Comscore Tracker

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP Hilang

Nyesel kalau gak install aplikasi ini

Tidak ada orang yang berharap smartphone mereka hilang atau dicuri. Untuk itu, kita semua perlu menyimpan smartphone dengan sangat hati-hati. Namun, untuk perlindungan ekstra, tidak ada salahnya jika kamu meng-install aplikasi anti pencurian. Banyak aplikasi anti pencurian untuk Android tersedia di Google Play Store yang dapat mencegah perangkat hilang dan mengembalikan perangkat yang hilang dengan berbagai strategi, seperti mengambil foto orang yang mencoba mengakses perangkat, menyalakan alarm, mengirimkan email berisi koordinat perangkat, dan sebagainya.

Ada banyak aplikasi anti pencurian yang menarik di Google Play Store dan masing-masing menawarkan fitur yang unik. Di bawah ini akan dipaparkan beberapa rekomendasi aplikasi anti pencurian terbaik untuk Android.

1. Anti-Theft Alarm

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangAnti-Theft Alarm (Dok. RaLok Technologies)

Anti-Theft Alarm bisa melindungi perangkat dari pencurian dengan membunyikan alarm pada kondisi tertentu, seperti:

  • Saat smartphone sedang di-charge kemudian ada yang mencabutnya
  • Ketika lokasi telepon berubah
  • Saat kamu mengganti kartu SIM telepon.
  • Saat perangkat dicuri, kamu dapat mengaktifkan alarm dari jarak jauh. Dengan begitu, alarm akan terus menyala sampai kamu memasukkan kata sandi.

2. Avast Mobile Security

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangAvast Mobile Security (Dok. Avast Software)

Avast Mobile Security punya banyak fitur untuk menjaga privasi dan mengamankan perangkat dari pencurian. Fitur-fitur di aplikasi ini mencakup:

  • Alarm, peta, dan remote control.
  • Fitur mendengarkan jarak jauh. Ini memungkinkan telepon yang hilang memanggil kamu pada no lainnya sehingga kamu dapat mencari lokasi perangkat. Jika smartphone kamu berada di tangan pencuri, ia tidak akan tahu tentang panggilan aktif karena layar smartphone akan tetap terkunci.
  • Notifikasi daya baterai rendah yang memungkinkan kamu tahu jika ada orang lain yang menggunakan perangkatmu.

Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Akan tetapi, beberapa fitur perlu diaktifkan dengan berlangganan.

3. Where's My Droid

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangWhere's My Droid (Dok. Alienman Technologies LLC)

Where's My Droid adalah aplikasi anti pencurian yang punya keunggulan berupa antarmuka pengguna yang ringan dan mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengembalikan secara penuh perangkat yang hilang. Kamu bisa memberikan perintah seperti wipe data, sim change notification, image capture, phone lock, dan tracking.

Fitur menarik lainnya termasuk memberikan perintah ke telepon melalui teks dan mengaktifkan mode anti-pencurian setelah meninggalkan area yang ditentukan. Kamu juga bisa menghapus data dari jarak jauh.

Baca Juga: 7 Aplikasi Keamanan Privasi HP Android Terbaik, yuk Coba

4. McAfee Security

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangMcAfee Security (Dok. McAfee LLC)

McAfee sebenarnya lebih dikenal sebagai aplikasi anti-virus. Namun, aplikasi ini juga menyertakan fitur anti-pencurian, sehingga meningkatkan kebutuhan keamanan perangkat.

Fitur anti-pencurian yang ditawarkan mencakup keamanan kunci perangkat, kamera pencuri, dan perlindungan penghapusan instalasi aplikasi. Jika seseorang salah memasukkan kode PIN sebanyak tiga kali, perangkat akan mengunci sendiri hingga dan mengambil foto orang yang mencoba membuka perangkat.

McAfee Security juga memiliki fitur temukan perangkat. Dengan fitur itu, kamu bisa melihat perangkat di peta, membunyikan alarm dari jarak jauh, dan melacak lokasi perangkat. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tetapi kamu perlu membayar biaya langganan untuk mendapatkan fitur lengkap.

5. CrookCatcher

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangCrookCatcher (Dok. CrookCatcher)

CrookCatcher bukan hanya membantu kamu mendapatkan kembali smartphone yang hilang, tetapi juga keseruan dalam mengidentifikasi pencuri. Saat seseorang salah memasukkan kode PIN untuk membuka perangkat, perangkat akan mengambil gambar orang tersebut dan segera mengirimkannya melalui email. Email akan berisi gambar, koordinat dan akurasi GPS, perkiraan alamat, dan peta.

Nilai tambah lain dari aplikasi ini adalah tidak cepat menguras daya baterai. Sebab, aplikasi hanya menyala saat kode yang salah dimasukkan dan tidak berjalan di latar belakang secara permanen.

6. Prey Anti Thef

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangPrey Anti Thef (Dok. Prey, Inc.)

Prey Anti Thef adalah aplikasi yang mampu melacak smartphone, laptop, tablet, dan semua jenis perangkat lain. Terdapat versi gratis dan premium yang bisa kamu unduh lewat Google Play Store. Versi gratisnya memungkinkan kamu melacak hingga tiga perangkat, tetapi membatasi kamu pada satu zona keamanan.

Sedangkan, versi premium menawarkan geo-fencing, tindakan zona kontrol, kunci layar jarak jauh, peringatan pesan, riwayat lokasi, dan dukungan untuk pelacakan melalui GPS, triangulasi Wi-Fi, dan GeoIP. Jika kamu berlangganan versi premium, kamu juga dapat menghapus data dan mengambil file dari jarak jauh.

7. Bitdefender Mobile Security & Antivirus

7 Aplikasi Anti Pencuri di Android, Temukan HP HilangBitdefender Mobile Security & Antivirus (Dok. Bitdefender)

Bitdefender ialah aplikasi antivirus dan keamanan seluler yang menawarkan perlindungan dari ancaman dunia maya. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur tambahan, seperti anti-pencurian.

Fitur anti-pencurian memungkinkan kamu mendapatkan perlindungan dari pencurian data dan perangkat. Fungsi ini sangat penting jika kamu tidak dapat menemukan perangkat yang hilang, tetapi tidak ingin data rahasiamu diakses.

Aplikasi anti pencurian terbukti punya peran penting untuk mengamankan perangkat. Jadi, cari tahu aplikasi mana yang menawarkan fitur sesuai kebutuhanmu dan segera install di perangkatmu.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Speech to Text Terbaik, Efisien!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya