5 Fakta Bing Image Creator, AI Pembuat Gambar yang Viral

AI dari Microsoft yang Bisa hasilkan gambar berkualitas

Media sosial sedang diramaikan oleh orang-orang yang membagikan gambar dengan gaya mirip poster film animasi Pixar. Gambar tersebut dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan (AI) bernama Bing Image Creator dari Microsoft. Bing Image Creator adalah sebuah produk yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menciptakan gambar AI menggunakan DALL·E. Dengan bantuan perintah teks, sistem kecerdasan buatan Bing  akan menghasilkan serangkaian gambar sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Fitur ini dapat diakses melalui website, baik di smartphone maupun PC dengan mengunjungi www.bing.com/images/create. Kemudian, pengguna hanya tinggal menginput prompt berupa deskripsi gambar yang diinginkan, lalu lanjutkan dengan mengklik tombol Create. Bing Image Creator masih dalam pengembangan awal, sehingga fitur-fiturnya mungkin masih terbatas. Nah, untuk mengenalnya lebih lanjut, mari kita bahasa fakta Bing Image Creator berikut ini.

1. Bisa membuat gambar untuk berbagai keperluan

5 Fakta Bing Image Creator, AI Pembuat Gambar yang Viralcontoh gambar yang dihasilkan Bing Image Creator (dok. bing.com)

Bing Image Creator pada dasarnya berfungsi sebagai pembuat gambar untuk beragam keperluan, seperti gambar latar belakang desktop, foto profil, dan berbagai gambar menarik untuk dibagikan di media sosial. Bing Image Creator dapat membuat gambar realistis dari objek atau pemandangan, seperti anjing, kucing, atau bunga. Tak hanya itu, Bing Image Creator juga diklaim mampu membuat gambar yang menggunakan warna dan bentuk untuk menciptakan efek tertentu dengan menggabungkan unsur-unsur realisme dan abstrak.

2. Saat ini prompt Bing Image Creator hanya bisa dalam bahasa Inggris

5 Fakta Bing Image Creator, AI Pembuat Gambar yang Viralilustrasi bahasa Inggris (pixabay.com/biljast)

Dilansir laman bantuan Bing Image Creator, perintah atau prompt dari program kecerdasan buatan Microsoft ini belum mendukung bahasa lain selain bahasa Inggris. Maka dari itu, pengguna disarankan menggunakan bahasa Inggris dalam membuat prompt agar hasil gambar bisa lebih maksimal. Meski demikian, bahasa tampilan atau menu di Bing Image Creator saat ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.

3. Tulislah prompt yang detail untuk hasil gambar lebih baik

5 Fakta Bing Image Creator, AI Pembuat Gambar yang ViralIlustrasi prompt di Bing Image Creator (bing.com)

Bing Image Creator berbeda dengan mesin pencarian gambar Bing yang hanya membutuhkan satu atau dua kata kunci. Untuk membuat perintah lebih efektif dan menghasilkan kualitas gambar yang memuaskan, pengguna harus memasukan kalimat deskripsi secara lengkap, tentunya dalam bahasa Inggris. Tuliskan gaya gambar yang diinginkan, apakah realistik, abstrak, kartun, atau lainnya. Semakin lengkap perintah, semakin tinggi pula kualitas gambar yang dihasilkan. 

Baca Juga: 5 Perbedaan ChatGPT dan Bing AI, Fungsinya Juga Beda!

4. Gratis bagi siapa saja, tapi membutuhkan boosts agar prosesnya lebih cepat

5 Fakta Bing Image Creator, AI Pembuat Gambar yang Viralilustrasi gratis (freepik.com/freepik)

Bing Image Creator tidak memasang tarif kepada para penggunanya, alias gratis. Prosesnya pun tidak menggunakan sistem antrian. Akan tetapi, untuk pemrosesan lebih cepat pengguna memerlukan boosts. Setiap akun diberikan 15 boosts untuk memproses gambar sebanyak 15 kali. Jika boosts habis, pengguna dapat mendapatkan boosts tambahan dengan menukarkan poin dari Microsoft Rewards. Bagaimana cara mendapatkan poin Microsoft Rewards? Caranya adalah dengan log in ke akun Microsoft dan kunjungi menu Microsoft Rewards, kemudian gunakan layanan yang tersedia. 

5. Ada sejumlah larangan dan pembatasan dalam membuat gambar

5 Fakta Bing Image Creator, AI Pembuat Gambar yang Viralilustrasi larangan (freepik.com/stories)

Seperti layanan AI lainnya, Bing Image Creator punya aturan cukup ketat dan tidak semua kata dapat dimasukan menjadi prompt. Perintah atau prompt yang berisikan kata-kata yang diblokir oleh sistem tidak akan diproses. Itu dilakukan oleh Microsoft agar tidak terjadi penyalahgunaan yang bisa merugikan pihak tertentu. Adapun prompt yang diblokir adalah kata-kata tidak senonoh dan juga prompt yang bersifat manipulatif atau menipu. 

Bing Image Creator merupakan gebrakan dari Microsoft yang mungkin akan direspon oleh para kompetitornya dengan meluncurkan produk serupa. Setelah mengetahui fakta Bing Image Creator, menurut prediksimu, apakah AI lainnya seperti Google Bard akan mengikuti jejak Bing?

Baca Juga: Cara Membuat Poster Disney Pixar Pakai Bing Image Creator AI

Hilman Azis Photo Verified Writer Hilman Azis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya