Comscore Tracker

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!

Kamu bisa bikin podcast lewat ponselmu lho!

Saat ini, popularitas podcast memang semakin menanjak. Beberapa influencers bahkan sudah membuat acara podcast mereka sendiri, sehingga membuat podcast semakin dikenal.

Jika kamu sendiri ingin berbagi ilmu atau pun pesan lewat podcast, sama sekali tak mustahil kok! Kamu bisa mengandalkan 5 aplikasi ini, untuk membantumu bikin podcast-mu sendiri.

1. Camtasia

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!techsmith.com

Bagi kamu yang ingin merekam baik audio atau pun video untuk podcast-mu, bisa mengandalkan fitur dari Camtasia. Camtasia memiliki fitur screen recorder, yang memungkinkanmu untuk langsung merekam video via komputer.

Aplikasi ini juga langsung memisahkan antara file audio dan video, sehingga kamu bisa dengan mudah mengunduhnya, untuk kemudian dipublikasikan.

2. Audacity

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!ghacks.net

Memiliki Audacity sebagai aplikasi pembuat podcast, membuatmu seolah-olah memiliki studio rekamanmu pribadi. Kamu bisa langsung melakukan rekaman via aplikasi ini atau pun mengirim rekamannya dari sumber lain.

Fitur pengeditan yang dimiliki Audacity terbilang lengkap, sehingga audio yang kamu edit nantinya sebagai podcast, akan terdengar sempurna.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Podcast Pengembangan Diri, Biar Kamu Makin Sukses

3. Spreaker Studio

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!thenextweb.com

Berbeda dengan dua aplikasi di atas yang harus dijalankan di komputer, Spreaker Studio merupakan aplikasi pembuat podcast yang bisa dioperasikan di ponselmu. Jadi, di mana pun dan kapan pun waktunya, kamu bisa langsung membuat podcast.

Kamu bisa memilih untuk sekadar merekam podcast atau pun menayangkan podcast-mu secara live. Podcast yang telah direkam bisa kamu upload di channel podcast milik Spreaker atau pun aplikasi podcast lainnya.

4. Anchor

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!secondlinethemes.com

Aplikasi untuk membuat podcast selanjutnya adalah Anchor. Selain bisa mengedit suara dengan menambahkan variasi sound effects, Anchor juga memungkinkanmu memasukkan musik dari Spotify.

Tak hanya itu, Anchor juga memiliki fitur multiple-voice podcast, sehingga temanmu pun bisa berpartisipasi dalam podcast dari ponsel mereka sendiri.  Setelah pengeditan podcast selesai, kamu bisa langsung mengunggahnya ke iTunes atau pun Google Play.

5. SoundCloud

5 Aplikasi Ini Bantu Kamu Bikin Podcast Sendiri, Yuk Mulai!makeuseof.com

Tak hanya jadi tempat penyiaran podcast, SoundCloud pun juga memungkinkanmu merekam podcast via aplikasinya. Walaupun fitur audio editing-nya tak selengkap beberapa aplikasi di atas, namun kamu bisa memotong audio, serta menambahkan musik di awal dan akhir podcast. Setelah pengeditan selesai, kamu bisa langsung mengunggah podcast di platform SounCloud tersebut.

Jangan ragu untuk memulai podcast punyamu sendiri. Kamu bisa memanfaatkan 5 aplikasi di atas untuk membuat podcast milikmu.

Jika merasa tak terlalu mengerti perihal pengeditan suara, kamu bisa menggunakan aplikasi perekam podcast yang sederhana, seperti SoundCloud. Jadi, tunggu apa lagi? Rekam dan unggahlah podcast-mu sekarang juga!

Baca Juga: 7 Aplikasi Membuat CV Terbaik, Bikin yang Kreatif dari HP

ghafsari Photo Community Writer ghafsari

Thriller is not my cup of tea

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You