Comscore Tracker

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakan

Banyak kenangan saat menggunakan BBM

Bagi kamu generasi millennial senior dan beberapa millennial junior, pasti tahu dan sempat menggunakan Blackberry Messenger (BBM). Ingatan akan lebih memebekas bagi kamu yang “beruntung” pernah merasakan memiliki gawai Blackberry untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna.

Namun, popularitas BBM memang meredup usai muncul Android. Banyak pengguna BBM yang beralih memakai Android karena menyediakan aplikasi pesan yang lebih simpel dan menarik.

Blackberry sempat terlihat bangkit dengan merperbarui aplikasi BBM untuk versi Android dan iOS pada tahun 2013. Namun, kini mereka secara resmi mengumumkan lewat website serta akun media sosialnya, bahwa BBM akan tutup layanannya pada 31 Mei 2019.

Terlepas dari aplikasi ini memang kehilangan banyak peminat setelah kalah “hype” dengan aplikasi chatting dan messenger lain, kamu pastinya memiliki banyak kenangan tentangnya. Ini 7 kenangan paling kamu rindukan dari BBM!

1. Suara dan logo notifikasinya yang khas banget

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanbbm4iphone.com

Siapa sih yang bisa lupa dengan suara notifikasi BBM dan kemunculan logonya yang disertai bintang berwarna merah di ujungnya, atau berubah (dalam update-nya) menjadi angka sejumlah pesan yang belum dibuka dalam bulatan merah? Ya, kamu tidak akan bisa mendapatkan itu lagi di gawaimu setelah 31 Mei 2019.

2. Sebelum zamannya “show off” sesuatu lewat Instagram stories, kamu melakukannya dengan berkali-kali ganti display picture alias DP

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanusatoday.com

Baru jadian, update DP sedang pegangan tangan dengan si dia. Berlibur ke tempat hits, update DP berfoto di tempat tersebut. Lagi bad mood, update DP jadi hanya warna hitam pekat atau sesuatu dengan quote singkat. Rambut baru, ganti DP lagi.

Sebagian besar dari kamu pasti melakukannya. Karena setiap kamu update DP, akan muncul pada timeline teman-teman yang terhubung denganmu. Sayangnya, itu tinggal jadi memori indah bahwa pernah melakukannya.

3. Update status untuk curcol alias curhat colongan

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanwikihow.com

Gak cuma DP yang pernah kamu update berkali-kali, tapi juga status BBM. Mulai dari apa yang kamu rasakan saat ini, kamu sedang apa sampai quote favoritmu, semua kamu update di status BBM-mu. Timeline BBM-mu juga dipenuhi dengan teman-temanmu yang melakukan hal sama.

4. Tidak ada lagi, “minta PIN BBM dong!”

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanimore.com

Dulu jika bertemu langsung dengan seseorang dan akan menjadikannya teman hanya perlu scan barcode profil BBM-nya. Bercandaan saat minta PIN BBM, “PIN apa? ATM? Ogah lah!” tidak hanya terlalu purba, tapi juga gak akan kamu dengarkan lagi. Sudah tidak akan ada lagi PIN BBM di bio media sosial orang-orang.

Baca Juga: 6 Aplikasi Pesan Makan yang Jadi Penyelamat Saat Kelaparan

5. Kesal dengan BM alias Broadcast Message? Mungkin kini kamu akan merindukannya

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanpocket-lint.com

Apalagi jika kamu dulu sering melakukannya dan merasa terbantu dengan fitur tersebut. Kamu yang gak pernah menggunakan fitur itu dan kesal setiap mendapatkan BM bakal merindukannya. Minimal kebanyakan orang menggunakannya untuk “test contact”, melihat teman yang masih aktif atau tidak, untuk menyortir serta menghapus yang memang sudah tidak aktif.

6. Awal mula dari istilah “di-read doang”

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanengadget.com

Di BBM, pesan pending akan bertanda jam yang berbentuk agak kotak, terkirim akan bertanda centang dengan tambahan huruf “D” sebagai singkatan “delivered”, telah terbaca oleh akun tujuan akan bertanda centang dengan tambahan huruf “R” sebagai singkatan “read”, sedangkan gagal atau tidak terkirim akan bertanda “X”. Setelah update, semua tanda tersebut menjadi berada di dalam kotak berwarna.

Meskipun aplikasi chat dan messenger lain juga sudah menerapkan hal yang serupa untuk tahu kepastian sampai tidaknya pesan, kamu pasti akan merindukan momen-momen yang mengawali fitur ini. Terutama ketika kamu mengalami drama dengan si dia atau teman-temanmu.

7. Masih ingat antrean untuk mendapatkan ID Blackberry-mu di Android dan iOS? Sampai harus cek email berkali-kali

BBM Tutup 31 Mei 2019, Ini 7 Fitur yang Paling Gak Bisa Dilupakanjoyofandroid.com

Ya, antusiasme masyarakat seluruh dunia atas dikembangkannya aplikasi BBM untuk Android dan iOS sangat menggila. Saking ramainya, kamu harus mengantre bahkan sampai beberapa hari hanya untuk mendapatkan Blackberry ID dan bisa aktif menggunakan messenger hits di zamannya itu. Setelah kamu berhasil sign-in, baru kamu akan mengetahui PIN BBM-mu. Meskipun itu cuma penantian sesaat, itu akan jadi bagian memori di hidupmu.

Itulah 7 hal yang akan paling kamu rindukan dari BBM. Ya, seperti perkataan bijak yang sering beredar: “tidak ada yang abadi di dunia ini”, begitu juga dengan aplikasi atau teknologi secanggih apapun. Jadi, selamat tinggal BBM, terima kasih sudah pernah mewarnai hari-hari kami!

Baca Juga: Goodbye! BBM Messenger Dihentikan Tanggal 31 Mei 2019

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You