Comscore Tracker

5 Cara Memanfaatkan Canva untuk Mengembangkan Karier, Patut Dicoba!

Bikin desain keren secara mudah

Baik kamu adalah seorang job seeker atau sudah bekerja, memresentasikan ide-ide secara efektif sangat penting untuk pertumbuhan karier. Salah satu alat yang dapat kamu manfaatkan untuk mendukung pertumbuhan kariermu adalah Canva. Canva adalah alat digital yang memungkinkan siapa pun membuat desain untuk berbagai keperluan, baik konten media sosial hingga portofolio pekerjaan.

Canva menyediakan ribuan template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu serta berbagai fitur pengeditan yang memungkinkanmu menyajikan karya secara profesional. Menariknya lagi, Canva bisa digunakan oleh siapa pun, bahkan yang tidak pernah belajar desain grafis sekali pun.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan Canva untuk meningkatkan karier? Simak strateginya di bawah ini, yuk!

1. Membuat CV dan surat lamaran 

5 Cara Memanfaatkan Canva untuk Mengembangkan Karier, Patut Dicoba!ilustrasi resume (pixabay.com/olilynch)

Kita semua tahu, CV dan surat lamaran adalah kunci penting untuk mendapatkan pekerjaan impian. Mengingat persaingan antar kandidat menjadi semakin ketat, penting untuk membuat dirimu menonjol lewat CV. Agar lebih dilirik, pastikan isi CV mencerminkan identitasmu dengan cara yang sederhana dan efektif. 

Untungnya, Canva menyediakan banyak template desain CV dan surat lamaran siap pakai sehingga kamu hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian. Kamu dapat menemukan banyak CV yang sudah dirancang dengan baik, penuh warna, hingga sederhana. Jadi, kamu hanya perlu memilih sesuai dengan preferensimu dan karakter kepribadian kamu.

2. Membuat presentasi profesional

5 Cara Memanfaatkan Canva untuk Mengembangkan Karier, Patut Dicoba!ilustrasi membuat presentasi dengan canva (canva.com)

Dalam proses rekrutmen, para kandidat seringkali diminta melakukan presentasi. Biasanya, perusahaan akan lebih menghargai kandidat yang menunjukkan usaha lewat presentasi yang disajikan.

Canva menawarkan template presentasi gratis yang dapat disesuaikan dengan posisi dan perusahaan tempat kamu melamar. Sedikit tips, sebaiknya gunakan kode warna perusahaan dan logo mereka untuk membuat perekrut terkesan. Jadi, penting untuk melakukan banyak riset sebelum melamar ke sebuah perusahaan, memeriksa nilai-nilai mereka, sejarah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Makin Populer, 5 Manfaat Canva yang Wajib Kamu Tahu

3. Membut portofolio yang menarik

5 Cara Memanfaatkan Canva untuk Mengembangkan Karier, Patut Dicoba!ilustrasi membuat portofolio dengan menggunakan canva (canva.com)

Portofolio menjadi cara terbaik untuk menunjukkan apa yang telah kamu capai sejauh ini dalam karier. Canva dapat membantumu membangun portofolio yang menarik sebagai wadah untuk mempresentasikan karya terbaik dan semua pencapaian profesionalmu.

Sekali lagi, ada banyak pilihan template menarik yang dapat kamu sesuaikan sesuka hati. Jika perlu, kamu dapat membuat portofolio menjadi semakin ramai dengan menambahkan animasi, efek, foto, dan ilustrasi.

4. Membuat laporan menarik dan profesional

5 Cara Memanfaatkan Canva untuk Mengembangkan Karier, Patut Dicoba!ilustrasi membuat laporan dengan Canva (canva.com)

Laporan yang kreatif dapat membantumu tampak lebih menonjol daripada yang lain. Canva menawarkan fitur yang memudahkanmu membuat laporan tampak lebih jelas dan profesional.

Kamu dapat memilih template beserta grafik dan infografis untuk membuatnya menarik dan mudah dipahami. Canva juga memungkinkan kamu berkolaborasi dengan rekan tim dan membiarkan mereka melihat, berkomentar, dan mengedit desain. Setelah desain laporan siap, kamu dapat mengunduhnya dalam format PDF.

5. Membuat header LinkedIn menarik

5 Cara Memanfaatkan Canva untuk Mengembangkan Karier, Patut Dicoba!ilustrasi profil LinkedIn (unsplash.com/Nathana Rebouças)

Apa yang ada di media sosialmu memberikan wawasan yang lebih dalam tentang siapa dirimu. Sejauh ini, LinkedIn adalah platform paling populer untuk membangun jaringan profesional.

Kamu dapat menggunakan Canva untuk mendesain header LinkedIn yang menarik dan membuat profilmu menonjol. Untuk membuat header yang menarik, kamu hanya perlu menyertakan gambar yang tersedia di Canva bersama dengan elemen desain.

Berkat koleksi template siap pakai dan berbagai alat yang disediakan Canva, kamu bisa membuat karya terbaik untuk mengembangkan karier tanpa perlu mengerahkan banyak usaha. Selamat menuangkan segala bentuk kreativitas yang kamu miliki bersama Canva, ya!

Baca Juga: 12 Font Canva Aesthetic yang Bikin Desain Makin Outstanding

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya