Comscore Tracker

Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu Unduh

Mudah dan simpel, juga bisa pilih buku-buku yang kamu suka!

Bagi kamu yang gemar membaca dan terbiasa membawa buku bacaan saat bepergian, tentu akan merasa ada yang kurang jika sewaktu-waktu buku bacaan versi cetak yang biasa disertakan dalam setiap perjalananmu ternyata lupa dibawa.

Waktu menunggu yang biasanya seru karena kamu mengisinya dengan kegiatan membaca buku favorit jadi terasa membosankan. Buku yang seharusnya hari itu bisa selesai dibaca jadi gagal terselesaikan lalu mood kamu mendadak rusak karena hal itu.

Di zaman yang hampir segalanya sudah bisa diakses secara digital ini mestinya kegiatan membaca bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun kamu berada, sekalipun tanpa buku versi cetak. Lima aplikasi berikut ini bisa jadi pengganti saat buku cetak yang biasa kamu bawa bepergian tertinggal.

1. iPusnas

Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu UnduhDok. Penulis

Aplikasi yang diluncurkan sejak 16 Agustus 2016 ini kini sudah memiliki ribuan koleksi ebook dari berbagai kategori dan genre yang bisa kamu pinjam dan baca secara gratis. Jumlah itu masih akan terus bertambah karena Badan Perpustakaan Nasional masih terus menambah koleksi ebook-nya secara berkala.

Untuk bisa meminjam dan membaca ebook yang tersedia di aplikasi ini, kamu cukup register semudah kamu membuat akun di media sosial. Gak cuma bisa pinjam dan baca buku, kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain. Bisa saling berbalas komentar, memberi like, membuat ulasan, dan merekomendasikan buku-buku yang sudah kamu baca kepada pengguna lain.

Waktu pinjamnya memang hanya tiga hari, tapi waktu itu cukup memadai untuk kamu yang ingin membaca saat dihadapkan pada aktivitas menunggu sementara kamu gak membawa buku versi cetak.

2. Audio Books

Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu UnduhDok. Penulis

Audio book barangkali bukan lagi sesuatu yang asing bagi kamu yang gemar membaca. Buku-buku terbitan luar negeri sudah banyak yang menyertakan versi audio book-nya. Di Indonesia hal yang sama tampaknya mulai juga diterapkan pada beberapa buku. Terutama buku bacaan untuk anak-anak.

Aplikasi ini bisa memberikan pengalaman membaca yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya kamu membaca sendiri buku yang ingin dibaca, di sini ada yang membacakan dan kamu cukup mendengarkannya saja. Sayangnya, aplikasi ini hanya menyediakan audio book dari buku-buku terbitan luar negeri yang tentu saja sepenuhnya berbahasa Inggris.

Bagi kamu yang memang menguasai bahasa Inggris dengan baik dan suka membaca buku-buku karya para penulis luar, aplikasi ini bisa jadi surga untuk tempat membaca (bisa dibaca: mendengarkan). Buku-buku karya para penulis luar dari berbagai kategori dan genre tersedia audio book-nya di sini.

Sebagian besar memang berbayar, tapi jangan khawatir, koleksi audio book yang gratisannya pun gak kalah banyak kok. Audio book dari buku-buku karya Alexander Dumas, Mark Twain, Sir Arthur Conan Doyle, dan Helen Keller misalnya, ada yang bisa kamu akses secara gratis.

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Buku Berkualitas yang Layak Buat Kamu Baca

3. ReadEra

Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu UnduhDok. Penulis

ReadEra adalah aplikasi ebook reader. Bagi kamu yang memiliki koleksi ebook sendiri, membacanya dengan aplikasi ini bisa jadi lebih menyenangkan. Tampilan ebook yang dibuka menggunakan aplikasi ini akan tampak lebih bening dan lebih nyaman di mata.

Selain itu, ada fitur bookmark, mode orientasi yang bisa diubah-ubah ke horizontal dan vertikal, color mode, dan mode pengubah margin, scale, dan font. Kamu juga bisa membagikan langsung file ebook yang tengah kamu baca melalui WhatsApp ke temanmu.

Jika kamu membaca ebook dengan mode orientasi vertikal, saat berpindah dari halaman sebelumnya ke halaman berikutnya akan tampak seolah menyibak lembaran buku versi cetak. Terasa lebih nyaman dan mudah. 

4. Kindle/Amazon Kindle

Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu UnduhDok. Penulis

Aplikasi ini memang sepenuhnya berbayar. Buku-buku yang tersedia pun semuanya buku-buku terbitan luar negeri yang berbahasa Inggris. Namun, bagi kamu yang memang nggak keberatan untuk mengeluarkan uang demi bisa membaca buku-buku yang bahkan nggak akan ditemukan versi terjemahannya di Indonesia, membaca di aplikasi satu ini menyenangkan sekali.

Tampilannya benar-benar memanjakan mata. Nggak membuat mata cepat lelah. Selain itu, banyak fitur yang cukup membantu selama kamu membaca. Misalnya ketika kamu ingin menandai sebaris kalimat yang akan kamu kutip sebagai quote, ada fitur yang bisa membantumu menandainya dengan berbagai pilihan warna.

Jadi, ketika kamu ingin menemukan lagi kalimat tadi misalnya, kamu bisa dengan mudah menemukannya dan membagikannya kepada orang lain.

5. Google Play Books

Rekomendasi 5 Aplikasi Baca Buku yang Wajib Kamu UnduhDok. Pribadi

Dari segi tampilan dan fitur, aplikasi ini nyaris mirip dengan Kindle. Bedanya, nggak cuma buku-buku karya penulis luar negeri, di sini kamu juga bisa menemukan buku-buku karya para penulis Indonesia yang tentu saja berbahasa Indonesia.

Jika di Kindle pembayarannya mesti menggunakan dolar, di Google Play Book menggunakan rupiah. Bahkan kamu bisa membeli ebook yang ingin kamu miliki menggunakan Telkomsel Billing. Lebih simpel dan mudah.

Ebook yang ada di sini tersedia dari harga lima ribu hingga ratusan ribu rupiah. Kamu tinggal pilih buku apa yang kamu inginkan.

Dari kelima aplikasi tadi kamu bisa memilih dan menggunakan aplikasi mana yang sesuai kebutuhanmu. Membaca buku versi ebook bagi sebagian orang memang dianggap kurang menyenangkan, tapi saat buku versi cetak jauh dari jangkauan, membaca ebook atau mendengarkan audio book bisa dijadikan alternatif yang cukup asyik.

Baca Juga: 5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Diunduh Pecinta Buku

El Rui Photo Verified Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You