Comscore Tracker

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020

2020 menghadirkan cukup banyak tren baru di industri laptop

Industri smartphone bukanlah satu-satunya industri gadget yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ada industri laptop, yang lewat produk-produk terbarunya, terus menghadirkan inovasi dan tren baru demi bisa relevan dengan zaman yang sudah semakin maju dan canggih.

Di tahun 2020, berbagai tren baru bagi dunia ‘perlaptopan’ bermunculan, yang sebagian besar di antaranya diterima dengan sangat baik oleh para pengguna. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 tren laptop paling disukai di 2020.

1. Inovasi gila pada touchpad

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020windowslatest.com

Melalui Galaxy Flex 15, Samsung menghadirkan inovasi ‘gila’ berupa touchpad yang juga bisa digunakan untuk mengisi daya. Yup, pengguna dapat menempatkan perangkat seperti HP atau earbud yang kompatibel dengan Qi Wireless Charging untuk diisi dayanya di atas touchpad.

Selain Samsung, Asus juga punya inovasi menarik lain yaitu ScreenPad – touchpad yang bisa dioperasikan sebagai layar mini untuk berbagai hal seperti menerima notifikasi, membalas pesan, hingga menjalankan sejumlah aplikasi. Diharapkan implementasi semacam ini terus dikembangkan pada touchpad hingga bertahun-tahun ke depan.

2. Layar sekunder

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020firstpost.com

Laptop dengan layar sekunder sangatlah spektakuler, karena dapat meningkatkan produktivitas pengguna via kemampuan untuk mengakses banyak aplikasi secara bersamaan. Asus mengubah ketertarikan pengguna terhadap layar sekunder, dengan laptop seperti ZenBook Pro Duo, yang dilengkapi dengan layar ekstra yang menempati setengah dari area keyboard.

Di akhir 2020, diharapkan akan ada lebih banyak perangkat dengan layar sekunder yang dirilis ke pasaran. Salah satu yang paling diantisipasi tentu saja Surface Neo dari Microsoft.

3. Project Athena dari Intel

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020cnet.com

Apa itu Project Athena? bisa dibilang ini merupakan ‘sertifikasi’ baru yang diciptakan oleh Intel untuk memberikan rasa pasti kepada pengguna bahwa produk yang mereka beli telah memenuhi standar kualitas terbaik.

Jadi, apabila ada laptop yang telah dilabeli dengan sertifikasi Project Athena, maka dapat dipastikan bahwa laptop tersebut merupakan laptop terbaik dengan daya tahan baterai awet, memiliki fitur autentikasi biometrik, kompatibel dengan Wi-Fi 6 dan banyak lagi. Sejauh ini, Acer, Asus, Samsung, Lenovo, HP dan Dell telah bekerja sama dengan Intel untuk membuat laptop yang memenuhi standar Project Athena.

Baca Juga: 7 Laptop Terbaik dengan Fingerprint Scanner Harga Rp4-8 Jutaan di 2020

4. Fitur keamanan: webcam pelindung privasi dan autentikasi biometrik

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020neowin.com

Ketika ada makin banyak kasus di mana peretas dapat mengakses webcam pengguna, industri laptop bergerak cepat untuk mengatasi meningkatnya masalah privasi pengguna ini. Sejumlah brand laptop mulai mengimplementasikan pelindung fisik pada webcam di laptop-laptop mereka, untuk mencegah adanya masalah privasi yang tidak diinginkan.

Selain itu, patut diapresiasi pula niat para brand laptop dalam menghadirkan fitur keamanan lain seperti autentikasi biometrik, yang menggunakan pemindai sidik jari dan kamera IR 3D untuk login via pengenalan wajah.

5. Prosesor AMD yang makin ganas

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020tomsguide.com

Intel telah duduk dengan nyaman di atas singgasana ‘brand prosesor terbaik’ untuk waktu yang lama. Produsen prosesor yang bermarkas di California ini, menguasai pasar laptop selama beberapa dekade, namun yang tidak mereka ketahui, rival mereka yaitu AMD, diam-diam menyelinap di belakang mereka untuk merebut bagian yang lebih besar di pasar laptop.

Saat ini, minat brand laptop terhadap Ryzen seri 4000 terus meningkat. Alasannya sederhana, jika dibandingkan dengan prosesor Intel di harga yang sama, Ryzen seri 4000 menawarkan kinerja yang lebih baik.

6. Daya tahan mencapai 14 jam di laptop mainstream

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020geekculture.co

Laptop dengan daya tahan di atas 8 jam dapat dikategorikan sebagai laptop yang sangat awet, namun di tahun 2020 ini, itu meningkat menjadi lebih dari 14 jam. Laptopmag – situs kenamaan yang sering mengulas laptop, mendapati tiga laptop mainstream yang bisa bertahan hingga lebih dari setengah hari.

Ketiga laptop tersebut adalah Asus ExpertBook B9450, Samsung Galaxy Book Flex 15 dan LG Gram 14. Secara berurutan, masing-masing mencatatkan daya tahan hingga 14 jam, 15 jam 44 menit dan 16 jam 42 menit. Semoga saja ini menjadi ‘new normal’ bagi industri laptop di masa depan.

7. Laptop gaming dengan baterai lebih awet

Tak Hanya Layar Sekunder, Ini 7 Tren Laptop Paling Disukai di 2020rockpapershotgun.com

Laptop gaming umumnya ganas di spesifikasi mesin, namun melempem di daya tahan baterai. Hal tersebut sempat jadi kebiasaan banyak laptop gaming, yang untungnya berubah di tahun 2020. Lagi-lagi dari Asus, ROG Zephyrus G14 membuktikan bahwa laptop gaming dapat memiliki daya tahan baterai yang awet.

Sejumlah ulasan mencatatkan bahwa laptop gaming dengan desain simpel namun kekinian itu, memiliki daya tahan baterai hingga 11 jam. Selain ROG Zephyrus G14, laptop gaming lain seperti Lenovo Legion 5i dan Dell G5 15 SE juga mencatatkan daya tahan baterai yang impresif di angka 7 jam.

Demikian tadi ulasan menarik mengenai 7 tren laptop paling disukai di 2020. Tren laptop apa lagi yang kamu inginkan untuk hadir di sisi tahun 2020 ini?

Baca Juga: Cepat dan Gahar! 7 Laptop Pendukung Koneksi WiFi 6 Terbaik 2020

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya