Comscore Tracker

Taobao Maker Festival, Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan Alibaba

Dari mobil terbang hingga burger transparan, guys!

Kreativitas yang tak terbendung pada diri manusia bisa mengantarkan pada penciptaan produk inovatif yang tak hanya estetik dan istimewa, tetapi juga bermanfaat untuk orang banyak. Hal itu lah yang diwadahi oleh Taobao Maker Festival (TMF) dari Alibaba Group. 

TMF tahun 2021 ini kembali digelar dan dimeriahkan oleh lebih dari 100 merchant Taobao dari berbagai kategori yang dilaksanakan di Pusat Konvensi dan Pameran Nasional di Shanghai pada 17-25 Juli 2021. Jika tahun lalu dilaksanakan secara hybrid, yaitu perpaduan online dan offline, kali ini TMF akan menghadirkan pengalaman yang imersif. 

Menariknya guys, TMF 2021 ini mengangkat tema “Harta Karun yang Hilang” atau “The Lost Treasure” dan akan menjadi festival pertama di Tiongkok yang menampilkan konsep berburu harta karun besar-besaran dengan petunjuk dan teka-teki yang tersebar di berbagai zona dalam pameran seluas 30.000 meter persegi. 

Wow, penasaran gak sih para merchant di TMF ini menciptakan apa saja? Dan bagaimana festival ini berjalan? Cek selengkapnya di bawah ya. Siapa tahu kamu bisa dapat inspirasi!

1. Apa itu Taobao?

Taobao Maker Festival, Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan AlibabaTaobao Maker Festival 2021 digelar dengan menghadirkan pengalaman yang imersif (Dok. Alibaba)

Taobao telah lama menjadi platform favorit bagi para kreator dan pengusaha muda di Tiongkok. Per Maret 2021, jumlah merchant aktif baru di Taobao mencapai angka tertinggi dalam lima tahun terakhir sejak 2017. 

Nah, selain itu guys Taobao membantu para pengusaha muda untuk terhubung dan berinteraksi dengan lebih dari 925 juta pengguna aktif di seluruh pasar ritel Alibaba di Tiongkok, serta membantu mensukseskan bisnis mereka. Sejak Maret, Taobao pun juga memperkenalkan serangkaian langkah-langkah baru untuk mempermudah syarat masuk, mempercepat proses orientasi dan mengurangi biaya operasional.

Taobao juga meluncurkan inisiatif “Merchant Growth System” pertamanya pada bulan Mei untuk memberikan strategi pertumbuhan dan pedoman perlindungan hak intelektual yang lebih transparan kepada semua merchant.

Baca Juga: Jokowi: Alibaba dan Microsoft Tertarik Bangun Pusat Data di Indonesia

2. Taobao Maker Festival adalah puncak perayaan kreativitas dan kewirausahaan

Taobao Maker Festival, Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan AlibabaChief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung (Dok. Alibaba)

Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung mengatakan untuk mendukung para kreator dan merchants di platform ini, penyelenggaran TMF tahun ini akan diperkaya dengan konsep gamifikasi fantasi yang terinspirasi oleh Dinasti Tang, agar pengunjung bisa menjelajahi semua bagian pameran TMF dengan menyenangkan dan interaktif, sambil melihat berbagai produk dari kreator-kreator paling kreatif di Taobao. 

Jadi, guys, TMF ini juga bertujuan mengangkat hidden gems berupa produk baru atau khusus yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan generasi muda di Tiongkok. Apa saja itu? Banyak banget, guys. Seperti dari kerajinan tangan, fashion, kreasi yang terinspirasi sejarah budaya, hingga penemuan teknologi yang futuristik.

3. Jajaran produk unik di TMF yang bikin kamu bakal bilang “WOW”

Taobao Maker Festival, Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan AlibabaBurger transparan salah satu yang dipamerkan di TMF 2021 (Dok. Alibaba)

Nah, di bagian ini, IDN Times ingin share nih beberapa produk yang dipamerkan di TMF 2021. Pertama, Mobil Terbang XPeng Huitian Voyager. Yup, kamu gak salah baca. Literally, Mobil terbang! 

Mobil terbang ini diproduksi oleh Xpeng Huitian sebuah perusahaan inovasi penerbangan berteknologi tinggi yang berkomitmen untuk menciptakan kendaraan terbang berbasis listrik yang ramah lingkungan, nyaman, efisien dan cerdas, untuk memperluas pilihan transportasi, termasuk mobil yang dapat terbang rendah.

Taobao Maker Festival, Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan AlibabaMobil Terbang Xpeng Huitian Voyager (Dok. Alibaba)

Pada Juni 2021, Voyager X2 berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya, dan saat ini mereka sedang merekrut sukarelawan untuk mencoba pengalaman mobil terbang ini. Kamu berani coba gak, guys?           

Kedua adalah Burger Transparan. Hah? Kok bisa? Jadi ternyata guys kreator yang merupakan seorang atlet dan menamakan brand-nya Bao Ji Du Jiao Shou ini berpartisipasi dalam TMF untuk pertama kalinya dengan meluncurkan burger berbasis konjac yang rendah kalori. Jadi nantinya, patty burgernya akan tampak transparan dan hanya mengandung 4,18 kalori! Gokil.

Taobao Maker Festival, Pusat Kreativitas dan Kewirausahaan AlibabaBurger transparan dari Bao Ji Di Jiao Shou (Dok. Alibaba)

Brand ini bertujuan untuk mempromosikan konsep hidup sehat dan menjaga pola makan sehat. Gross Merchandise Volume (GMV) mereka telah tumbuh sebesar 300 persen per tahun sejak didirikan pada 2017 di Tmall. Sebab, pandemik ini juga turut meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat, serta menciptakan lebih banyak potensi bagi pasar makanan sehat. Yuk cobain kalau ada di Indonesia! 

Nah di atas adalah dua contoh dari produk yang dipamerkan di TMF, ada banyak produk lainnya yang keren dan mindblowing lainnya. Seru banget gak sih? Banyak inovasi yang mantap di TMF.  Kalau kamu penasaran inovasi lainnya cek di sini! Kasih tahu teman-temanmu juga ya! (WEB)

Baca Juga: Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya