Comscore Tracker

Trik Rawat Kabel Charger iPhone, Biar Gak Beli Baru Terus!

Gampang kok.

Sudah jadi rahasia umum kalau kabel lightning alias charger iPhone itu memang mudah rusak. Baru di pakai sebentar saja, biasanya di bagian konektornya akan cepat mengelupas. Terlebih jika saat merapikan atau menggulungnya sembarangan.

Sayangnya, harga kabel charger iPhone itu gak murah dan bayangin saja kamu cepat rusak berapa kali kamu haru beli kabel baru terus? Nah, ketimbang beli baru terus ada cara mudah sih sebenarnya untuk merawat kabel charger iPhone agar gak cepat rusak. Berikut beberapa diantaranya.

1. Saat dirapikan, gulung kabel dengan sudut maksimal 60 derajat saja.

Trik Rawat Kabel Charger iPhone, Biar Gak Beli Baru Terus!gizmodo.com

Penyebab kabel charger iPhone cepat rusak dan mengelupas biasanya adalah kecerobohan penggunanya saat merapikan alias menggulung. Nah, biar gak terus-terusan rusak maka ada baiknya kamu memerhatikan sudut gulungan saat merapikan.

Jangan sekali-kali menggulung kabel charger iPhone hingga berbentuk elips seperti menyimpan tali tambang. Gunakan sudut sekitar 45 hingga 60 derajat dengan hasil akhir segitiga atau malah melingkar saja. Menggulung dengan cara ini bikin kabel gak mudah putus atau mengelupas karena sudut gulungan yang kelewat tajam.

2. Manfaatkan per pulpen bekas untuk mencegah kabel dekat konektor mengelupas.

Trik Rawat Kabel Charger iPhone, Biar Gak Beli Baru Terus!pinterest.com

Bagian kabel yang biasa cepat rusak atau mengelupas adalah di dekat konektor. Nah, untuk mengatasi kerusakan yang biasanya cepat terjadi di bagian tersebut maka gunakanlah per pulpen bekas untuk melindunginya. Pasang per pulpen bekas di kedua sudut kabel charger iPhone, karena biasanya kedua sudut itu yang cepat rusak dan mengelupas.

Cara memasang per pulpen agar bisa melindungi kabel charger iPhone-mu gampang banget kok. Pertama-tama regangkan per pulpen agar ukurannya pas saat dipasangkan ke sudut kabel. Kemudian secara perlahan, masukan per pulpen ke kabel charger iPhone sembari digulung dan pastikan semua per telah menutupi permukaan kabel. Agar lebih afdhol, kamu bisa membalut per dengan isolasi paralon hingga tertutup semuanya.

Baca Juga: 7 Trik Jual Smartphone Bekas Agar Cepat Laku dengan Harga Tinggi

3. Bisa juga gulung permukaan kabel pakai benang wol.

Trik Rawat Kabel Charger iPhone, Biar Gak Beli Baru Terus!pinterest.com/nuryfer2515

Jika mau murah, kamu bisa sih menutupi permukaan kabel charger iPhone pakai benang wol warna-warni. Pilih benang wol yang cukup tebal agar kabel gak cepat mengelupas. Cara melindungi permukaan kabel pakai benang wol adalah dengan melilitkan benang dari ujung kabel ke ujung lainnya.

Pastikan lilita benang wol cukup rapat hingga menutup sempurna. Jika tak ingin semua permukaan kabel tertutup benang wol, maka kamu bisa menutupi bagian ujung kabel saja. Selain aman, kabel wol juga bisa bikin penampakan kabel charger iPhone-mu makin cantik karena biasanya warna benang wol mencolok dan menarik.

4. Terakhir, pakai cable protector saja agar kabel charger iPhone tetap awet.

Trik Rawat Kabel Charger iPhone, Biar Gak Beli Baru Terus!unomax.com

Biar lebih praktis, kamu bisa kok melindungi kabel charger iPhone agar tetap awet dengan menggunakan cable protector. Bentuknya mirip kabel telepin berulir dan kamu tinggal memasangkannya ke kabel charger iPhone kesayanganmu. Selain bisa melindungi, cable protector warna-warni juga bisa bikin kabel makin cantik dan menarik.

Fyi, kelebihan kalau pakai cable protector ini selain melindungi juga bisa dilepas pasang dengan mudah. Tanpa lem atau perekat yang mengganggu kamu bisa nyaman buka pasang cable protector deh.

Itulah guys, tips merawat kabel charger iPhone agar tak cepat rusak. Cobain deh praktik kalau gak percaya, jika berhasil kan lumayan kamu gak perlu beli charger baru terus kalau rusak atau ada bagian yang mengelupas.

Baca Juga: 7 Trik Rahasia Nge-charge Smartphone Biar Lebih Cepat dari Biasanya

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !