Comscore Tracker

Kembali Lagi, Google Melakukan Berbagai Prank di April Fools 2019

Mulai dari aplikasi unik hingga produk yang nyeleneh

Di awal bulan April selalu ada hal yang menarik dalam dunia teknologi, bukan karena munculnya produk baru tapi karena mereka akan melakukan hal nyeleneh untuk memperingati April Fools. Salah satu yang paling rajin membuat prank adalah Google.

Di setiap bulan April Google akan mempromosikan produk yang sangat aneh hingga fitur-fitur unik di aplikasinya yang nyeleneh, mulai dari aplikasi yang bisa menebak bau apa pun lewat smartphone hingga mengajak orang-orang untuk pergi ke Mars bersama pendirinya.

Bagaimana dengan tahun ini? Ternyata Google tetap menjalankan tradisinya itu lho. Yuk, kita lihat apa saja prank yang mereka buat saat ini.

1. Snake in Google Maps

Kembali Lagi, Google Melakukan Berbagai Prank di April Fools 2019theverge.com

Bisa dikatakan sebagai fitur menarik yang bikin nostalgia, tim kreatif Google Maps membuat fitur unik di dalam aplikasinya untuk memeriahkan April Fools. Mereka membuat game klasik snakes yang biasa dimainkan di tahun 2000an ke dalam aplikasi maps. Permainan ini bisa dimainkan di beberapa lokasi seperti Cairo, London, San Francisco,  São Paulo, Sydney, dan Tokyo.

Jika kalian ingin memainkannya, kalian bisa membukanya lewat Android atau iOS, cari di dalam menu pilihan "Play Snake" dan mainkan di beberapa daerah yang sudah di tentukan. Game ini nantinya akan bertahan hingga satu minggu lamanya, jadi kamu jangan sampai ketinggalan keseruannya. 

2. Gboard Spoon Bending Version

https://www.youtube.com/embed/DeJY5d14qKs

Seperti biasanya Google mempromosikan produk nyeleneh saat April Fools. Kali ini Google Japan mempromosikan Gboard, keyboard yang terbuat dari sendok fleksibel yang bisa di gunkan untuk mengetik ketika dibengkokkan. 

Uniknya promo ini di bawakan secara serius dengan mempromosikan proses penemuannya bersama para tim, bahkan sangking niatnya Google Japan juga membuat situs untuk mempromosikannya lho. Jika kalian berminat Google juga memberikan design dan firmware untuk bisa kalian cetak di 3D printer. 

Baca Juga: Selalu Bikin Gempar, Ini April Mop Google dari Tahun ke Tahun

3. Google Tulip

https://www.youtube.com/embed/nsPQvZm_rgM

Bukan hanya Japan, Belanda juga melakukan hal yang sama. Kali ini Google Netherlands melakukan prank dengan mempromosikan produk bernama Google Tulips.

Dikombinasikan dengan Google Home, perangkat ini akan mampu memahami dan menerjemahkan apa yang sedang bunga tulip pikirkan mereka. Mereka akan memberitahumu jika mereka butuh air, cahaya bahkan ruang yang lebih terbuka.

Bahkan Google sampai berkerja sama dengan Universitas Wageniegen untuk meriset tentang AI yang bisa memahami tulip, bahkan mereka menemukan cara untuk bisa melatih tulip selama dua tahun agar bisa berinteraksi dengan manusia. Tapi sekali lagi kamu perlu ingat, kalau produk ini bukah hal serius lho, ya. 

4. Google Screen Cleaner

https://www.youtube.com/embed/dFp-2mYeTs8

Di beberapa negara selain Belanda dan Jepang juga serentak melakukan promo aplikasi yang sama salah satunya Indonesia. Aplikasi yang dipromosikan yakni "Files" dari Google yang punya fitur unik, tidak hanya menata dan membersihkan file di dalam memory namun juga bisa membersihkan kotoran bagian luar ponsel. 

Files menggunakan smart detector API yang bisa mengidentifikasi berbagai kotoran yang ada di luar ponsel, di tambah lagi cara kerjanya menggunakan model debu geometri dan micromovement heptic yang memunculkan geratan micro bisa membuat handphone semakin terhindar dari noda. Bahkan nantinya ada fitur yang memberikan aroma nanas segar lho.

5. Google Assistant

Kembali Lagi, Google Melakukan Berbagai Prank di April Fools 2019venturebeat.com

Tak lengkap rasanya jika Google Assistant tidak ikut serta dalam keseruan prank ini. Sebagai fitur yang berinteraksi langsung dengan penggunanya, Google Assistant rutin menjalankan prank di tiap tahunnya. 

Tahun ini jika kamu bertanya tentang April Fools pada Google Assistant, maka dia akan mulai memberikan penjelasan tentang berbagai sejarah prank dari berbagai era di masa lalu, ada yang lucu tapi juga ada yang terasa biasa saja sih. Semakin kamu bertanya tentang April Fools semakin banyak Google memberikan informasi yang tidak terlalu penting ke kamu.

Itu tadi berbagai prank April Fools yang di lakukan Google di tahun 2019 ini, bagaimana menurut kalian?

Baca Juga: 5 Fakta di balik Sejarah April Mop yang Masih Jadi Misteri

Indra Dwi Prakoso Photo Verified Writer Indra Dwi Prakoso

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya