Comscore Tracker

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virus

Segera 'obati' guys!

Saking aktifnya pakai smartphone, terkadang banyak orang gak sadar lho kalau smartphone yang digunakannya sudah terserang atau terjangkiti virus. Tiba-tiba saja kinerja smartphone jadi menurun dan banyak masalah yang dialami.

Padahal nih, kalau mau lebih peka ada lho pertanda kalau smartphone yang kamu gunakan sudah terjangkiti oleh virus. Apa saja tanda yang dimaksud? Yuk simak langsung di bawah ini.

1. Gak dipakai apa-apa, eh baterai smartphone cepat habis.

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virusbirchbox.com

Sudah sejatinya sih, kinerja baterai smartphone makin tahun makin berkurang. Namun kalau berkurangnya drastis alias cepat habis, maka kamu wajib waspada. Itu bisa jadi salah satu tanda kalau smartphonemu sudah terjangkiti virus.

Nah, cara menanggulangi masalah ini adalah dengan rajin mengecek di Settings lalu ke Apps apakah ada aplikasi yang tak diinginkan tiba-tiba ter-instal. Jika ada segera uninstall dan bersihkan dari smartphone dengan segera.

2. Smartphone jadi lemot minta ampun.

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virusgiphy.com

Tanda nyata selanjutnya yang menandakan kalau smartphonemu terjangkit virus adalah menurunnya performa, sehingga lemot minta ampun. Hal ini bisa disebabkan karena smartphonemu telah mengunduh cache yang berisi malware berbahaya. Asalnya bisa saat kamu browsing atau melakukan aktivitas lainnya di smartphone.

Untuk mengatasinya, kamu mungkin bisa melakukan clear cache lewat menu Settings > Apps. Lalu buka satu per satu aplikasi dan tekan menu Clear Cache. Meski gak seratus persen mengatasi, tapi hal ini bisa membantu paling tidak untuk mengatasi masalah yang disebabkan virus.

3. Gak ada angin, gak ada hujan tiba-tiba muncul iklan pop-up.

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virusandroidcentral.com

Tanda selanjutnya yang menandakan kalau smartphonemu terjangkit virus adalah munculnya iklan pop-up. Munculnya pun gak wajar, misal saat kamu gak melakukan apapun tiba-tiba muncul pesan berisi iklan pop-up di layar homescreen atau lockscreen smartphonemu.

Hati-hati guys, jangan sampai kamu mengklik iklan pop-up ini ya. Bisa jadi iklan itu adalah 'jalan' peretas mengambil alih informasi penting dari smartphonemu. Selain itu, kamu wajib melakukan reset untuk mengembalikan smartphone ke performa semula manakala tak terjangkit virus.

Baca Juga: 7 Antivirus Paling Jago Basmi Virus di Laptop, Gratis Kok!

4. Jadi boros banget, tiba-tiba kuota internet cepat habisnya.

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virusandroidcentral.com

Tanda selanjutnya yang mengindikasikan kalau smartphone terjangkit virus adalah kuota internet jadi cepat habis. Padahal baru kemarin rasanya beli kuota internet. Coba deh, cek aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internetmu dengan cara buka Settings > Data Usage.

Di situ kamu bisa lihat deh daftar aplikasi yang paling menyedot kuota. Jika aplikasi tersebut jarang kamu gunakan, tapi paling menyedot kuota bisa jadi ada virus bersembunyi di dalamnya. Cara paling gampang untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menghapusnya saja.

5. Meski gak selamanya benar, waktu booting yang kelewat lama bisa jadi tanda adanya virus di smartphone.

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virustalkandroid.com

Ya, kalau ada virus bisa jadi smartphonemu lama banget saat booting. Tapi-tapi kamu harus benar-benar memastikan sih, siapa tahu juga proses booting terjadi karena RAM kepenuhan atau ada kerusakan dibagian hardware-nya.

Kalau sudah pasti penyebabnya adalah virus maka kamu mau gak mau harus melakukan factory reset deh. Atau kalau takut rusak bisa dibawa ke service center untuk mengatasi masalahnya.

6. Paling bahaya, kalau tanpa sebab kamu mengirim atau menerima SMS juga telepon aneh.

6 Tanda Smartphonemu Sudah Terjangkit Virusicubespro.com

Ini tanda yang paling bahaya sih, soalnya smartphone tanpa sebab bakal mengirim SMS diam-diam atau bahkan membuat panggilan telepon ke nomor tertentu. Virus ini biasanya dikirim oleh peretas yang menggunakan teknik phising dimana aktivitasnya didasarkan untuk mengambil alih akun perbankan atau media sosialmu.

Untuk menghindari tanda satu ini maka kamu wajib hapus SMS yang aneh tersebut dan segera matikan deh otentikasi dua langkah di semua layanan yang ada di smartphonemu.

Nah, itulah tanda-tanda nyata kalau smartphonemu telah terjangkit virus. Kalau smartphonemu pernah atau mengalami hal di atas, segera perbaiki deh ketimbang gak bisa digunakan sama sekali.

Baca Juga: Cara Jitu Basmi Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !