Comscore Tracker

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Android

Tidak harus di kertas, di HP pun bisa!

Menggambar merupakan salah satu hobi yang hampir bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia. Ini juga jadi salah satu aktivitas “time killer” yang bagi beberapa orang juga digunakan sebagai sumber mata pencaharian. Jika dulu menggambar hanya bisa dilakukan di batu kemudian berevolusi ke media yang lebih modern seperti kertas dan kanvas, kini aktivitas tersebut bisa lebih canggih lagi dengan bisa dilakukan di berbagai gadget.

Lewat bantuan aplikasi tertentu, mereka yang tertarik bahkan bisa mewujudkan imajinasi mereka dalam bentuk gambar di HP. Berikut 7 aplikasi menggambar terbaik di Android.

1. Clip Studio Paint

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidapkpure.com

Clip Studio Paint merupakan aplikasi menggambar yang tidak hanya cocok bagi mereka yang hobi, namun juga profesional. Ini awalnya merupakan aplikasi yang hanya ada di PC, sebelum akhirnya juga hadir di platform mobile termasuk Android.

Clip Studio Paint mengombinasikan aktivitas menggambar dan melukis dengan kuas canggih dan 3D model. Pengguna dapat menyimpan karya mereka di cloud untuk diakses di mana saja dan merekam video timelapse untuk melihat kembali proses menggambar. Ini bisa digunakan secara gratis, namun juga ada opsi berbayar.

2. Adobe Illustrator Draw

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidandroidcommunity.com

Illustrator Draw merupakan salah satu aplikasi menggambar terbaik dari Adobe, di samping Photoshop Sketch. Ini dilengkapi dengan beragam fitur menggambar seperti layer, lima jenis pena dengan berbagai kustomisasi dan kemampuan untuk zoom gambar hingga 64 kali.

Ketika selesai menggambar, pengguna juga bisa menyimpan file-nya langsung di HP atau memindahnya ke PC untuk digunakan di aplikasi Adobe lain. Ini bisa diunduh secara gratis dengan opsi berlangganan Creative Cloud untuk membuka lebih banyak fitur. Ini sangat direkomendasikan.

3. ArtFlow

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidapkfab.com

ArtFlow merupakan salah satu aplikasi menggambar yang lebih detail atau mendalam. Nilai jual utama aplikasi ini adalah jumlah kuas atau brush yang sangat banyak. Artflow menyediakan 70 brush, smudge dan tool lain untuk membuat karya pengguna jadi lebih keren lagi.

Aplikasi ni juga dilengkapi dengan layer dengan dukungan untuk hal seperti layer blending. Gambar yang berhasil dibuat lewat ArtFlow juga bisa diekspor ke dalam format JPEG, PNG hingga PSD untuk kemudian digunakan di aplikasi lain seperti Photoshop. Plus, ini juga mendukung NVIDIA DirectStylus.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik untuk Ubah Font di Android

4. Ibis Paint

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidapkpure.com

Ibis Paint merupakan aplikasi menggambar dengan cukup banyak fitur menarik. Ini hadir dengan lebih dari 140 jenis kuas berbeda, termasuk pena dip, pena felt tip, kuas cat dan banyak lagi. Sebagai tambahan, Ibis Paint juga menyediakan dukungan untuk merekam proses menggambar dan fitur untuk jenis gambar spesifik seperti manga.

Ada pula dukungan layer dan pengguna bisa menggunakan sebanyak mungkin layer yang mereka inginkan. Bagi yang penasaran bisa mengunduhnya secara gratis atau memilih opsi premium berbayar untuk bisa menikmati semua fiturnya.

5. LayerPaint HD

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidplay.google.com

LayerPaint HD merupakan salah satu dari beberapa aplikasi menggambar dengan fitur paling lengkap. Ini mempunyai segudang fitur termasuk dukungan pen pressure, kemampuan untuk menyimpan file dalam format PSD dan mode layer yang memungkinkan pengguna untuk memberi beragam efek ke gambar.

Lalu, ada juga fitur shortcut keyboard untuk akses cepat via keyboard. Ini berbayar namun sangat layak untuk digunakan. Meskipun begitu, LayerPaint HD lebih direkomendasikan bagi mereka yang suka menggambar di perangkat dengan ukuran layar besar seperti tablet.

6. MediBang Paint

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidapkpure.com

MediBang Paint menjadi salah satu aplikasi menggambar terbaik yang bisa diunduh secara cuma-cuma. Ini populer karena dukungan cross-platform dan tersedia di hampir semua jenis perangkat mulai dari PC hingga mobile.

MediBang juga hadir dengan fitur cloud saving sehingga pengguna bisa melanjutkan proses menggambar mereka dari satu perangkat ke perangkat lain. Untuk lain-lain, ini punya cukup banyak brush untuk dipilih, berbagai tool untuk menggambar biasa atau dengan gaya komik dan beberapa add-on menarik lain. Ini luar biasa untuk ukuran aplikasi gratis.

7. Sketchbook by Autodesk

Dear Ilustrator, 7 Aplikasi Menggambar Terbaik di Androidplay.google.com

Sketchbook by Autodesk telah lama menjadi favorit banyak orang untuk urusan menggambar via perangkat mobile. Tidak jauh berbeda dengan Adobe Illustrator Draw, ini hadir dengan banyak fitur luar biasa. Pengguna diberi 10 brush untuk dipilih dan setiap brush dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Lalu, ada juga dukungan hingga tiga layer, enam mode blending, zoom hingga 2500 persen dan fitur simulasi sensivitas tekanan. Versi Pro bahkan lebih baik lagi dengan menawarkan lebih dari 100 tipe brush, lebih banyak layer, lebih banyak mode blending dan lain-lain.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi aplikasi menggambar terbaik di Android. Untuk hasil gambar dan kemudahan dalam prosesnya, ada baiknya untuk menggambar di perangkat dengan layar besar seperti tablet.

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Bisa Ubah Video Jelek Jadi Lebih HD

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya