Comscore Tracker

Kamu Bisa Menebar Kebaikan dengan Berdonasi Online di 5 Aplikasi Ini

Kapan lagi berbuat baik kalau bukan sekarang?

Di zaman sekarang ini, kecanggihan teknologi memudahkan manusia untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah dengan adanya aplikasi yang memudahkan pengguna smartphone untuk lebih peduli dengan sesama dengan cara berdonasi online.

Selama ini, mungkin kamu selalu berdonasi ataupun menyumbang dengan cara konvensional saja dan tentu dengan cara konvensional ini juga punya kelebihan dan kelemahannya sendiri.

Nah, dengan adanya berbagai aplikasi donasi online ini kamu dapat menebar kebaikan dan membantu saudara-saudara kita yang masih banyak butuh bantuan kita di luar sana dengan lebih praktis. Apa saja aplikasi-aplikasi yang dapat kamu temukan di google playstore ini? Yuk kita simak!

1. Kitabisa

https://www.youtube.com/embed/jypgVShtPSw

Nah, Kitabisa adalah platform online yang sudah berdiri sejak tahun 2013 silam sampai sekarang dan bertujuan memudahkan masyarakat untuk berdonasi online dan menggalang dana juga secara online. Kitabisa memang sudah cukup banyak dikenal masyarakat yang ingin memberi bantuan kepada sesama kita yang sangat butuh uluran tangan kita.

#OrangBaik adalah sebutan dari Kitabisa untuk kamu baik individu, perusahaan, lalu organisasi maupun komunitas yang ingin menggalang dana maupun berdonasi secara online. Jadi, selain berdonasi kepada orang-orang yang menurutmu sangat butuh pertolongan, kamu juga bisa lho menggalang donasi agar orang lain yang melihatnya juga ikut tergerak hatinya untuk menolong.

Sekarang, Kitabisa telah memiliki aplikasi yang sudah diunduh sekitar 100 ribu orang dan disini kamu dapat berdonasi dalam berbagai kategori lho. Seperti kategori:

  • Bencana alam
  • Bantuan medis & kesehatan
  • Zakat
  • Beasiswa & Pendidikan
  • Difabel
  • Menolong Hewan
  • Rumah Ibadah
  • Balita & Anak Sakit
  • Dan masih banyak lagi

Cara berdonasinya praktis kok, kamu bisa melakukan transfer kepada bank lokal yang tertera, kartu kredit maupun dengan saldo Go-Pay lho!

https://www.youtube.com/embed/quiKYBnIUco

2. Peduli Sehat

https://www.youtube.com/embed/c_Pff3cnz3o

Sesuai namanya, aplikasi peduli sehat memang dikhususkan bagi kamu yang mau berdonasi online maupun menggalang dana secara online khusus di bidang kesehatan. Kalau kamu lihat dengan cermat, kamu akan menemukan bahwa masih banyak orang-orang sakit yang memerlukan biaya pengobatan.

Aplikasi peduli sehat saat ini baru diunduh 1 ribu orang lebih di google playstore, itu artinya masih terbilang sedikit kemungkinan orang yang berdonasi kepada saudara-saudara kita yang sangat butuh bantuan.

Nah, cara berdonasi juga gampang banget kok mulai dari transfer bank lokal, virtual account, melalui minimarket hingga dengan saldo Go Pay milikmu. Jadi setelah kamu mengetahui aplikasi ini kamu bisa memberitahu informasi ini kepada teman, kerabat, keluarga atau siapapun yang kamu kenal tentang aplikasi ini agar makin banyak orang yang tergerak hatinya untuk menolong pasien-pasien yang membutuhkan dana pengobatan melalui kemudahan aplikasi ini.

3. Sharing Happiness

https://www.youtube.com/embed/JXg42OgCly4

Sharing Happiness adalah aplikasi milik Rumah Zakat, dimana aplikasi ini ditujukan untuk menggalang dana sosial dan berdonasi secara online. Nah, dengan aplikasi android ini kamu juga bisa berdonasi dan menggalang dana secara online untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan di berbagai bidang lho. Nah, pada aplikasi ini selain berdonasi kamu juga bisa membayar zakat online dan sampai saat ini aplikasi Sharing Happiness ini baru diunduh sebanyak 5 ribu orang saja.

Itu artinya, aplikasi ini masih sangat butuh bantuan kamu agar dapat berkembang lebih baik lagi dengan cara mengunduh dan memberitahukan atau share kepada orang lain tentang adanya aplikasi yang bertujuan mulia ini. Oh iya, kamu bisa berdonasi di aplikasi ini dengan cara transfer bank lokal, virtual account, kartu kredit atau dengan metode bervariasi lainnya yang dapat kamu temukan sendiri pada aplikasi ini.

Baca Juga: Hari Buku Anak Sedunia, Yuk Unduh 6 Aplikasi Ini untuk Bacaan Si Kecil

4. Tokopedia

https://www.youtube.com/embed/g2yCylQ4rVk

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi Tokopedia? Aplikasi yang kita kenal sebagai salah satu marketplace terpopuler di Indonesia ini juga telah membawa namanya sendiri sebagai 'Android Excellence App' pilihan Google Play pada tahun 2018 lalu. Jadi, kualitas layanan dari Tokopedia ini memang sudah tidak diragukan lagi ya.

Nah, selain aktivitas belanja online ternyata tokopedia sudah meluncurkan fitur donasi sejak tahun akhir tahun 2016 lalu lho yang memudahkan para toppers (sebutan untuk pengguna Tokopedia) untuk menebar kebaikan dengan cara berdonasi online melalui Tokopedia.

Ada 2 cara unik lho buat kamu yang ingin berdonasi melalui aplikasi Tokopedia ini, yaitu:

  1. Dengan fitur TopDonasi100, yaitu: fitur dimana kamu sebagai pengguna Tokopedia bisa berdonasi Rp 100 setiap kali kamu berbelanja, nantinya kumpulan donasi Rp 100 yang kamu dan semua toppers lain berikan akan disalurkan pada mereka yang memerlukannya melalui lembaga kemanusiaan.
  2. Dengan fitur TopDonasiBebas, yaitu: fitur dimana kamu sebagai pengguna Tokopedia bisa langsung saja berdonasi tanpa harus berbelanja dahulu. Nah, kamu bisa berdonasi di lembaga kemanusiaan yang bekerja sama dengan Tokopedia dan memilih lembaga mana yang ingin kamu berikan donasi. Langsung aja cek sendiri di aplikasinya ya guys!
https://www.youtube.com/embed/mUwBU7yp4uw

5. Share The Meal

https://www.youtube.com/embed/I2ilsK-GUFE

Nah, kalau dari keempat poin di atas kita sudah membahas tentang aplikasi tempat kamu bisa berdonasi secara online khususnya di Indonesia maka agak berbeda dengan aplikasi yang satu ini. Aplikasi Share The Meal ini adalah aplikasi android dimana kamu dapat melakukan kontribusi bagi dunia internasional. Kok bisa?

Ya, aplikasi ini sendiri adalah inisiatif dari Program Pangan Dunia atau World Food Programme (WFP) dari PBB. Jadi, sudah bisa ditebak bukan kira-kira seperti apa tujuan aplikasi Share The Meal ini?

Nah, fokus dan tujuan aplikasi ini adalah tentang masalah kelaparan dan kurang gizi di dunia yang sangat menyedihkan, terutama di negara-negara yang sangat butuh bantuan seperti Afrika Selatan, Palestina dan masih banyak lagi.

Jadi, kamu bisa berdonasi paling sedikit $0.5 atau sekitar 7000 rupiah untuk berbagi makanan (Share the Meal) kepada negara-negara yang dilanda kelaparan, khususnya untuk anak-anak yang kelaparan dan kurang gizi. Cara berdonasi bisa melalui kartu kredit, kartu debit, atau bisa langsung kamu cek sendiri di aplikasinya ya!

Akhir kata, jangan lupa untuk share/bagikan artikel ini kepada teman, keluarga, kerabat, atau siapapun yang kamu kenal agar rantai kebaikan ini tidak pernah putus. Dan, mudah-mudahan semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk menolong sesama kita yang butuh bantuan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Aplikasi Project Manager Selain Google Tasks yang Wajib Dicoba

Frederick Photo Community Writer Frederick

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You