Comscore Tracker

iOS 13 Sudah Siap, Berikut 5 Tips Update Anti Lemot

Bukan saatnya lagi untuk takut update iOS iPhone kamu!

iOS 13 telah dirilis versi Betanya. Diumumkan pada 3 Juni lalu di ajang WWDC 2019, iOS 13 membawa banyak perubahan baru yang tentunya diklaim Apple menjadi lebih cepat, mulus, dan efisien dari generasi sebelumnya. Namun banyak dari pengguna iPhone yang masih takut untuk melakukan update pada perangkat mereka. Dengan alasan "takut lemot", hal ini tidak bisa dipungkiri.

Karena pada beberapa tahun lalu iOS 11 memang mengalami beberapa masalah teknis yang menjadikan perangkat-perangkat Apple yang telah diupdate ke software ini menjadi lebih lambat ketimbang sebelumnya. Meski selang beberapa waktu Apple telah merilis pembaruannya tetap saja hal seperti ini membuat para penggunanya takut untuk melakukan update software ke iOS yang lebih baru.

Tapi tenang untuk kamu pengguna iPhone. Sekarang bukan saatnya lagi untuk takut melakukan update iOS. Apple telah menyediakan fitur-fitur baru yang akan membuat iPhone kamu jauh lebih berguna dari hanya sebuah smartphone dengan melakukan update ke iOS 13. Dengan memperhatikan hal-hal kecil ini, kami yakin iPhone kamu tidak akan lemot setelah update ke iOS 13.

Selengkapnya 5 tips update iOS anti lemot.

1. Cek dulu iPhone kamu mendukung iOS 13

iOS 13 Sudah Siap, Berikut 5 Tips Update Anti Lemot9to5mac.com

Tips paling penting dan krusial adalah memastikan bahwa iPhone kamu mendukung dan mendapatkan update iOS terbaru. Meski Apple merupakan perusahaan yang sangat memperhatikan para konsumennya, tetap harus ada yang dikorbankan. Seperti pada update iOS 12 tahun lalu, pembaruan ini hanya bisa dinikmati para pengguna iPhone 5s sampai iPhone X saja. Begitu juga dengan iOS 13 yang hanya tersedia untuk iPhone SE sampai iPhone XS series saja. Untuk pengguna iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus sudah tidak dapat lagi mendapat update dari iOS terbaru.

Cara untuk mengetahui apakah iPhone kamu masih mendukung dan kebagian update iOS terbaru sangat mudah kok. Kamu bisa melihat daftar iPhone yang compatible dengan iOs terbaru melalui website Support Apple. Selain itu juga ada informasi lain terkait update software yang bisa kamu temui di website yang sama.

2. Jangan lupa backup semua data kamu

iOS 13 Sudah Siap, Berikut 5 Tips Update Anti Lemotapple.com

Ketika proses update software iOS di iPhone kamu akan selalu ada kemungkinan beberapa data kamu hilang dikarenakan sistem baru yang secara otomatis diterapkan di iPhone kamu. Jadi tidak ada salahnya untuk membackup terlebih dahulu semua data yang ada di iPhone untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena ketika iPhone kamu telah melakukan update software, data-data di iPhone kamu sebelum melakukan update tidak bisa direstore kembali setelah kamu melakukan update software. Berbeda jika kamu telah membackup semua data sebelumnya, meskipun kamu harus melakukan downgrade atau dalam kata lain kembali menggunakan iOS sebelumnya, semua data kamu tetap dapat direstore. Jadi data kamu tidak akan ada yang hilang.

Untuk membackup semua data kamu caranya mudah. Buka pengaturan dan klik nama kamu, pilih menu backup atau cadangkan lalu klik tanya on atau nyalakan. Maka secara otomatis semua data kamu akan terbackup.

3. Sediakan ruang penyimpanan luas

iOS 13 Sudah Siap, Berikut 5 Tips Update Anti Lemotapple.com

Setelah membackup data-data kamu, pastikan juga iPhone kamu masih memiliki cukup ruang penyimpanan untuk mengakomodir kebutuhan ruang penyimpanana pada software terbaru, yaitu iOS 13. Jika pada generasi iOS sebelumnya, setidaknya kamu harus menyediakan minimal 3GB ruang penyimpanan kosong untuk sistem softwarenya. Maka untuk iOS 13 setidaknya kamu harus menyediakan ruang penyimpanan kosong diatas 4GB atau 5GB untuk menjaga proses update tetap berjalan mulus tanpa hambatan.

Nggak enak kan ketika proses update harus berhenti hanya karena ruang penyimpanan kamu kurang.

Kamu nggak perlu bingung harus menghapus semua foto, video, atau aplikasi-aplikasi favorit kamu. Gunakan cloud pihak ketika seperti iCloud, Dropbox, juga Google Drive. Jadi semua kenangan kamu tetap tersimpan aman.

Baca Juga: Kamu Lebih Cocok Jadi Tim Android atau Tim iOS?

4. Sediakan kuota lebih dan jaringan internet stabil

iOS 13 Sudah Siap, Berikut 5 Tips Update Anti Lemotcleanmacsoft.com

Untuk melakukan update iOS tentunya diperlukan jaringan internet. Kamu bisa memilih menggunakan data seluler atau jaringan wifi. Jika kamu memilih data seluler sebagai penyedia jaringan internet, kamu harus sediakan kuota yang cukup banyak dan gunakan provider yang memberikan kestabilan internet baik. Adapun opsi lain yaitu menggunakan jaringan wifi. Dengan meggunakan jaringan wifi selain hemat, kamu akan mendapatkan jaringan internet yang sedikit lebih stabil ketimbang dengan data seluler.

Selain itu jika kamu melakukan update OTA (Over The Air) Apple hanya mengijinkan penggunaan jaringan wifi buka data seluler dari iPhone kamu sendiri. 

5. Passcode dan Apple ID jangan sampai lupa

iOS 13 Sudah Siap, Berikut 5 Tips Update Anti Lemotappleinsider.com

Selama kamu melakukan proses update, kamu akan sering dimintai passcode dan juga Apple ID. Jadi pastikan kamu ingat atau bila perlu tulis di catatan khusus untuk mempermudah mengingatnya. Karena Apple terkenal dengan keamananya yang cukup baik, maka tidak salah jika Apple juga menerapkan keamanan berlipat-lipat ketika kamu sedang melakukan update ke iOS terbaru

Selama kamu melakukan semua tips tadi. Kemungkinan besar kau tidak akan terjebak di dalam iPhone yang lemot lagi. Dan kamu dapat menikmati fitu-fitur terbaru dari Apple yang akan membuat kemampuan iPhone kamu lebih cepat, mulus, juga efisien.

5 tips tadi merupakan cara untuk menghindari iPhone kamu lemot setelah diupdate iOS 13,  selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Smartphone iOS dengan Skor Benchmark Terbaik Versi AnTuTu

Aryo Phramudhito Photo Community Writer Aryo Phramudhito

Yepp... it's me I'm deeply superficial person

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Septi Riyani

Just For You