Comscore Tracker

5 Channel YouTube Terbaik untuk Meningkatkan Skill Fotografimu

Yuk, upgrade skill fotomu di sini!

Belakangan ini fotografi menjadi hal yang populer di semua kalangan. Para Millennials berlomba-lomba menghasilkan foto bagus untuk mengisi feed media sosial mereka.

Instagram adalah wadah bagi mereka untuk menuangkan ide-ide foto kreatif demi mendapatkan like maupun comment dari followers. Nah, jika ingin mencari referensi channel YouTube yang bisa meningkatkan skill fotografi, kamu wajib menyimak artikel berikut ini.

1. Mango Street

https://www.youtube.com/embed/syfjVetUfws

Channel YouTube ini dibentuk oleh sepasang suami istri asal Amerika Serikat, Daniel Inskeep dan Rachel Gulotta. Channel mereka berisi semua hal yang berhubungan dengan fotografi.

Mango Street memiliki subscribers mencapai 902 ribu. Konten yang diberikan pun beraneka ragam, mulai dari tutorial memotret yang benar, cara mengedit foto, hal yang berkaitan dengan gear, bahkan tutorial membuat film.

Selain itu, channel ini juga sering memberikan konten challenge untuk meningkatkan kreativitas penonton. Salah satu di antaranya adalah memotret dengan kostum seadanya dengan lokasi, seperti parkiran dan kamar tidur.

2. Brandon Woelfel

https://www.youtube.com/embed/DCNaaRZagC4

Buat kamu pencinta foto potret, coba kunjungi channel YouTube Brandon Woelfel. Fotografer asal New York ini terkenal dengan ciri khas foto yang berwarna biru, loh.

Brandon pertama kali eksis di Instagram dengan akun @brandonwoelfel. Ia sering membagikan karya-karya foto potretnya yang menakjubkan. Di channel YouTubenya, Brandon sering memberikan tips memotret dengan barang-barang antik, seperti kaset CD, pernak pernik, prisma, lampu-lampu, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Tip Fotografi Jalanan dengan Ponsel

3. Kelas Pagi

https://www.youtube.com/embed/1s4D0Y-59Gs

Channel ini berasal dari kelompok belajar fotografi yang dipelopori oleh fotografer Anton Ismael. Kelompok ini dinamai Kelas Pagi sebab materi yang diajarkan dimulai dari pagi pukul 06.00 WIB.

Kelas pagi sendiri berdiri pada 2006 dan terus berkembang hingga sekarang. Sejak awal didirikan, kelas pagi tidak pernah memungut biaya pada muridnya. Kelas ini terbuka untuk semua kalangan di Jakarta.

Kelas Pagi juga menyediakan channel YouTube dengan nama yang sama. Di channel ini kamu akan diajarkan tips dan trik menghasilkan foto yang bagus dengan memanfaatkan gear atau kamera seadanya.

4. Jessica Kobeissi

https://www.youtube.com/embed/nykYXP1QbfA

Channel Jessica Kobeissi sangat cocok buat kamu yang suka foto potret outdoor. Fotografer wanita asal Amerika Serikat ini sering memberikan tips memotret bagus di lokasi-lokasi yang dianggap jelek dan tidak menarik, seperti pekarangan belakang rumah, gudang, tempat sampah, dan lain-lain.

Selain itu, Jessica juga sering memberikan tips mengatur pose yang baik, mengedit foto, dan mengadakan challenge dengan fotografer-fotografer asal Amerika Serikat lainnya. Setelah melihat konten dari channel ini, kamu akan dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam memotret model di lokasi mana pun.

5. Moment

https://www.youtube.com/embed/DN13bERDNJk

Kalau di channel ini, kamu akan diedukasi bahwa hanya dengan menggunakan smartphone, kamu juga bisa menghasilkan foto dan video yang bagus dan menarik. Channel ini berisi tentang bagaimana trik memanfaatkan atau memaksimalkan smartphone dalam berkarya.

Kamu akan diajak untuk lebih kreatif lagi dalam menentukan sudut pengambilan gambar. Tak hanya itu, Moment juga sering memberikan video perbandingan memotret dengan smartphone dan DSLR serta tips bagaimana menjadi travel fotografer.

Nah, itu tadi 5 channel YouTube yang wajib kamu tonton untuk upgrade skill fotografimu. Terus semangat lagi untuk berkarya, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Usaha Jasa Fotografi Produk Raup Banyak Rupiah

Dedy Ayub Wicaksono Photo Writer Dedy Ayub Wicaksono

Fotografer dan Penulis paruh waktu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya