Comscore Tracker

Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekat

Ini buktinya!

Apple dan Samsung adalah dua perusahaan teknologi ternama dunia yang kerap diberitakan tak akur. Ya, kedua perusahaan ini memang nampak selalu saling tuntut ke pengadilan terkait banyak hal. Beberapa yang sering diantaranya adalah masalah hak paten hingga masalah teknologi atau masalah desain yang diklaim menyontek.

Namun tahukah kamu, di balik drama perseteruan dan persaingan bisnis nyatanya dua perusahaan yang paling mendominasi pasaran smartphone dunia ini memiliki hubungan yang cukup harmonis? Bisa dibilang Apple dan Samsung itu 'sahabatan' tapi rasa musuhan ala remaja kekinian gitu lah!

Ini beberapa buktinya.

1. Meski iPhone itu selalu dianggap saingan seri Galaxy, tapi ternyata teknologi Samsung dipakai untuk persenjatai jeroan iPhone terbaru.

 Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekatifixit.com

Seperti banyak diberitakan, jeroan produk Apple terbaru, si iPhone 7, dilaporkan menggunakan teknologi Samsung. iPhone pertama yang tahan air dan debu ini diketahui memakai salah satu komponen penting buatan Samsung, yakni RAM berkapasitas 2GB.

Komponen dari RAM ini kabarnya memang dibuat khusus oleh Samsung untuk membuat kinerja iPhone 7 lebih cepat dan cerdas.

2. Bahkan jauh sebelum iPhone 7, Samsung sudah bantu Apple senjatai iPhone dengan sejumlah teknologi canggih.

 Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekattheverge.com

Jauh sebelum iPhone 7, ternyata Samsung juga sudah membantu Apple mempersenjatai iPhone 4S dengan teknologi canggih. Samsung melalui pabriknya yang terletak di Texas dilaporkan membantu Apple memproduksi Chip A5 yang kala itu ditujukan penggunaannya untuk iPhone 4s dan iPad 2.

Uniknya juga, sebelum Chip A5 ternyata Samsung juga sudah membantu Apple memproduksi chip non-memory yang produk nyatanya bisa dilihat di Chip A4.

 Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekatsmartmobileworld.wordpress.com

Baca Juga: Apple Luncurkan iPhone 7, Inilah Enam Fitur Unggulannya!

3. Selain iPhone, iPad juga jadi produk Apple yang tak luput mendapat 'sentuhan' Samsung.

 Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekatpcworld.co.uk

Hubungan dekat antara Apple dan Samsung juga bisa kamu lihat dari dipakainya teknologi layar mereka untuk produk iPad Mini 2. Pasca mengalami keretakan dengan AU Optronics (AUO), pabrikan yang biasa menyetok teknologi layar untuk Apple, Samsung pun direkomendasikan untuk masuk dan menggantikan posisi produksi layar iPad Mini 2.

4. Apple kerap utamakan pakai teknologi Samsung ketimbang produk lainnya.

 Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekatstatic.droidblog.net

Saking dekatnya 'persahabatan' antara Apple dan Samsung, pabrikan asal Cuppertino itu diketahui mengutamakan pakai teknologi Samsung ketimbang produk lainnya. Ya, seperti dilansir oleh Fool, Apple pernah dilaporkan rela mengganti chip Snapdragon besutan Qualcomm dengan chip Exynos yang dibuat khusus oleh Samsung.

Selain itu, Apple sempat memutuskan kontrak dengan SanDisk terkait penyediaan solusi data storage perusahaan. Uniknya, teknologi flash drive Samsung dipilih oleh Apple untuk menggantikan posisi SanDisk di produk PC buatannya, Mac.

5. Apple berencana pakai AMOLED buatan Samsung di produk terbaru.

 Di Balik Drama Persaingan Bisnis, Apple dan Samsung Nyatanya 'Bersahabat' Dekatandroidheadlines.com

Meski baru berupa rumor, kabarnya Apple sudah ngebet pakai layar AMOLED buatan Samsung di produk terbarunya. Entah produk baru yang mana, yang jelas Apple berharap dalam waktu dekat bisa menggunakan teknologi layar AMOLED yang dikenal punya banyak kelebihan ketimbang layar LCD IPS yang dipakai Apple di banyak produknya sekarang.

Itulah beberapa bukti kalau sebenarnya Apple dan Samsung itu 'sahabat dekat'. Seperti remaja kekinian yang lagi tumbuh dan berkembang, hubungan kedua perusahaan itu memang nampak tak akur di luar tapi sebenarnya saling membutuhkan.

So sweet huh?

Baca Juga: Orang-orang Ini Dibayar Rp 45 Juta untuk Antre Pre-order iPhone 7!

Topic:

Berita Terkini Lainnya