Comscore Tracker

Gak Repot, Ini 6 Cara Mengetahui Bandwidth yang Dipakai

Bisa dilakukan dengan mudah dan praktis

Tech Target dalam lamannya menjelaskan bahwa bandwidth sangat berkorelasi dengan besaran transfer data pada satu waktu tertentu. Biasanya, transfer data di internet dihitung berdasarkan seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk pertukaran data tersebut. Ini menunjukkan bahwa bandwidth menggambarkan seberapa maksimal besaran pertukaran data di sebuah jaringan.

Ini sebabnya, bandwidth juga disebut sebagai lebar pita yang punya satuan bit per second. Nah, ada beberapa cara mengetahui Bandwidth yang dipakai. Langkah-langkah ini secara umum juga dilakukan untuk menentukan angka kecepatan internet di sebuah jaringan tertentu.

Baca Juga: 5 Urutan Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Agak Berbeda!

Cek kecepatan internet dengan langkah mudah

Gak Repot, Ini 6 Cara Mengetahui Bandwidth yang Dipakaiilustrasi tempat layanan internet (unsplash.com/Leon Seibert)

Kamu bisa melakukan pemeriksaan kecepatan internet, bandwidth, dan kapasitas transfer data secara manual. Tentunya, kamu pun harus berada di dalam jaringan internet yang akan kamu cek kecepatannya. Begini caranya:

  1. Gunakan jasa dari laman fast.com. Ya, pada laman ini, kamu bisa memeriksa seberapa cepat internet yang kamu gunakan secara otomatis. Cara ini menjadi salah satu langkah termudah untuk dilakukan.
  2. Nah, jika ingin memantau dan cek kecepatan atau bandwidth internet dengan cukup lengkap, kamu bisa mengunjungi https://www.bandwidthplace.com/. Cara ceknya juga mudah, pengguna hanya tinggal klik Start di lingkaran berwarna oranye.
  3. Untuk pengguna layanan internet tertentu, laman resmi dari penyedia layanan internet bisa dikunjungi dan masuk ke akun kita masing-masing. Di sana, akan ada data mengenai kecepatan, bandwidth, nomor pelanggan, dan lain sebagainya.
  4. Laman https://www.meter.net/ juga bisa kamu kunjungi untuk mengetahui berapa kecepatan unduh dan unggah di jaringan internetmu.
  5. Mau cek kecepatan internet secara tepat dan lengkap? Gunakan https://speedsmart.net/ karena di sana akan ada data tentang kecepatan unduh, unggah, nama provider, posisi server, dan sebagainya.
  6. Ookla adalah perusahaan jaringan internet yang menyediakan layanan untuk pengujian kapasitas broadband secara global. Kamu bisa mengunjungi https://www.speedtest.net/id dan ikuti langkah-langkah yang diminta.

Nah, enam cara mengetahui bandwith yang dipakai di atas bisa dilakukan untuk memeriksa seberapa cepat kemampuan unduh dan unggah di jaringan internet yang kamu pakai. Oh, ya, ada banyak faktor yang memengaruhi kecepatan jaringan internet. Bahkan, bisa saja angkanya berubah-ubah jika dicek pada waktu yang berbeda.

Baca Juga: 6 Perbedaan HTTP dan WWW dalam Jaringan Internet

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya