Comscore Tracker

Perkenalkan, Reels: Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTok

Reels sudah hadir di 50 negara, bersiap menyaingi TikTok

Instagram baru saja merilis fitur terbarunya yaitu Reels, yang digadang-gadang akan merebut hati para TikTok user karena kegunaannya yang hampir sama dengan TikTok. Reels sendiri sudah hadir di 50 negara, termasuk India, Brazil, Inggris, Jepang, Australia dan Jerman.

Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, Reels masih belum hadir pada fitur Instagram di Indonesia. Tapi, tidak ada salahnya bukan lebih dulu update apa itu Reels dan bagaimana cara create video seperti TikTok rasa Instagram? Lebih lengkapnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Mirip dengan TikTok

Perkenalkan, Reels: Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTokbbc.com

Dilansir dari The Verge, Reels yang mirip dengan TikTok, sama-sama memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek disertai musik yang dapat dibagikan ke followers melalui feed maupun Instagram Story dan bisa juga video Reels ditemukan saat menjelajahi aplikasi melalui menu explore. Hal ini membuka kesempatan bagi Instagram untuk menggaet pengguna baru, menambah frekuensi waktu yang dihabiskan user saat menggunakan aplikasi, serta menjadikan Instagram sebagai platform hiburan utama berbasis video.

Lebih spesifik, Reels akan merekam video hingga 15 detik dan menambahkan pilihan musik populer, serta berbagai filter dan efek. Untuk user yang ingin menggunakan Instagram Reels sebagai cara baru dalam menjaring pengikut, Instagram telah melakukan modifikasi pada menu explore sehingga akan ada thumb khusus untuk menjelajahi Reels di bagian atas layar yang dapat digulir secara vertikal, di mana ini mirip dengan "For You Page" dari TikTok.

2. Cara membuat Reels

Perkenalkan, Reels: Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTokUnsplash/Andrik Langfield

Pertama, pilih menu Reels di bagian bawah kamera Instagram. Kemudian, akan muncul berbagai pilihan editor di sisi kiri layar untuk membantu mengkreasikan video, yaitu sebagai berikut:

  • Audio: menambahkan musik dari koleksi Instagram, atau tambahkan sendiri musik pilihanmu.
  • AR Effects: menambahkan beberapa efek dari galeri Instagram.
  • Timer and Countdown: mengatur timer dan hitungan mundur dalam merekam video.
  • Align: menggabungkan beberapa rekaman video beserta transisinya untuk menjadi satu rekaman video.
  • Speed: mengatur kecepatan pada video dengan memperlambat atau mempercepat bagian video yang dipilih.

Reels dapat direkam secara sekaligus maupun bertahap satu per satu untuk digabungkan ke dalam satu video, atau bisa juga menggunakan video yang diunggah dari galeri smartphone. Rekam klip pertama dengan menekan dan menahan tombol capture. Lalu, akan terlihat indikator di bagian atas layar saat dilakukan perekaman, lepaskan tombol capture saat ingin berhenti merekam untuk mengakhiri setiap klip.

Baca Juga: 7 Perubahan Drastis Fitur Instagram dari Masa ke Masa

3. Cara membagikan Reels

Perkenalkan, Reels: Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTokinstagram.com

Reels yang sudah diunggah dapat dibagikan ke followers dan dapat ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya melalui menu explore. Namun, tentu saja Reels akan ditampilkan dalam Explore sesuai dengan pengaturan keamanan dan privasi akun Instagram kamu.

Reels yang sudah dibuat dapat disimpan dulu ke dalam draft ataupun langsung diunggah untuk dibagikan ke followers. Sebelum diunggah, kamu dapat mengubah gambar sampul, menambahkan judul dan tagar, dan memberi tag teman. Setelah diunggah, video Reels kamu akan tersedia di tab Reelsyang terpisah pada tampilan profil Instagram kamu, di mana followers kamu dapat melihat Reels yang kamu bagikan.

Reels juga dapat dibagikan melalui direct message maupun Instagram Story yang akan menghilang setelah 24 jam.

4. Cara menonton Reels

Perkenalkan, Reels: Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTokinstagram.com

Saat fitur Reels ini sudah tersedia di Instagram kamu, kamu dapat menjelajahi dan menonton berbagai rekaman video Reels yang direkomendasikan untukmu melalui menu explore. Kamu juga dapat memberikan Likes, meninggalkan komentar, ataupun membagikan Reels yang sudah kamu tonton ke akun Instagram maupun platform lainnya. Kamu pun akan menerima notifikasi ketika Reels milikmu muncul di explore.

5. Monetisasi Reels

Perkenalkan, Reels: Fitur Terbaru Instagram yang Mirip TikTokPexels/Pixabay

Dikutip dari CNN, Instagram mulai menguji Reels di Brasil pada tahun 2019 lalu. Sejak itu, dilakukan berbagai perubahan pada format Reels dan pengujian diperluas ke negara lain sebelum Reels diluncurkan secara resmi.

Menjelang peluncuran Reels secara global, Instagram telah bekerja di balik layar untuk memberikan akses awal fitur Reels ke para pakar dan influencer media sosial. Namun, untuk saat ini, Instagram tidak akan memberi influencer media sosial cara untuk mendapatkan uang melalui Reels. Sehingga, belum seperti TikTok yang menawarkan kepada influencernya untuk menghasilkan uang melalui live streaming; untuk sementara Reels Instagram akan berfokus dalam mengembangkan fungsi fiturnya terlebih dulu.

Jadi, gimana? Sudah ada keinginan untuk beralih dari TikTok ke Reels atau tetap setia saja dengan TikTok?

Baca Juga: 5 Cara Ubah Teras Rumah jadi Spot Foto Instagram, Estetis Banget!

Dentista Puspita Photo Writer Dentista Puspita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya