Comscore Tracker

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benar

Konsol next-gen siap hadir akhir tahun 2020 ini

Gamer mungkin telah mencium aroma next-gen dalam beberapa bulan terakhir. Yup, dengan Sony dan Microsoft yang masing-masing telah mengungkap nama konsol next-gen terbaru mereka yaitu PS5 dan Xbox Series X, era baru di industri video game terasa lebih dekat dari sebelumnya.

Sementara detail resmi dari keduanya telah dirilis, beberapa rumor masih ‘mengangkasa’ di galaksi tak terbatas bernama internet. Beberapa di antaranya cukup bisa untuk disebut ‘gila’, meski kemungkinan untuk benar-benar terjadi sangatlah besar. Berikut 7 rumor tergila tentang konsol next-gen yang kemungkinan berakhir benar.

1. Dukungan backward-compability yang luas

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benartechspot.com

Microsoft membuat konsolnya menarik dengan menyematkan dukungan backward-compability. Bagi yang belum tahu, ini adalah dukungan di mana konsol generasi saat ini bisa memainkan berbagai game dari konsol generasi lawas.

Di konsol generasi terbarunya yaitu Xbox Series X, Microsoft telah menyebut jika fitur ini masuk ke dalam rencana next-gen mereka. Sony pun juga begitu pada PS5, meski belum diketahui akan sejauh apa. Akan tetapi, sejumlah laporan mengatakan jika keduanya akan bisa digunakan bermain berbagai game dari semua konsol generasi sebelumnya.

2. PSVR terbaru dengan finger tracking

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benarturn-on.de

Apa yang ditawarkan oleh PSVR saat ini terbilang bagus untuk pemilik Playstation 4. Kabarnya, di generasi atau edisi selanjutnya, PSVR akan menghadirkan salah satu fitur paling revolusioner bagi perangkat virtual reality.

Fitur tersebut, berdasarkan bocoran paten terbaru adalah finger tracking atau pelacakan jari, yang diharapkan bisa membuka pintu peluang yang lebih besar untuk gameplay baru di berbagai game VR. Jika rumor ini benar, maka Sony nampaknya tengah mempersiapkan perangkat gaming mereka untuk industri yang lebih maju di masa depan.

3. Nintendo Switch Pro

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benart3.com

Nintendo Switch masih terus laris manis di pasaran sejak pertama kali dirilis pada tahun 2017 dan penjualannya semakin meningkat berkat kehadiran Switch Lite. Menyusul kesuksesan penjualan itu, rumor demi rumor mengenai Switch terbaru juga makin menguat.

Sejumlah bocoran mengatakan bahwa Nintendo saat ini sedang mengembangkan Switch versi Pro. Bocoran itu juga menyinggung perilisannya yang disebut-sebut akan jatuh pada tahun ini, meski Nintendo dengan keras membantahnya. Nintendo sepertinya memang sedang menyiapkan Switch Pro, namun tidak untuk tahun ini.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Konsol Handheld Terbaik untuk Dibeli di 2020, Portable!

4. Berbagai game next-gen eksklusif terbaru

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benargameanim.com

Xbox Series X dikonfirmasi telah memiliki dua game eksklusif yaitu Halo: Infinite dan Senua’s Saga: Hellblade 2. Di sisi lain, Sony belum mengonfirmasi apapun terkait berbagai game eksklusif yang akan hadir di PS5, namun spekulasi mengenai itu terus membanjiri internet.

Bersama dengan sekuel dari Horizon Zero Dawn dan God Of War, Naughty Dog dikabarkan sedang mengerjakan game baru yang nantinya akan menjadi eksklusif untuk PS5. Selain itu, Insomniac – yang baru-baru ini dibeli Sony – tidak diragukan lagi sedang bekerja keras dalam menggarap game Spider-Man terbaru.

5. Epic Games Store dan Steam di Xbox Series X

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benarvicariouspr.com

Berikut ini mungkin menjadi yang paling tidak dari semua rumor di daftar ini. Namun, jika melihat keterbukaan Microsoft terhadap Nintendo baru-baru ini, ada harapan untuk rumor mengenai Epic Games Store dan Steam di Xbox Series X, terealisasi.

Lebih jelasnya, rumor ini menyebut jika Xbox Series X akan dilengkapi dengan “Windows Mode” yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari sistem operasi konsol ke Windows 10. Jika rumor ini benar, itu artinya, Xbox Series X akan bisa memainkan sejumlah ‘mantan’ game eksklusif PS4 seperti Detroit: Become Human dan Horizon Zero Dawn, yang telah resmi masuk PC.

6. Kontroler PS5 dapat mendeteksi detak jantung dan keringat

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benartweaktown.com

Paten terbaru Sony mengungkap bahwa kontroler PS5 atau Dualshock 5 akan dibekali dengan fitur yang cukup mengagumkan. Paten tersebut tidak menyebut apa itu, namun dari gambarnya, diperkirakan bahwa Dualshock 5 akan menggunakan teknologi biofeedback untuk mendeteksi detak jantung dan level keringat pengguna.

Nantinya, hasil dari monitoring itu akan disesuaikan dengan gameplay dari game yang dimainkan. Jika menilik dari banyaknya pengajuan paten yang berakhir tidak digunakan, ini bisa jadi hanyalah fitur yang gagal mencapai produk final.

7. Pengumuman lengkap Xbox Series X dalam waktu dekat

7 Rumor Tergila Konsol Next-Gen yang Kemungkinan Berakhir Benarslickdeals.net

Melalui podcast XboxEra, diketahui bahwa penggemar akan mendapatkan lebih banyak informasi mengenai Xbox Series X di sekitaran April hingga Mei 2020. Microsoft dikatakan akan menggelar acara khusus untuk memamerkan apa saja yang mampu dilakukan oleh Xbox Series X.

Di samping itu, Elden Ring dari FromSoftware yang paling ditunggu-tunggu juga dikabarkan akan diungkap bersama dengan Halo: Infinite yang diharapkan untuk ikut muncul. Rumor ini bisa berakhir benar, mengingat E3 2020 baru-baru ini dikonfirmasi dibatalkan.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai rumor tergila tentang konsol next-gen yang kemungkinan berakhir benar. Dari Xbox Series X dan PS5, konsol next-gen mana yang paling kamu tunggu-tunggu?

Baca Juga: 7 Game Free to Play untuk Konsol dan Mobile yang Akan Segera Rilis

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya