Comscore Tracker

4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikat

Siap jadi programmer handal?

Internet sebagai sumber informasi menyediakan beragam pilihan  tak terbatas bagi para penggunanya. Batas antara dunia nyata dan dunia maya hampir tak terasa lagi. Dari berbagai pilihan yang ditawarkan, situs-situs yang menyediakan kursus dan tutorial gratis bisa menjadi salah satu pilihan yang positif bagi pengguna.

Ada 4 situs online learning yang menawarkan kursus-kursus secara gratis, bahkan pada akhir kursus peserta akan mendapatkan sertifikat tanda telah menyelesaikan kursus yang diambil.

1. W3Schools

4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikatw3schools

W3School adalah sebuah situs web developer yang berisi tentang berbagai aspek pemrograman web. Tutorial-tutorial yang tersedia di situs ini  yaitu tutorial  HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, CSS dan banyak lagi yang berhubungan dengan pemrograman web.

Nama W3 diambil dari World Wide Web namun tidak berafiliasi dengan W3C. W3School dibuat pada tahun 1998 oleh Refsnes Data, sebuah perusahaan software development dan consulting Norwegia.

Di sini tutorial diberikan dalam bentuk teks penjelasan sederhana dan mudah dipahami. Setelah membaca penjelasan tersebut peserta dapat mempraktekkannya dalam jendela latihan. Tutorial dan latihan bisa didapatkan secara gratis, namun jika ingin mendapatkan sertifikat peserta diharuskan membayar.

2. Udemy

4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikatudemy.com

Di situs Udemy pilihan kursus lebih banyak dan beragam. Untuk melihat macam kursus bisa diklik pada categories. Kursus-kursus ada yang gratis ada yang berbayar. Tapi jangan khawatir, kursus-kursus gratis yang ditawarkan juga sangat banyak dan tidak kalah bagusnya dengan kursus yang berbayar.

Kursus berbayar pun sering kali didiskon pada momen-momen tertentu misal pada akhir tahun, atau momen hari-hari besar di sana. Diskonnya juga tidak tanggung-tanggung bisa sampai 90%.

Kursus disediakan dalam bentuk video tutorial. Materi latihan disediakan dalam bentuk file yang bisa didonlot.

Sertifikat diberikan secara gratis pada saat menyelesaikan kursus dan bisa didonlot oleh peserta dalam bentuk jpg atau pdf.

3. Sekolahpintar

4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikatsekolahpintar

Situs sekolahpintar adalah situs dari indonesia besutan dari Babastudio, sebuah lembaga pendidikan komputer yang berpusat di jakarta.

Kursus-kursus yang disediakan di situs juga beragam, meskipun dari segi jumlah kalah jauh dibanding udemy. Karena dari Indonesia maka kursus-kursusnya disampaikan dalam bahasa Indonesia dan berbentuk video tutorial.

Pada akhir kursus, peserta bisa mendapatkan sertfikat secara gratis.

4. Freecodecamp

4 Situs untuk Belajar Coding Gratis dan Bersertifikatfreecodecamp

Last but not least, situs freecodecamp. Tampilan situs ini sangat sederhana, namun menurut penulis pribadi, situs ini sangat keren dalam hal pembelajaran coding web.

Freecodecamp adalah sebuah komunitas open source yang bertujuan membantu pengguna mempelajari pemrograman web secara cuma-cuma. Peserta yang mengikuti kursus disebut sebagai camper, dan para campers dapat menjadi anggota dari forum yang berisi sesama campers dan para tutors.

Peserta dilengkapi dengan sebuah alur cara mempelajari coding. Alur ini harus diikuti agar bisa mendapatkan sertifikat yang juga gratis. Para campers yang tersebar di berbagai negara dan kota dapat membentuk grup-grup untuk mempelajari coding secara offline dan tatap muka. Info tentang grup yang telah terbentuk bisa ditemukan di laman situs ini.

Tutorial diberikan dalam bentuk teks. Untuk latihan disediakan sebuah jendela untuk mengetikkan kode dan menjalankannya. Praktek lapangan juga disediakan dan dikerjakan secara online dan berkelompok, bekerjasama dengan lembaga non profit yang membutuhkan jasa para campers ini. Tentu saja praktek lapangan ini gratis atau tanpa bayaran.

Setelah menyelesaikan kursus, camper akan mendapatkan sertifikat secara cuma-cuma. 

Itulah 4 situs online learning yang menarik untuk dicoba jika kalian berminat mempelajari web development. Keterangan lebih lengkap, dapat dilihat langsung di situsnya masing-masing.

Erika gusti Photo Community Writer Erika gusti

freelancer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You