Comscore Tracker

5 Alasan Teknologi Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Banyak inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan mental

Menurut data yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), hampir 800 ribu orang meninggal akibat bunuh diri setiap tahunnya. Lebih lanjut, orang dengan masalah kesehatan mental memiliki peningkatan risiko pikiran dan perilaku untuk bunuh diri.

Sayangnya, masih banyak stigma di masyarakat tentang masalah kesehatan mental yang membuat banyak orang enggan mencari bantuan. Ini membuat banyak individu yang memiliki masalah kesehatan mental, tetapi tidak terdiagnosis.

Ada semakin banyak strategi yang dikembangkan untuk mengatasi masalah kesejahteraan mental, mulai dari obat-obatan, terapi perilaku, hingga olahraga. Bahkan, saat ini inovasi teknologi baru terus dikembangkan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Untuk mengetahui bagaimana teknologi bisa membantu meningkatkan kesehatan mental, simak pembahasan berikut ini.

1. Banyak tersedia aplikasi untuk kesehatan mental

5 Alasan Teknologi Bisa Meningkatkan Kesehatan Mentalilustrasi aplikasi smartphone (unsplash.com/James Yarema)

Saat ini, banyak sekali aplikasi yang telah dikembangkan untuk berbagai keperluan, salah satunya kesehatan mental. Seperti meditasi, konsultasi dengan psikologi secara daring, memudahkan tidur, mengelola kecemasan, dan sebagainya.

Bahkan, ada juga yang dirancang secara khusus untuk berbagai kondisi mental, seperti PTSD, bipolar disorder, depresi, dan sebagainya. Tentu saja, ini dapat membantu individu bertahan dengan perawatan kesehatan mental.

Aplikasi kesehatan mental tentu saja memiliki banyak manfaat dalam hal kenyamanan, anonimitas, dan harga yang terjangkau. Namun, National Institute of Mental Health memperingatkan agar tidak menggunakan aplikasi sebagai pengganti untuk perawatan profesional, khususnya untuk individu yang memang terdidiagnosis dengan gangguan tertentu dan membutuhkan terapi konsisten.

2. Banyak situs web yang dapat memberikan bantuan langsung kapan saja dan di mana saja

5 Alasan Teknologi Bisa Meningkatkan Kesehatan Mentalilustrasi menjelajah internet (pexels.com/Kaboompics.com)

Melalui internet, bantuan tersedia secara online untuk siapa pun dan di mana pun. Ada banyak sekali situs web yang dapat memberikan dukungan bagi individu dengan masalah kesehatan mental. Misalnya, Heads Together. Ini merupakan situs pendukung kesehatan mental yang mempertemukan para relawan dan pejuang kesehatan mental untuk saling berbagi cerita.

Untuk mencegah bunuh diri, ada situs The Campaign Against Living Miserably yang memimpin kampanye untuk meningkatkan kesadaran diri dan menyediakan akses ke saluran bantuan. Situs nonprofit, Mind juga menyediakan layanan untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan segera.

Baca Juga: Waspada! Aplikasi Discord Makin Ramai Hacker

3. Asisten suara sebagai solusi untuk mereka yang tidak nyaman bercerita dengan orang lain

5 Alasan Teknologi Bisa Meningkatkan Kesehatan Mentalilustrasi asisten suara (unsplash.com/BENCE BOROS)

Berbicara pada orang lain tentang masalah yang sedang kita alami sering kali dapat membantu membuat kita merasa lebih baik. Namun, ada juga orang yang justru merasa tidak nyaman mengungkapkan masalahnya pada orang lain karena berbagai alasan.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak dikembangkan asisten suara yang dapat menemani orang berbagi isi hati. Kecerdasan buatan (AI) ini bisa menjadi terapis yang membantu mereka yang kurang nyaman berbagi masalah dengan orang lain.

Lebih jauh, menurut laporan laman Ability Net, USC Institute for Creative Technologies sedang mengembangkan aplikasi yang mampu memantau ekspresi mikro. dengan begitu, asisten suara bisa menanggapi isyarat wajah, melakukan gerakan simpatik, dan kemudian membangun hubungan baik dengan orang.

4. Terapi paparan dengan virtual-reality

5 Alasan Teknologi Bisa Meningkatkan Kesehatan Mentalilustrasi teknologi virtual reality (pexels.com/Eugene Calon)

Selain mengobati PTSD dengan obat-obatan dan terapi, terkadang dokter juga menggunakan teknik yang disebut terapi pemaparan. Hal ini dirancang untuk membantu pasien menghidupkan kembali fenomena terkait trauma dalam lingkungan yang terkendali dan aman, seperti ruang praktik dokter. Terapi ini membantu pasien terbiasa dengan ingatan sehingga tidak lagi memicu kecemasan.

Dijelaskan dalam laman NBC News, para ilmuwan telah menguji virtual reality sebagai alat untuk terapi paparan dalam uji klinis. Hasilnya, beberapa dokter di AS sekarang dilatih untuk menggunakannya dalam praktik mereka.

5. Aplikasi suasana hati

5 Alasan Teknologi Bisa Meningkatkan Kesehatan Mentalilustrasi App Store (pexels.com/Brett Jordan)

Saat suasana hatimu sedang tidak baik, kamu bisa mengunduh aplikasi suasana hati yang banyak tersedia di Google Play Store dan App Store untuk membantu kamu menemukan pola suasana hati dan meningkatkan kesadaran diri. Aplikasi suasana hati juga sering kali memiliki fitur penjurnalan suasana hati dan membantu kamu menghindari jebakan pikiran yang mengganggu.

Ada banyak aplikasi untuk suasana hati yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Namun, ada juga yang mengenakan tarif berlangganan, tentunya dengan fitur yang lebih lengkap.

Terbukti kan, dengan adanya teknologi, seharusnya bisa membantu kita mengatasi masalah kesehatan mental? Jadi, jika suatu saat kamu merasa sedih, stres, tertekan, cemas, atau apapun, ingatlah untuk memanfaatkan teknologi guna membantu mengatasi masalah tersebut sesegera mungkin.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Ujicobakan Aplikasi P-Care Vaksinasi Mobile

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya