Comscore Tracker

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Keren

Pemula pasti bisa langsung jago nih

Milkiway alias kumpulan bintang adalah salah satu objek foto favorit yang kerap menarik perhatian, sehingga gak jarang banyak orang berburu ingin mendapatkan foto milkiway terbaik. Namun sayang, memotret milkiway itu bisa dibilang susah terlebih jika kamu gak menguasai triknya.

Nah, biar kamu makin jago saat ingin memotret milkiway di langit malam maka gak ada salahnya simak artikel berikut ini. Dijamin deh, pasca membaca artikel berikut kamu bakal lebih jago lagi motret milkiway dengan kamera DSLR-mu.

1. Cari lokasi potret milkiway yang benar.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerenphotomy.de

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat akan memotret milkiway adalah dengan mencari lokasi yang pas. Lokasi ideal untuk memotret milkiway adalah di lahan terbuka saat langit malam sedikit mendung. Maksudnya, langit tak terlalu terang karena sinar bulan tapi juga tak mendung tertutupi awan.

Usahakan jangan memotret milkiway di dekat rumah atau di perkotaan, karena percuma. Ya, milkiway tak akan muncul kalau lokasi tempatmu memotret terang benderang.

2. Siapkan tripod agar milkiway dapat dipotret dengan indah.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerentimelapse-hyperlapse.tv

Kalau sudah mendapat lokasi yang pas jangan lupa siapkan tripod. Kenapa tripod penting saat motret milkiway? Karena tripod bisa membuat gerak kamera jauh lebih stabil. Fyi, untuk motret milkiway memang sangat diperlukan kamera stabil agar milkiway dapat terbidik dengan baik.

3. Gunakan lensa wide angle saat potret milkiway dengan aperture maksimal.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerendigitalrev.com

Setelah tripod dan kamera siap, jangan lupa siapkan lensa wide angle. Atur aperture-nya dengan level maksimal f/2.8 atau f/3.5.

Baca Juga: Mau Hasil Foto Kamu Canggih Kayak Fashion Blogger? Curi 9 Tips Ini!

4. Gak ketinggalan, atur ISO kamera DSLR-mu di level 3200 agar keindahan potret milkiway makin maksimal.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerenpixelz.com

Untuk memulai, kamu bisa atur ISO kamera DSLR di level angka 3200. Angka ini sangat pas buat memulai memotret milkiway. Jika belum maksimal, maka kamu bisa atur lagi level ISO hingga mendapatkan porsi settingan yang pas.

5. Gunakan speed terendah agar milkiway makin cantik saat dipotret.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerensoerenhese.de

Ya, atur speed kamera DSLR-mu di level terendah dalam hal ini 30 detik. Hindari mengatur speed kameramu melebihi 30 detik, karena semakin lama rana terbuka maka dapat membuat milkiway yang ingin kamu potret cahayanya hanya terlihat semacam garis saja.

6. Atur format kamera DSLR-mu dengan tipe RAW.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerenlightstalking.com

Hindari menggunakan format kamera JPEG. Mengapa? Karena menggunakan format JPEG malah bikin kualitas gambar milkiway hasil jepretanmu bakal kurang fokus dan tak tajam.

Untuk itu, atur tipe kamera ke format RAW agar fotonya terlihat lebih tajam dan bagus.

7. Jangan lupa, atur komposisi objek milkiway agar terlihat lebih menarik.

7 Langkah Mudah Motret Milkiway Pakai DSLR Biar Hasilnya Kerenlightstalking.com

Jika langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan, maka jangan lupa atur komposisi objek fotomu. Kamu bisa menggunakan pengaturan komposisi yang sudah menjadi fitur bawaan di setiap kamera DSLR kini.

Agar lebih dramatis, sertakan satu objek lain dan jadikan milkiway sebagai latar belakang fotomu. Gunakan garis bantuan untuk meletakkan milkiway di posisi yang pas. Biasanya sih, sepertiga di atas garis atau sepertiga di bawah garis.

Dijamin deh, kalau kamu mengikuti langkah-langkah di atas maka foto milkiway-mu bakal lebih menarik dan kamu bakal lebih jago lagi memotret milkiway dengan kamera DSLR.

Baca Juga: 8 Trik Rahasia Foto Makanan Biar Menggoda ala Food Blogger

Topic:

Just For You