Comscore Tracker

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok 

Ingin berhenti merokok, pakai aplikasi-aplikasi ini!

Bukan rahasia umum lagi apabila merokok memiliki efek tidak bagus terhadap tubuh, namun karena zat adiktif yang dikandungnya, kebiasaan merokok jadi sulit untuk dihentikan. Selain dengan menghindari pemicu merokok dan menjalani berbagai macam terapi, terdapat cara lain untuk mengatasi kebiasaan merokok yaitu dengan bantuan aplikasi.

Tidak hanya dapat melacak aktivitas merokok kamu, aplikasi-aplikasi ini juga bisa menghitung berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk merokok dan menawarkan beberapa langkah yang bisa diambil untuk berhenti kecanduan rokok. Berikut 7 aplikasi yang bisa bantu kamu berhenti merokok yang direkomendasikan.

1. Flamy

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok Flamy (apkpure.com)

Flamy punya beberapa fitur menarik yang dapat memotivasi kamu untuk berhenti merokok. Di awal kamu akan disuruh membuat profil dan kamu bisa memasukkan detail personal seperti berapa banyak rokok yang habis per harinya, harga tiap bungkus, usia kamu dan berapa lama kamu telah merokok.

Setelahnya, Flamy bakal memberi kamu beragam tips yang dapat diaplikasikan untuk mengurangi kecanduan. Yang menarik, aplikasi ini juga menyediakan fitur di mana kamu bisa menantang temanmu untuk berkompetisi siapa yang paling lama bisa menahan diri untuk tidak merorok.

2. Smokeless

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok Smokeless (apkpure.com)

Smokeless merupakan aplikasi sederhana dan mudah digunakan di mana aplikasi ini dapat membantu kamu melacak berapa banyak rokok yang kamu hisap. Di saat mengatur profil dan lain-lain, kamu dapat membuat program khusus di mana kamu bisa menargetkan berapa rokok yang dihisap perharinya dan berapa lama sampai akhirnya berhenti merokok.

Kamu bisa mengakhiri program yang dibuat ketika kamu siap untuk menghentikan kebiasaan buruk itu. Jika hanya untuk sekedar melacak jumlah rokok harian, ini direkomendasikan karena juga punya UI yang simpel.

3. Smoke Free

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok Smoke Free (play.google.com)

Fitur utama Smoke Free adalah timer yang dapat menampilkan berapa lama kamu “beristirahat” untuk tidak merokok. Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur kesehatan untuk mengukur peningkatan kamu seperti monitor kadar oksigen dan sirkulasi pernafasan.

Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa menghitung berapa banyak uang kamu habiskan untuk membeli rokok selama satu tahun, disamping melihat pencapaian pengguna lain. Dengannya, kamu jadi bisa lebih termotivasi untuk mengikuti jejak pengguna lain yang telah mencapai garis finish yaitu berhenti merokok.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Avatar, Coba yuk

4. Quit Tracker: Stop Smoking

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok Quit Tracker: Stop Smoking (play.google.com)

Melalui Quit Tracker: Stop Smoking, kamu bisa melacak uang yang kamu keluarkan untuk membeli rokok dan menghitung berapa hari kamu bisa berhenti merokok. Ada juga bagian di mana aplikasi ini bakal menghitung berapa uang yang terkumpul jika tidak merokok dan barang apa yang bisa dibeli menggunakan uang itu.

Tidak hanya itu, sama seperti Smoke Free, ini juga menawarkan informasi seputar kesehatan sebagai bentuk motivasi tambahan. Untuk membuat segalanya jadi menarik, Quit Tracker juga hadir dengan game yang bisa dimainkan untuk membantu kamu terhindar dari keinginan untuk kembali merokok.

5. Quit Smoking

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok Quit Smoking (makeuseof.com)

Sama seperti kebanyakan aplikasi di daftar ini, ketika di awal mengisi profil, kamu bisa memperlengkap informasi dengan memberi tahu jumlah rokok yang dihisap perharinya dan berapa banyak pemasukan yang keluar untuk membeli rokok. Selain itu, kamu juga melakukan analisa kesehatan disamping mengetahui bagaimana tubuh membaik ketika memutuskan untuk tidak merokok. Sebagai motivasi ekstra, kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain yang juga menggunakan Quit Smoking mulai dari membuat post hingga berbincang via chat.

6. EasyQuit

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok EasyQuit (play.google.com)

EasyQuit menawarkan pengguna fitur pelacakan untuk membantu mereka termotivasi untuk berhenti mereka seperti berapa hari atau jam tanpa merokok, berapa banyak uang yang terhemat dan bagaimana kesehatan membaik ketika tidak merokok. Aplikasi ini juga hadir dengan game yang mengasah otak untuk menghindari “rasa gatal” untuk merokok lagi, di samping strategi dengan pendekatan lebih lambat untuk perlahan mengurangi kebiasaan merokok. EasyQuit bisa diunduh secara gratis, namun punya versi Pro dengan sejumlah fitur tambahan yang opsional untuk dibeli.

7. Get Rich or Die Smoking

7 Aplikasi Android Terbaik untuk Bantu Berhenti Merokok Get Rich or Die Smoking (apkpure.com)

Get Rich or Die Smoking merupakan aplikasi yang cocok untuk mereka yang sulit mengatur keuangan untuk merokok karena aplikasi berfokus pada bagaimana berhenti merokok dapat menghemat uang. Aplikasi ini bakal menampilkan berapa uang yang kamu hemat menggunakan meteran yang dapat dikonversikan ke dalam mata uang lain. Di samping itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pelacakan kesehatan serta forum komunitas di mana kamu bisa terhubung dengan pengguna lain, baik untuk sekedar berbagi pengalaman atau membandingkan sebesar apa dampak dari berhenti merokok terhadap keuangan.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi terbaik yang bisa bantu kamu berhenti merokok. Meski sulit, jika dijalankan dengan serius dan konsisten, aplikasi-aplikasi di atas dapat dengan efektif membantumu menghentikan kecanduan rokok, mulai menekuni hidup sehat dan menghemat banyak uang.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Kenalan dengan Orang di Seluruh Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya