Comscore Tracker

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11

Puas main iPhone seharian

Selain meluncurkan iPhone X, Apple juga merilis sistem operasi terbaru pada September 2017 lalu. Ada banyak fitur-fitur unggulan ditawarkan sistem operasi yang bertajuk iOS 11 tersebut.

Bisa jadi, banyaknya fitur baru malah membuat iPhone menjadi lebih boros. Di rangkum melalui Gadget Hacks, IDN Times akan membantu kamu mengoptimalisasi baterai pada iOS 11 agar dapat kamu mainkan seharian. Pengguna iPhone, simak baik-baik!

1. Letakan iPhone dalam posisi tengkurap

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11theverge.com

Dengan posisi ini, iPhone tidak akan dapat membaca sensor yang membuat notifikasi tidak aktif untuk sementara. Itu berarti kamu akan dapat lebih irit dalam penggunaan daya baterai.

2. Matikan "Background App Refresh"

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11gadgethacks.com

Fitur ini akan dapat berguna untuk menyegarkan kembali aplikasi-aplikasi yang berada dalam background. Namun jika dilakukan terus-menerus jurstu akan menghabiskan baterai lebih banyak.

Untuk mematikannya kamu bisa menuju "Setting" –> "General" –> "Background App Refresh", lalu tekan tombol "off"

3. Matikan koneksi yang tidak dibutuhkan

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11cnet.com

Hal kecil lainnya yang sering dilupakan adalah koneksi pada seluruh perangkat iPhone. Wi-Fi yang menyala dalam kondsi tidak terhubung akan selalu mencari-cari koneksi yang tersedia akan mengonsumsi banyak daya. Belum lagi jika kamu mengaktifkan data internet, Bluetooh dan Airdrop.

Caranya, kamu bisa menuju "Setting" lalu tekan "off" pada Bluetooh atau Wi-Fi. Untuk Airdrop, geser keatas pada layar untuk memunculkan Control Center, tekan lama atau 3D Touch pada panel connectivity lalu ubah ke "Receiving Off".

Sebaiknya kamu mengaktifkan "Wi-Fi Assist" untuk mengganti jaringanmu ke data seluler jika sinyal Wi-Fi lemah.

4. Widget yang boros dan memberatkan

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11digitaltrends.com

Memasang widget memang menyenangkan, namun hal ini akan membuat iPhone kamu akan lelet bahkan menyedot banyak baterai. Jadi, jika ingin lebih hemat kamu perlu mematikan semua widget.

5. Aktifkan "Low Power Mode"

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11gadgethacks.com

Ini juga tidak kalah pentingnya, bahkan fitur in banyak membantu para pengguna untuk dapat lebih menghemat baterai. Banyak cara untuk menuju fitur ini, bisa melalui Siri atau Control Center.

Dengan Low Power Mode kamu akan dapat mengatur kinerja ideal pada iPhone.

Baca juga: Terlengkap, 12 Ulasan Fitur Cerdas di iOS 11 yang Wajib Kamu Tahu!

6. Perhatikan fitur Siri

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11macrumors.com

Dengan "Hey Siri" kamu akan lebih mudah menjalankan fitur-fitur dan aplikasi lainnya pada iPhone. Namun, lagi-lagi, jika fitur ini selalu aktif, maka akan memengaruhi daya baterai yang banyak berkurang. Hal yang sama juga terjadi pada Siri Suggestion yang perlu kamu matikan jika ingin lebih hemat.

Caranya adalah kamu bisa menuju ke "Settings" lalu menuju Siri & Search. Sentuh pada kolom "Hey Siri" dan "Siri Suggestion" untuk menonaktifkannya.

7. Matikan fitur "Auto Playing" dan "Auto Update"

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11gadgethacks.com

Fitur ini terdapat pada aplikasi-aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter dan lain-lain. Jika dirasa video dimulai tanpa perintah, berati kamu telah mengaktifkan fitur ini. Begitupun dengan "Auto Update" yang dapat menyedot baterai.

Cobalah untuk menuju pengaturan masing-masing sosial media dan menonaktifkan "Auto Playing". Kemudian menuju Settings –> iTunes & App Stores, untuk memilah mana yang dapat secara otomatis melakukan pembaruan atau "Auto Update".

8. Handoff yang perlu dinonaktifkan

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11tapsmart.com

Handoff akan sangat berguna untuk mengakomodasi banyak aktivitas pada iPhone. Tapi fitur ini juga akan mengurangi daya baterai. Menonaktifkannya cukup menuju Settings –> General –> Handoff.

9. Nonaktifkan Fitness Tracking

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11gadgethacks.com

Fitur ini akan dapat membantu kamu melacak kebugaran tubuh. Namun sayangnya juga banyak memakan daya baterai. Untuk mematikannya kamu dapat menuju Settings –> Privacy –> Motion & Fitness, and nonaktif Fitness Tracking.

10. Matikan semua pengaturan lokasi

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11gadgethacks.com

Selain memakan data selular, pengaktifan fitur ini akan dapat mengurangi daya baterai. Cobalah menuju "System Service" lalu matikan semua yang menurutmu tidak perlu.

11. Tidak mengirim data ke Apple

Gak Ada Matinya, Ini 11 Cara Mengoptimalkan Baterai iOS 11gadgethacks.com

Dengan "iPhone Analytics", pengguna iPhone akan dapat berbagi data dan Apple akan dapat mengirimkan pelayanan-pelayanan mereka. Jika dirasa kurang penting kamu bisa menuju Settings –> Privacy –> Analytics, dan nonaktifkan Share iPhone Analytics.

Kesimpulannya, menghemat baterai memang perlu pengorbanan seperti di atas dengan banyak mematikan banyak fitur. Tetapi jika sudah menjalankan semua tips di atas dijamin iPhone kamu akan bisa lebih memiliki daya yang optimal. Bagikan artikel ini ke teman kamu yang punya iPhone bersistem operasi iOS 11, ya!

Baca juga: Saingi iPhone X, Huawei Luncurkan Smartphone Terbaru

Topic:

Just For You