Comscore Tracker

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanya

Ubah mode jaringan ke Airplane

Gak bisa dipungkiri, nge-charge smartphone itu adalah aktivitas paling menyebalkan. Soalnya, kamu wajib berjam-jam menunggu si smartphone penuh baterainya sambil mencolokannya ke sumber listrik. Kan jadi gak bisa mengerjakan hal-hal lainnya yang bermanfaat kalau smartphone lagi di-charge!

Namun tenang guys, ada cara kok sebenarnya bikin smartphone mengisi dayanya lebih cepat. Gak perlu punya fitur fast charging, kalau kamu pakai cara yang akan kami bagikan berikut maka smartphonemu dijamin bakal bisa mengisi daya baterainya dengan cepat.

1. Jangan asal pakai charger!

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyaoppo.com

Jika kamu berniat mengisi daya baterai smartphone dengan cepat, maka jangan asal pakai charger. Maksudnya adalah jangan asal menggunakan charger yang bukan merupakan charger bawaan dari pabrikan.

Bukan apa-apa sih guys, charger palsu alias charger murahan itu biasanya dibuat dengan komposisi bahan yang gak sesuai standar pabrik. Salah-salah, bukan mengisi daya bateraimu malah charger palsu ini bisa bikin smartphonemu makin rusak deh!

2. Hindari memakai smartphone saat di-charge.

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyabgr.in

Kebiasaan menggunakan saat smartphone di-charge memang gak bisa dihindari. Banyak orang masih suka melakukan aktivitas ini, walau kenyataannya hal ini bisa bikin waktu mengisi daya baterai jadi tambah lama. So, kalau kamu mau proses mengisi daya baterai smartphone jadi lebih cepat maka usahakan untuk gak pakai smartphone saat di-charge.

3. Stop mengisi daya baterai via kabel USB ke laptop!

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyamakeuseof.com

Kalau keadaan mepet, biasanya sih paling gampang adalah mengisi daya baterai smartphone ke laptop pakai kabel USB. Meski ringkas dan solutif, cara ini sebenarnya malah bikin proses charge jadi makin lambat dan juga bikin smartphone terutama baterai jadi rentan rusak.

Baca Juga: Cara 'Ajaib' Menyiasati Storage Ponsel Android yang Sudah Penuh!

4. Jangan pakai powerbank untuk nge-charge.

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyageckoandfly.com

Selain isi daya baterai via laptop, isi daya baterai via powerbank ini juga bisa memperlambat proses mengisi ulang baterai lho! Apalagi kalau tegangan listrik yang dibawa oleh powerbank itu gak sama dengan standar tegangan smartphonemu.

Kalau seperti ini kasusnya maka pilihannya sih dua. Isi daya baterai smartphone bakal lebih lama atau komponen baterai di smartphonemu makin lama bakal makin rusak.

5. Mematikan smartphone saat mengisi daya baterai.

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyaelecom.co

Cara klasik satu ini bisa banget lho kamu pakai untuk mempercepat proses pengisian daya baterai. Soalnya, saat kamu mematikan smartphone maka otomatis gak ada aktivitas apa pun yang dapat menguras daya baterai smartphone saat di-charge.

6. Ubah mode jaringan ke Airplane!

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyamobilephonesdirect.co.uk

Cara 'alami' lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pengisian daya baterai adalah dengan mengubah mode jaringan pada smartphone ke Airplane. Ini artinya, selama pengisian daya baterai maka smartphone gak beroperasi untuk mencari jaringan (terutama jaringan internet). Sehingga, secara gak langsung kerja smartphone dalam mengonsumsi baterai pun jadi lebih minimalis dan proses mengisi daya baterai pun jadi lebih cepat.

7. Colokan charger ke stop kontak yang tepat!

7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanyaimore.com

Hal lain yang perlu kamu perhatikan selama mengisi daya baterai agak prosesnya jadi lebih cepat adalah soal stop kontaknya. Jika tegangan pada stop kontak tidak sesuai, maka bisa jadi proses charging akan jadi lebih lama. Maka pintar-pintar dan jelilah memilih stop kontak, agar proses charging jadi gak lama dan gak merusak smartphone juga tentunya.

Nah, itulah guys ketujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses pengisian daya baterai. Semoga bisa membantu masalah yang kamu alami sama pengisian daya baterai!

Baca Juga: Cara Cerdik Siasati Ruang Penyimpanan iPhone yang Terbatas Tanpa Perlu Hapus Foto

Topic:

Just For You