Comscore Tracker

Instagram Down Lagi, Bukan karena Diblokir tapi Dialami Seluruh Dunia

Yang paling terdampak adalah Amerika, Eropa dan ASEAN

Setelah beberapa waktu lalu layanan Instagram down karena memang diblokir pemerintah bersamaan dengan Facebook dan WhatsApp, kali ini media sosial yang lebih akrab disebut dengan IG ini mengalami masalah akses lagi.  Banyak netizen membanjiri Instagram dengan laporan down dan keluhan mereka.

Sebenarnya apa yang terjadi? Berikut ini ulasannya!

1. Laporan pengguna Instagram mendadak melonjak terkait masalah pada feed, stories maupun loginnya

Instagram Down Lagi, Bukan karena Diblokir tapi Dialami Seluruh Duniadowndetector.com

Berdasarkan berbagai sumber, laporan down Instagram membanjiri bagian keluhan pelanggan Instagram. Para pengguna melaporkan masalah terkait feed  dan stories yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Terlihat sebanyak 83 persen melaporkan terkait masalah di news feed, 10 persen mengalami masalah dalam akses website-nya, sementara 6 persen bermasalah pada log-in-nya.

Instansi monitoring kinerja media sosial independen Down Detector telah menerima lonjakan besar dalam laporan down-nya Instagram. Down Detector Inggris dan Downdetector.com telah menerima ribuan laporan Instagram, dengan masalah yang menyerang pengguna di Eropa, AS dan ASEAN.

2. Dari peta Live Outage Map untuk Instagram oleh Down Detector, terlihat bahwa area yang mengalami masalah adalah Amerika, Inggris, sebagian Eropa dan ASEAN

Instagram Down Lagi, Bukan karena Diblokir tapi Dialami Seluruh Duniadowndetector.com

Laporan datang paling banyak dari Amerika Serikat dan Inggris. Dari mereka yang terkena dampak, sebagian besar laporan Instagram berkisar pada masalah dengan news feed. Down-nya Instagram terbaru terjadi setelah pengguna Insta minggu lalu juga melaporkan masalah dengan jejaring sosial foto populer ini.

Pada hari Kamis lalu, 13 Juni 2019, pengguna Instagram seluruh dunia melaporkan mendapatkan pesan kesalahan server 5xx, serta mengalami masalah pada news feed dan log-in yang sama seperti saat ini. Kejadian ini membuat Downdetector.com mendapatkan sebanyak 57 ribu laporan Instagram down.

Baca Juga: Apa yang Harus Kamu Lakukan jika Akun Instagrammu Diretas?

3. Seperti biasa, Twitter menyambut para pengguna Instagram yang "hilang arah" dengan berbagai bercandaan khas penghuni Twitter

Bahkan ada pengguna Twitter yang mengatakan bahwa sebenarnya netizen membutuhkan media sosial yang sangat visual seperti Instagram, tapi bisa menunjukkan postingan dalam bentuk teks seperti Facebook, dan yang paling penting adalah selalu berfungsi normal seperti Twitter. Menurut banyak netizen, percuma jika Instagram kaya akan fitur dan sangat ramai digunakan, tapi sering mengalami down.

Untuk sementara ini, belum ada pernyataan dari Instagram terkait alasan mereka mengalami down lagi ini. Semoga tidak sering-sering lagi ya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Insta Story untuk Tampilan Instagram yang Lebih Keren!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You