Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Virus, Hindari Kinerja Terganggu

Bukan hanya laptop saja yang bisa terkena virus, lho

Keberadaan teknologi di masa kini memang memudahkan manusia dalam segala aspeknya. Meski begitu, nyatanya ancaman yang disebabkan dari hal-hal digital juga tak kalah berbahaya, termasuk dalam hal ini penggunaan perangkat elektronik.

Ternyata, bukan hanya laptop atau komputer saja yang memiliki risiko terkena virus cyber. Perangkat elektronik lain, seperti ponsel, juga memiliki risiko yang sama. Oleh sebab itu, kamu dapat mencoba mengatasi ponsel yang terkena virus dengan beberapa tips berikut ini, ya!

1. Menghapus aplikasi yang mencurigakan

5 Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Virus, Hindari Kinerja Tergangguilustrasi whatsapp (unsplash.com/@ademay)

Ada banyak alasan mengapa virus bisa mengenai perangkat elektronik, termasuk ponsel. Salah satunya disebabkan karena mengunduh aplikasi secara sembarangan yang tak terjamin keamanannya.

Jika sudah demikian, maka tentu kamu harus langsung menghapus aplikasi yang dianggap berbahaya tersebut. Dengan begitu, maka kemungkinan virus yang terdapat pada aplikasi bisa diminimalisir.

2. Lakukan pengecekan virus secara reguler

5 Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Virus, Hindari Kinerja Tergangguilustrasi ponsel (unsplash.com/@nordwood)

Ada banyak cara dalam mendeteksi virus dalam ponsel, salah satunya dengan mengunduh aplikasi virus scanner. Aplikasi tersebut dapat secara tepat membantu mengatasi permasalahan virus dengan cara mendeteksi.

Tidak heran apabila kamu harus secara rutin melakukan pengecekan virus pada perangkat ponsel. Dengan begitu, perangkat pun akan tetap terjaga dan dapat digunakan dengan aman.

Baca Juga: 5 Inovasi Sembunyikan Kamera Depan Smartphone, Ide yang Brilian! 

3. Menghapus sisa unduhan atau cache

5 Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Virus, Hindari Kinerja Tergangguilustrasi whatsapp (unsplash.com/@jamie452)

Ada beberapa jenis virus yang mungkin bisa mengenai perangkat ponsel, salah satunya adalah adware. Biasanya virus ini bersembunyi di browser, apalagi jika kamu cukup sering melihat tampilan banyak iklan pop-up pada berbagai situs yang dikunjungi.

Tidak mengherankan apabila cara mengatasinya bisa dengan menghapus sisa cachee atau unduhan yang dimiliki. Dengan begitu, ponsel tetap bekerja secara aman dan baik.

4. Matikan ponsel

5 Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Virus, Hindari Kinerja Tergangguilustrasi ponsel (unsplash.com/@vojtechbruzek)

Banyak orang yang terkadang tidak dapat menemukan sumber dari keberadaan virus pada perangkat ponselnya. Hal ini bisa menjadi masalah sehingga kamu harus dapat berpikir dengan cepat.

Sambil berusaha menemukan sumber masalah, kamu dapat mematikan ponsel terlebih dahulu. Setidaknya, hal tersebut dapat sejenak menghambat virus yang terdapat pada ponsel.

5. Segera unduh aplikasi pelindung malware

5 Tips Mengatasi Ponsel yang Terkena Virus, Hindari Kinerja Tergangguilustrasi ponsel (unsplash.com/@freestocks)

Banyak sekali penyerangan virus pada ponsel yang disebabkan karena ulah sendiri. Dari mulai mengakses situs secara sembarangan hingga tidak melakukan proteksi atas perangkat ponsel tersebut.

Tidak mengherankan apabila memang kamu sebaiknya mulai menjaga perangkat dengan mengunduh aplikasi untuk malwareLewat aplikasi tersebut, kamu pun jadi dapat membersihkan perangkat dan mencegah adanya penyerangan virus yang terjadi.

Nyatanya, risiko atas virus bukan hanya terbatas pada komputer semata. Ponsel juga bisa memperoleh risiko yang sama, apalagi jika tidak ada proteksi ya sama sekali. Mulai unduh aplikasi proteksi untuk ponsel sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Baterai Smartphone Boros

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya