalds untuk kernel Linux-nya yang luar biasa.

3. Industri otomotif

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidwired.com

Mobil pintar telah menjadi hits di industri otomotif saat ini, dengan sebagian besar produknya menjalankan Linux. Produsen mobil pintar seperti Tesla bahkan menggunakan Linux sebagai sistem operasi di setiap produknya.

Pada tahun 2018, ZDNet melaporkan bahwa Tesla merilis modifikasi kernel Linux mereka ke publik. Selain itu, Tesla tidak sendirian dalam hal ini. Produsen mobil terkenal lain seperti Honda, Mazda dan Mercedes-Benz juga mengandalkan Linux untuk memberikan fungsionalitas yang lebih maju kepada para konsumen.  

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menggunakan Linux

4. Superkomputer dan alat penelitian lainnya

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidsymmetrymagazine.org

Menjadi perangkat teknologi paling kuat di dunia, superkomputer digunakan oleh para ilmuwan untuk mempelajari berbagai hal termasuk meneliti mekanika kuantum dan memprediksi cuaca. Pada tahun 2017, setiap satu dari 500 superkomputer teratas di dunia, menjalankan Linux.

Di samping itu, CERN – organisasi penelitian nuklir yang berbasis di Eropa, juga menggunakan Linux untuk penelitiannya. Pada tahun 2009, CERN meluncurkan mesin bertenaga Linux yang disebut sebagai Large Hadron Collider, yang mereka gunakan untuk mempelajari materi, energi dan bagaimana alam semesta ini terbentuk.

5. NASA dan SpaceX

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidaldeaeducativamagazine.com

Untuk alasan yang sama seperti mobil pintar dan superkompyer, NASA juga menggunakan Linux untuk sebagian besar komputer yang ada di ISS (International Space Station). Astronaut menggunakan komputer itu untuk melakukan riset dan apapun yang berkaitan dengan tugas mereka.

Tidak hanya NASA saja, SpaceX juga melibatkan Linux ke dalam banyak proyeknya. Pada tahun 2017, SpaceX bahkan mengirim superkomputer berbasis Linux yang dikembangkan oleh HP ke luar angkasa. Kendaraan atau satelit luar angkasa dari SpaceX seperti Dragon dan Falcon 9, juga dikabarkan menjalankan Linux.

6. Raspberry Pi

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidexpertreviews.co.uk

Bagi yang belum tahu, Raspberry Pi merupakan komputer mini yang umumnya digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar komputasi dan pemrograman. Raspberry Pi dikembangkan di Inggris, dijual di kisaran harga US$5 hingga US$35 dan menjalankan Linux sebagai sistem operasinya.

Keberadaan Raspberry Pi secara efektif membantu banyak sekolah untuk memberikan pengetahuan komputasi kepada para muridnya dengan mudah dan murah. Raspberry Pi seakan LEGO dari dunia komputasi, yang memungkinkan ‘anak-anak’ untuk bermain dengan komponen kunci dari masa depan mereka.

7. Pendidikan

7 Cara Linux dalam Mengubah Dunia, Termasuk Bantu Lahirnya Androidpartimus.org

Institusi pendidikan di negara-negara seperti Pakistan, India dan Filipina, menganjurkan dan menggunakan Linux sebagai sistem operasi utama mereka. Alasannya sederhana, karena Linux memiliki biaya pemasangan yang rendah.

Bahkan di beberapa negara berkembang, gerakan ‘satu anak satu laptop’ terus digencarkan. Seperti di Makedonia misalnya, proyek ‘A Computer For Every Child’ pada tahun 2005, mendistribusikan 5,000 komputer yang menjalankan Ubuntu kepada sekolah-sekolah umum, diikuti dengan lebih dari 180,000 laptop dua tahun kemudian.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai bagaimana Linux mengubah dunia dengan cara yang tidak kita ketahui. Pada akhirnya, Linux berkontribusi terhadap perkembangan dunia lewat cara yang tidak terduga, mempermudah banyak hal dalam kehidupan manusia dan kita sebagai manusia sendiri, patut berterima kasih kepada Linux untuk itu.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Menggunakan Linux Dibandingkan dengan OS lainnya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You