Comscore Tracker

5 Fakta Unik Mubi, Layanan Streaming Surganya Sobat Sinefil

Sudah berlangganan belum?

Dari banyaknya layanan streaming yang terus bermunculan dengan konten orisinal yang segar dan inovatif, terdapat satu platform yang menyita perhatian penikmat film termasuk Mubi. Mubi menyediakan wadah bagi para penonton dan pegiat film untuk berdiskusi atau membagikan pikiran mereka melalui sebuah artikel. Tidak hanya itu, lima fakta menarik lainnya mengenai Mubi ini sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Film of the Day

5 Fakta Unik Mubi, Layanan Streaming Surganya Sobat SinefilCuplikan film Laurence Anyways (mubi.com/films/laurence-anyways)

Didirikan oleh Efe Cakarel, bisa dibilang Mubi adalah surganya bagi para penggemar film khususnya genre klasik, arthouse, cult, dan dokumenter dari berbagai negara yang cukup sulit untuk didapatkan salinan dalam bentuk fisik maupun di layanan streaming lainnya. 

Fitur yang menjadi andalan Mubi adalah Film of the Day. Dalam bagian tersebut, Mubi akan menambahkan film baru ke dalam pustaka film layanan streaming yang dibuat pada Februari 2007 silam. Selain itu, Mubi turut memberikan deskripsi yang mendetail mengenai film tersebut seperti trailer dan jajaran pemain serta kru film.

Film yang ditambahkan pun cukup beragam. Mulai dari film pendek, film komersial, film dokumenter, hingga film yang hanya ditayangkan di festival. Beberapa di antaranya bahkan merupakan hasil restorasi dari film yang sudah dirilis beberapa dekade sebelumnya.

2. Jadwal tayang terbatas

5 Fakta Unik Mubi, Layanan Streaming Surganya Sobat Sinefilcuplikan film Ballad of a White Cow (mubi.com/films/ballad-of-a-white-cow)

Tidak seperti layanan streaming lainnya yang membuat konten orisinal atau membeli hak siar suatu film dari pihak studio agar dapat tayang dalam jangka waktu yang lama, Mubi justru menayangkan beberapa film di platform mereka dalam waktu yang cukup singkat yakni 30 hari.

Ini jelas bukan hal yang aneh karena sebelumnya seluruh film yang tayang di Mubi hanya memiliki jatah waktu tayang selama 30 hari. Lewat dari itu, para kurator akan menarik film mereka dan menayangkan film tersebut di ajang festival film atau layanan streaming komersial.

Baca Juga: Daftar Film Oscars 2022 yang Bisa Ditonton di Layanan Streaming, Gas!

3. Surganya pencinta film klasik dan arthouse

5 Fakta Unik Mubi, Layanan Streaming Surganya Sobat Sinefilcuplikan film Moneyboys (mubi.com/films/moneyboys)

Rasanya tidak berlebihan jika menyebut Mubi sebagai surganya sobat sinefil. Bagaimana tidak? Koleksi film arthouse, cult, dan dokumenter dari berbagai negara di layanan streaming yang satu ini terbilang sangat lengkap.

Koleksi film klasiknya pun tidak kalah menarik. Mulai dari film bisu hingga hasil restorasi yang memakan banyak waktu dan tenaga, semuanya bisa kamu tonton di sini. Film-film yang tayang terbatas di festival film tertentu pun bisa kamu temukan dengan mudah di sini.

4. The Mubi Notebook

5 Fakta Unik Mubi, Layanan Streaming Surganya Sobat Sinefilcuplikan film Love Meetings (mubi.com/films/love-meetings)

Selain kaya akan tontonan yang berkualitas, Mubi turut menyediakan bagian khusus yang memuat artikel, esai, dan daftar tontonan bernama Mubi Notebook.

Di sana siapa pun dapat berpartisipasi dengan mengunggah opini mengenai sebuah film hingga berinteraksi dengan sesama penonton atau kru film dalam forum diskusi khusus.

5. Tersedia di berbagai perangkat

5 Fakta Unik Mubi, Layanan Streaming Surganya Sobat Sinefilcuplikan film Melo (mubi.com/films/melo)

Last but not least, cara untuk mengakses Mubi sangat mudah. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di smartphone, tablet, komputer, laptop, dan smart TV. Jika kamu tidak punya waktu untuk instal aplikasi Mubi, kamu bisa mengaksesnya melalui laman internet seperti Safari dan Chrome.

Hingga saat ini bahasa yang tersedia dalam subtitle Mubi masih terbatas. Untuk film berbahasa asing kamu dapat menggunakan Bahasa Inggris di menu subtitle. Hitung-hitung latihan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris kamu, nih!

Gimana sobat sinefil, sudah tertarik untuk mulai berlanggan di Mubi?

Baca Juga: 7 Film Jepang Wajib Tonton, Sinefil Mari Merapat!

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya