Comscore Tracker

Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier League

Penonton ingin ada perubahan pada VAR

Teknologi Video Assistant Referee (VAR) menjadi bagian dari pertandingan Premier League musim ini. Musim sebelumnya VAR sempat digunakan, namun hanya di beberapa pertandingan.

VAR dianggap dapat membantu wasit lebih objektif dengan melihat tayangan ulang, sehingga keputusan yang keliru dapat diminimalisir. Namun, bagaimana pendapat para penonton Premier League mengenai penggunaan VAR. Dari survei YouGov berikut tanggapan penonton mengenai VAR.

1. VAR kurang disukai

Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier Leaguetaiwannews.com

Dari hasil survei yang dilakukan YouGov di Britania Raya menunjukkan bahwa para penonton Premier League kurang menyukai penggunaan VAR. Dari 1.419 orang yang dimintai pendapat mereka mengenai VAR, hanya satu dari 25 orang yang menyatakan VAR bekerja dengan baik. Lalu satu dari empat orang menyatakan teknologi VAR bekerja dengan baik.

Dari data yang diperoleh mayoritas penonton kurang menyukai VAR, 26% pendapat bahkan menyatakan VAR bekerja sangat buruk dan 34% juga menyatakan VAR cukup buruk.

2. Penonton wilayah barat laut paling tidak puas dengan VAR

Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier Leaguegoal.com

Dari data YouGov, Britania Raya bagian barat laut tempat klub-klub Premier League seperti duo Manchester, Liverpool, Everton dan Burnley memiliki persentase paling besar dalam menyatakan VAR sangat buruk, yaitu 35% penonton di bagian barat laut menyatakan VAR sangat buruk. Wilayah lainya lebih rendah Yorkshire 34%, Midlands Barat 32%, Skotlandia 17%, dan London 18%.

Baca Juga: Diwarnai Drama VAR, Liverpool Sukses Tumbangkan Wolves di Anfield 

3. VAR membuat pertandingan kurang menyenangkan

Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier Leaguechroniclelive.co.uk

Para penonton juga merasa dengan hadirnya VAR saat ini membuat pertandingan kurang menyenangkan. Dari data survei 67% dari 1.396 orang dewasa yang secara teratur menonton Premier League, sejak adanya VAR pertandingan terasa kurang menyenangkan. 6 dari 10 orang menyatakan bahwa VAR bekerja dengan buruk.

Dari skala penilaian 1-10 yang YouGov minta penonton berikan, hanya 2% yang memberikan nilai 10 dan persentase terbesar, yaitu 15% memberikan nilai 3.

4. Penonton ingin VAR dipertahankan, tapi harus ada perubahan

Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier Leaguefrance24.com

Meski VAR kurang disukai, penonton masih berharap VAR dapat dipertahankan. 75% penonton berharap VAR dipertahankan, tapi harus mengalami berbagai perubahan, lalu 15% menyatakan VAR harus ditiadakan.

Dari hasil survei YouGov perubahan VAR yang sangat didukung oleh penonton, yaitu 52% wasit menggunakan monitor di sisi lapangan, 49% penonton juga melihat cuplikan VAR dalam waktu yang sebenarnya, 43% penonton ikut mendengarkan percakapan wasit di lapangan dengan wasit VAR, dan 42% keputusan VAR harus diberi batasan waktu.

5. VAR membatalkan 75 keputusan di Premier League

Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier Leaguethestar.co.uk

Penggunaan VAR di Premier League musim ini telah membatalkan 75 keputusan. Brighton merupakan klub yang paling banyak merasakan keputusan dari VAR, lalu Sheffield United dan Norwich City yang paling banyak merasakan dampak buruk keputusan VAR.

Bagaimana tanggapan kalian mengenai penggunaan VAR di Premier League musim ini?

Baca Juga: PSSI Geber Kesiapan untuk Gunakan VAR di Liga 1

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya